IMG_20171109_150827Jakarta, Selular.ID – Indosat Ooredoo dan Fakultas Ekonomika and Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan riset yang bertajuk dampak mobile internet terhadap pengembangan ekonomi sosial di Indonesia dilakukan dua tahap yang dimulai sejak Agustus 2017 dan akan berakhir pada Januari 2018.

Riset dilakukan di beberapa daerah di Indonesia yakni Solo, Wonogiri, Medan, Makassar, dan Ternate.

Hasil riset tahap pertama diakatakan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications menemukan bahwa mobile internet berkorelasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Setiap peningkatan jumlah pelanggan telepon seluler sebesar 10% diikuti dengan peningkatan Gross Domestic Product (GDP) Indonesia 0,4%,”kata Deva di Jakarta (09/11/17).

Lebih jauh Deva menuturkan, temuan lain dari riset tersebut menyebutkan, bahwa mobile internet merupakan kebutuhan dan membentuk mindset dan gaya hidup masyarakat.

Namun demikian, masyarakat dinilai telah mengalami kelebihan dalam pengunaan mobile internet, seperti anak-anak (Generasi Z) yang mengalami ketergantungan terhadap internet, sehingga berkomunikasi menurun, sosial skills yang menurun bila.dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni Generasi X dan Generasi Y.

Sementara Bambang Riyanto, Direktur Penelitian dan Pelatihan Ekonomika and Bisnis (P2EB) Fakuktas Ekonomi and Bisnis (FEB) UGM menuturkan hasil riset menunjukan mobile internet telah memperluas kesempatan untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

Dikatakan Bambang banyak anggota masyarakat yang melakukan pekerjaan sampingan dengan jual beli barang online dengan menggunakan mobile internet. Disamping itu juga ada temuan bahwa mobile internet telah memperluas cakupan bisnis, mengefisiensikan bisnis serta meningkatkan produktivitas.

“Waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis menjadi lebih pendek. Pengiriman foto untuk menawarkan pesanan, pengiriman desain menginformasi pesanan, intinya mobile internet telah mengefisiensikan pekerjaan,”tutur Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here