Jakarta, Selular.ID – Meningkatnya tren ponsel berkamera ganda menjadi salah satu alasan ASUS untuk menghadirkan serangkaian ponsel dual-lens. Setelah menghadirkan seri ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ke pasaran Indonesia pada akhir agustus lalu, kini ASUS menghadirkan varian Zenfone 4 Max ZC520KL demi menjangkau segmen pasar yang lebih luas lagi.

ASUS Zenfone 4 Max ZC520KL bisa dikatakan sebagai Zenfone 4 Max Pro versi kompak. Jika ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL merupakan smartphone berlayar 5,5 inci yang menawarkan daya tahan baterai maksimal berkat baterai berkapasitas 5.000 mAh, Zenfone 4 Max ZC520KL adalah smartphone berkamera ganda yang hadir dengan layar 5,2 inci dan baterai 4.100 mAh.

Disain

Mengikuti tren yang sedang digandrungi saat ini, Zenfone 4 Max ZC520KL hadir dengan desain unibody yang semakin membuatnya tampak kokoh. Agar terlihat elegan, ASUS mengandalkan metal finishing di bodi polycarbonate yang ringan pada bagian belakang. Bagian sisinya dibuat membulat serta ketebalan yang hanya 8,73mm membuatnya nyaman saat digenggam serta tidak mudah meninggalkan bekas sisik jari.

Layar

Hadir dengan layar 2,5D IPS LED dengan resolusi HD berbentang 5,5 inchi serta sudah dilapisi corning gorilla glass, Zenfone 4 max tampil dengan finishing yang rapi, pasalnya saat digunakan tidak terasa kasar pada tepian layarnya. Saat di gunakan diluar ruangan (outdoor), layar Zenfone Max 4 ini masih mampu menampilkan gambar yang terlihat jernih dan tajam hal ini karena layar IPS Zenfone 4 Max sudah dilengkapi dengan LED yang punya tingkat kecerahan di atas 400nits.

Knerja

Disektor dapur pacu Asus Zenfone 4 Max ZC520KL ini di persenjatai prosesor Qualcom Snapdragon 425 keluaran qualcomm dengan CPU quad core berbasis ARM Cortex A53 kecepatan 1,4GHz  yang disandingkan dengan GPU Qualcomm Adreno 308 yang berjalan di kecepatan hingga 598MHz. Menariknya, meski menggunakan SoC kelas mainstream, smartphone ini mampu menawarkan performa yang cukup bisa di andalkan. Saat digunakan untuk menonton video beresolusi HD 720p di frame rate 60 fps kualitas gambar yang dihasilkan masih terbilang mulus dan lancar.

SoC ini dibekali dengan Hexagon DSP (Digital Signal Microprocessor) yang didesain untuk beroperasi dengan energi lebih efisien, khususnya pada aplikasi yang berurusan dengan sinyal seperti audio, video, dan mobile broadband. Setiap sinyal analog dikonversi menjadi sinyal digital lalu kemudian diproses oleh DSP pada latency yang lebih rendah, dan pada akhirnya meningkatkan performa.

Untuk konektivitasnya, Snapdragon 425 menggunakan modus X6 LTE yang mendukung Cat. 4, 150Mbps download dan 75Mbps upload, masih dengan dukungan Wi-Fi ac. serta Quick Charge 2.0.

Antarmuka ASUS ZenUI dengan Android Nougat 7.1.1

Hadir dengan Android Nougat 7.1.1 tampilan layar milik Zenfone 4 max ini tidak terdapat perbedaan yang begitu mencolok dari seri sebelumnya, yakni masih menggunakan ZenUI 3.0 dengan fitur yang familiar bagi para pecinta zenfone seperti, Zen Motion yang menyuguhkan beberapa jenis gesture untuk menjalankan aplikasi atau menghidup matikan layar pada smartphone.

Motion Gesture Asus Zenfone 4 Max

Kini UI juga dilengkapi dengan Motion Gesture dan Quick Trigger untuk One Hand modus di mana Anda bisa langsung mengangkat panggilan dengan mendeketkan smartphone ke telinga atau menekan tombol home dua kali untuk mengaktifkan One Hand Mode. Pengguna juga bisa memulihkan kinerja smartphone dengan fitur Mobile Manager.

Game Booster Asus Zenfone 4 Max

Bagi pecinta game Asus menyediakan Fitur Game genie yang merupakan sebuah floating aplikasi yang memungkinkan pengguna lebih nyaman saat bermain game dengan smartphonenya. Bahkan Anda bisa melakukan Boost pada smartphone Anda untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat bermain game tanpa lag.

Selfi Master Asus Zenfone 4 Max

Yang tak kalah menarik adalah adanya fitur yang dikususkan bagi para pecinta selfie yakni aplikasi Selfie Master. Di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan kamera depan beresolusi 8 megapiksel plus Softlight LED flash untuk ber-swafoto dalam bentuk foto maupun video. Bahkan Anda bisa memanfaatkan  fitur  BeautyLive yang memungkinkan kamu melakukan live broadcasting dengan fitur beautification bahkan ditempat dengan kondisi cahaya yang minim sekalipun.

