Jumat, 19 April 2024
Selular.ID -

Melalui Inspera Indosat Memberdayakan Perempuan Indonesia

BACA JUGA

IMG_20171224_193244
Jakarta, Selular.ID – Mengacu pada jumlah pengguna seluler yang mencapai lebih 278 juta pengguna di tahun lalu, dan hanya 13 juta perempuan yang memiliki akses internet atau dunia digital, Indosat Ooredoo dalam lima tahun terakhir  secara konsisten menyelenggarakan berbagai program pemberdayaan perempuan di bawah payung program Inspirasi Perempuan Indonesia (INSPERA).

Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo menjelaskan, program ini merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas.

“Melalui payung program INSPERA yang secara aktif menyelenggarakan berbagai program pemberdayaan wanita melalui literasi digital, agar kaum perempuan Indonesia mampu mengambil manfaat positif dari dunia digital dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya,”ujar Deva dalam keterangan resminya.

Disebutkan Deva, Indosat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Kami percaya bahwa perempuan memiliki hak yang sama untuk lebih berperan dalam masyarakat, keluarga dan lingkungannya serta turut memajukan perekonomian bangsa,” tutur Deva lagi.

Berbagai program yang dilaksanakan pada tahun 2017 ini disebutkan Deva antara lain, Indosat Ooredoo mengajak pengusaha perempuan binaannya untuk tampil di acara Kriyanusa 2017 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Oktober lalu.

Masih di 2017, Indosat Ooredoo juga menyelenggarakan Pelatihan Digital bagi Wanita Pedagang Pasar di Sukabumi- Jawa Barat. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan keterampilan dasar teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan wirausaha bagi perempuan pengusaha kecil dan menengah, khususnya para perempuan pedagang pasar dan TKI purna di wilayah Sukabumi.

Materi pelatihan meliputi pengenalan tablet dan sistem Android, penggunaan sosial media untuk kegiatan penjualan dan pemasaran produk serta panduan keamanan internet.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menggagas beragam inisiatif lain untuk perempuan sejak 2012 melalui program INSPERA ini. Antara lain program pemberdayaan khusus keterampilan bagi para perempuan purna TK, yang membekali mereka agar lebih berkualitas dalam bekerja serta meningkatkan keterampilan kewirausahaan agar lebih mandiri tanpa perlu bekerja di luar negeri.

“Diharapkan program literasi digital yang diberikan akan membuat para purna TKI semakin mudah dan efisien dalam melakukan proses pencarian informasi, komunikasi, mengatur keuangan usaha, melakukan pemasaran, atau kegiatan lainnya,”tutur Deva

Deva menambahkan, mulai 2016, INSPERA memperluas program dengan mengadakan rangkaian kelas master dan profesional (Women Masterclass) seperti talkshow dengan para pengusaha perempuan terkemuka hingga pejabat pemerintahan.

Selama kegiatan dari bulan Maret sampai November 2016, lebih dari 600 perempuan mendapatkan manfaat dari program tersebut. Sedangkan total penerima manfaat dari seluruh kegiatan INSPERA hingga tahun 2017 mencapai lebih dari 1.400 perempuan di Indonesia.

Selain melalui INSPERA, komitmen pemberdayaan ini juga ditunjukkan melalui kegiatan Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) yang pada tahun 2016, yang membuka kategori khusus perempuan. Sebanyak 750 perempuan mengikuti kategori tersebut, tak hanya dari Indonesia, tapi juga luar negeri.

“Melalui semua program ini kami berkomitmen untuk meningkatkan jumlah perempuan Indonesia yang terhubung ke internet menjadi 43% di tahun 2020,” tutup Deva

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU