Thursday, November 14, 2019
Home News FinTech Gojek Akuisisi Kartuku, Midtrans, dan Mapan

Gojek Akuisisi Kartuku, Midtrans, dan Mapan

-

IMG_20171215_153051
Jakarta, Selular.ID – Gojek baru saja menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi tiga perusahaan teknologi keuangan (fintech) terkemuka di tanah air: Kartuku, perusahaan layanan pembayaran offline; Midtrans, perusahaan payment gateway online; dan Mapan yang merupakan jaringan arisan barang di Indonesia.

Pada 2030, konsumen di Indonesia diprediksi akan bertambah sebanyak 90 juta orang, angka terbesar di dunia, di luar Cina dan India. Sementara sebanyak 96 persen populasi di Indonesia tidak memiliki akses ke kartu kredit dan 64 persen dari masyarakat Indonesia belum memiliki akses ke perbankan formal.

Dengan populasi internet di Indonesia yang dikabarkan akan bertambah 32,3 juta menjadi 145 juta pada 2020, teknologi memegang peranan penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan memberikan akses bagi masyarakat Indonesia kepada barang dan jasa.

Bergabungnya ketiga kekuatan fintech terdepan tersebut dengan Gojek akan mendukung ekspansi Go-Pay memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri jasa dompet digital dan proses pembayaran independen di tanah air.

Bisnis perusahaan-perusahaan tersebut saat ini memproses total transaksi lebih dari Rp67,5 triliun per tahun, baik melalui kartu kredit, debit maupun dompet digital untuk para pengguna, penyedia jasa dan merchant-merchant mereka.

Nadiem Makarim, Founder dan CEO Gojek mengatakan, “Kami sangat antusias menyambut Kartuku, Midtrans, dan Mapan ke dalam keluarga besar Gojek. Kami sudah bekerjasama dan mengikuti perkembangan mereka selama beberapa tahun terakhir dan sangat menantikan kolaborasi lebih lanjut untuk mewujudkan misi yang sama mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui semangat inklusi keuangan.”

Gojek saat ini merupakan platform layanan konsumen berbasis aplikasi terbesar di Indonesia dengan lebih dari 15 juta pengguna aktif mingguan.

Andre Soelistyo, Gojek Group President mengatakan, “Akuisisi ini akan mengakselerasi penetrasi dan jangkauan Go-Pay ke ranah pembayaran offline melalui Kartuku, ranah pembayaran online melalui Midtrans, serta meningkatkan inklusi finansial bagi masyarakat unbanked melalui Mapan.”

“Setelah akuisisi ini, tim manajemen dan seluruh karyawan dari masing-masing perusahaan akan beroperasi sebagaimana sebelumnya, namun dapat mengambil manfaat sinergi sebagai bagian dari Gojek Group,” tambahnya.

Ketiga pimpinan dari masing-masing perusahaan yang diakuisisi akan memegang posisi senior manajemen di dalam Gojek Group. Aldi Haryopratomo dari Mapan akan memimpin Go-Pay, Ryu Kawano Suliawan dari Midtrans akan memimpin pengembangan platform merchant dalam Gojek Group, sementara Thomas Husted dari Kartuku akan memegang peranan sebagai CFO di Gojek Group.

Latest