Kamera Ganda dengan Lensa Wide Angle

smartphone ini memiliki kamera ganda di bagian belakangnya. Satu kamera utama dengan resolusi 13 MP yang mampu menghasilkan foto dengan reproduksi warna yang sangat baik, tajam dan mampu menjaga detail dengan baik dalam kondisi cahaya memadai. Sedangkan kamera kedua menggunakan sensor beresolusi 5 MP dengan lensa wide dengan ruang pandang 120 derajat, dimana gambar yang mampu ditangkapnya lebih lebar ketimbang kamera utamanya. Meski hanya beresolusi 5 MP, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang baik meski dengan detail yang tak sebaik kamera utama.

hasil kamera Asus Zenfone 4 max

Disisi perekaman video Asus masih membenamkan EIS (Electronic Image Stabilization) seperti milik Zenfone 3, yang diklaim mampu meminimalisir guncangan pada hasil rekaman video yang diambil pada resolusi Full HD

Max Untuk Baterai Maksimal

Dari pengujian internal, baterai jenis Lithium Polymer yang tertanam pada ZenFone 4 Max ZC520KL mampu bertahan hingga 37 hari saat dalam kondisi standby di jaringan 4G. Jika digunakan untuk berkomunikasi suara lewat jaringan berbasis 3G, baterainya mampu bertahan hingga 31 jam. Adapun untuk penikmat musik, baterai dapat memasok kebutuhan memutar musik selama 101 jam non stop. Sementara untuk web browsing dengan jaringan Wi-Fi, smartphone ini dapat bertahan selama 21 jam.

Sedangkan untuk mengisi ulang baterai, smartphone ini telah mendukung fitur Rapid Charge yang memungkinkan baterai smartphone ini dapat terisi ulang hingga menyediakan waktu bicara selama 2 jam dalam 15 menit saat di re-charge.

Daya tahan baterai maksimal smartphone ini didapat berkat dua faktor. Pertama, penggunaan baterai berkapasitas besar yakni 4.100mAh, serta opsi optimalisasi baterai yang memudahkan pengguna untuk memilih setting yang paling tepat untuk berbagai aktivitas yang mereka lakukan.

Reverse Charging

image003 (1)

Selain punya kapasitas baterai besar dan fitur penghemat energi, ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL juga bisa membagikan kapasitas energi yang ia simpan di baterainya ke perangkat lain dengan menggunakan kabel USB OTG yang disertakan dalam paket pembelianya. Dengan fitur reverse charging capability, smartphone ini dapat berubah fungsi pula menjadi sebuah powerbank.

Kesimpulan

Datang sebagai versi kompak dari Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, Zenfone 4 Max ZC520KL mampu tampil memukau. Meski tidak hadir dengan spesifikasi tertinggi di pasaran, alias mengusung SoC mainstream Snapdragon 425 dari Qualcomm, smartphone ini masih bisa diandalkan untuk kerja multitasking harian.

Spesikasi

Model ZenFone 4 Max (ZC520KL)
Design 2.5D contoured coring gorilla glass display with metal unibody & multiple colour selections
Display, Resolution 5.2-inch HD IPS display (1280 x 720), Front 2.5D curved glass display, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch
SoC Processor CPU Qualcomm Snapdragon 425 Mobile Platform with 64-bit Quad-core Processor
GPU Qualcomm Adreno 308
Memory RAM / Storage 3GB RAM, 32GB storage, 100GB Google Drive (free 1 year)
Camera System Front

Camera

8 megapixels, 24mm equivalent focal length in 35mm film camera, 85° field of view, Softlight LED flash
Rear Camera

(main)

13 megapixels, F/2.0 aperture, 25mm   equivalent focal length in 35mm film camera, 80° field of view, 0.03 seconds phase detection auto-focus, LED flash, Instant cameras switching
Rear Camera

(wide-angle)

120° wide-angle camera, 200% wider view for more friends and scenery on frame, 17.9mm equivalent focal length in 35mm film camera
Camera feature Front Camera:

Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Rear Camera:

Beauty, Auto (with low light and HDR features), Pro, Super Resolution (52 megapixels), GIF Animation, Panorama, Time Lapse (with power saving), 9 various filters

Wireless WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Connectivity Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
LTE Cat4: UL 50 / DL 150Mbps, DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42Mbps, FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20), TD-LTE (Band 40), WCDMA (Bands 1, 5, 8)

SIM /SD slot Triple Slot: Dual SIM slot and one MicroSD card slot, MicroSD up to 256GB
GPS GPS, AGPS, GLONASS
OS Android 7.1.1 Nougat with ZenUI 4.0
Battery 4.100mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer battery lifespan, Power bank mode for 2x faster reverse charging (1A), up to 37 days 4G standby, up to 31 hours 3G talk time, up to 101 hours music playback, up to 21 hours Wi-Fi web browsing
Audio / Microphone Loud Speaker with PMIC internal amplifier, Audio CODEC integrated into PMIC,

Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Radio Receiver

Size / weight 150.5 x 73.3 x 8.73mm / 156 gram
Color Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink