SHARE

Best Smartphone 2-3 jutaJakarta, Selular.ID – Pertumbuhan pangsa pasar midrange, yang didorong oleh merk berbasis China dan global, telah menjadi titik manis bagi vendor smartphone dimana mereka dapat menawarkan produk dengan kualitas yang lebih baik dan juga dapat mengelola profit yang lebih besar. Di sisi lain, vendor smartphone lokal terus menyederhanakan portfolio modelnya untuk fokus terhadap model yang populer dan meningkatkan performanya serta menyertakan konektivitas 4G. Sebagian besar dari vendor lokal tersebut sudah menyertakan konektivitas 4G pada lebih dari setengah total pengiriman smartphone mereka.

Peningkatan smartphone midrange juga terpengaruh oleh maraknya perusahaan mikro finansial seperti Homecredit, Aeon Credit, Kredivo dan Akulaku. Layanan finansial tersebut membantu konsumen, yang tidak memiliki kartu kredit, untuk membayar dengan metode cicilan yang secara finansial lebih ringan, yang pada akhirnya membuat pembelian smartphone midrange dan high-end menjadi lebih mudah.

Berikut delapan smartphone menurut pantauan Selular yang bisa menjadi pilihan bagi Anda selama 2017: Polytron Prime 7, BlackBerry Aurora, Infinix Note 4, LG K10 2017, Asus Zenfone 4 Max Pro, Lenovo K6 Note, Xiaomi Redmi Note 4, dan Oppo A57.

Polytron Prime 7

Agustus lalu Polytron merilis smartphone terbaru yang tahan banting yakni Prime 7. Konstruksi frame metal dengan teknologi nano molding yang membuat smarphone ini tahan banting diyakini sebagai daya tarik utama yang bakal diminati konsumen. Polytron Prime 7 ini berukuran 5 inci menggunakan layar IPS retina display dan Gorilla Glass dengan native damage resistant yang menjadikannya kuat sekaligus ringan digenggam.

Untuk kinerjanya, smartphone ini menggunakan prosesor Nediatek Octacore ARM Cortex A53 1,5Ghz 64 bit dengan kapasitas RAM sebesar 3Gb serta kapasitas penyimpanan internal seluas 32 Gb. Polytron Prime 7 ini menggunakan batere sebesar 2.900mAh yang dilengkapi dengan fitur turbo charging yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya dalam waktubyang singkat.

Polytron juga menyematkan fitur NFC Data Transfer yang memudahkan pengguna dalam berbagi data dengan aman cukup menempelkan perangkatnya saja. Untuk menunjang aktivitas perekaman gambar, Polytron Prime 7 memiliki kamera utama 13 MP PDAF dengan teknologi anti relecting coating dan kamera depan sebesar 8MP dengan wide angle.
Harga: Rp2.499.000

BlackBerry Aurora

Konsumen di Indonesia sudah bisa memesan smartphone BlackBerry terbaru Aurora di sejumlah situs e-commerce nasional. Ditawarkan cukup terjangkau dibandingkan model BlackBerry lainnya, dengan harga Rp3,5 juta, mari kita tengok lembar spesifikasi BlackBerry Aurora.

BlackBerry Aurora merupakan smartphone Android pertama BlackBerry yang diproduksi oleh BB Merah Putih. Pembeda utama Aurora dibandingkan smartphone Android besutan BlackBerry lainnya adalah BlackBerry Aurora mendukung dual SIM card dan sudah mengusung OS paling mutakhir Android 7.0 Nougat.

Selebihnya, BlackBerry Aurora BBC100-1 ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 425, RAM 4GB dan memori internal 32GB. Layarnya berdiagonal 5,5 inci HD (720p). Pada sektor fotografi, BlackBerry Aurora memiliki kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP. Kapasitas baterai sebesar 3000mAh, didukung oleh Dual Micro SIM.
Harga: Rp3.499.000

Infinix Note 4

Selain menghadirkan kapasitas baterai yang besar, Infinix Note 4 hadir dengan mengusung desain 2.5D di bagian belakang, dengan bodi berbahan mengkilat. Bentang layar berdimensi 5,7 inci dengan panel karya Sharp, diklaim mampu menghadirkan tampil warna lebih cerah berkat gamut warna 85%. Untuk prosesor, ponsel cerdas ini didukung oleh chipset MediaTek MT6753 1,3GHz.

Dukungan chipset prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sementara itu, Infinix membekali Note 4 dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat, dikombinasikan dengan antarmuka pengguna karyanya, yaitu XOS 2.3, yang didukung fitur multi-windows atau split-screen.

Smartphone ini didukung dengan XOS 2.3 berbasis Android v7.0 Nougat yang merupakan OS Android generasi terbaru besutan Google, yang menambah kekuataan dari infinix Note 4 dengan berbagai teknologi terbaru yang tidak terdapat dslam OS Android sebelumnya.

Untuk kamera, Infinix membekali Note 4 dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel dan kamera belakang 13 megapiksel. Kamera belakang ponsel cerdas tersebut juga dilengkapi dengan lampu flash LED ganda.

Selain itu, ponsel ini juga didukung oleh sensor pemindai sidik jari yang diklaim mampu membuka kunci layar dengan kecepatan 0,15 detik. Selain memori internal berkapasitas 32GB, Infinix Note 4 juga didukung slot memori eksternal dengan kapasitas hingga 128GB.
Harga: Rp2.099.000

LG K10 2017

Awal 2017, LG mengeluarkan smartphone menengah terbaru untuk pasar Indonesia. LG K10 (2017) membawa semua keunggulan dari model tahun sebelumnya, beserta penambahan sederet fitur terbaru. Tiga fitur utama yang tersaji pada K10 tahun ini adalah wide angle selfie, fingerprint multi fungsi, dan OS Android anyar.

Dibanding pendahulunya, kemampuan kamera depan K10 telah ditingkatkan untuk memotret dengan sudut pandang lebih lebar. Kalau versi tahun 2016 hanya dibekali angle 75 derajat maka K10 2017 memiliki wide angle 120 derajat. Artinya, pengguna bisa memotret selfie dengan lebih banyak orang.

LG K10 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang membawa fitur wide angle 120 derajat di segmen mass-tier. Bukan hanya foto, rekam video untuk keperluan vlogging dengan kamera depan juga bisa wide angle 120 derajat.

Selain wide angle di kamera depan, LG K10 juga menyuguhkan sensor sidik jari untuk multi fungsi yang terletak di bagian belakang bodi. Bukan hanya sebagai pembuka kunci layar, tapi juga untuk screenshot, serta quick shutter dan quick capture untuk menu kamera.

Terakhir, LG K10 (2017) sudah dibekali OS anyar Android 7.0 Nougat. Yang artinya, pengguna akan menikmati semua fitur terbaru Google tanpa perlu update OS. Mulai dari pembaruan multi-window ataupun direct reply yang membuat dapat langsung membalas notifikasi tanpa harus membuka aplikasi asal.

Selain peningkatan keamanan, sistem operasi Android terbaru ini juga menawarkan personalitas lebih yang diantaranya hadir dengan banyaknya emoji untuk mengungkapkan ekspresi.
Harga: Rp2.749.000

LG K6 Note

Setelah mengenalkan K6 Power, Lenovo kembali mengenalkan seri terbaru dengan mengusung daya baterai yang cukup besar yakni K6 Note. Ponsel ini merupakan salah satu jajaran ponsel yang disiapkan oleh Lenovo untuk memenuhi pengguna smartphone khususnya bagi pengguna yang membutuhkan ponsel dengan daya besar, yang setiap hari harus membalas membaca email, melakukan chating melalui aplikasi messaging ataupun aktif di sosial media.

K6 Note disokong dengan daya baterai 4000mAh, dengan kapasitas baterai yang dihadirkan K6 Note, smartphone ini dapat bertahan hingga dua hari. Smartphone memiliki layar sebesar 5,5 inci dengan RAM sebesar 4GB. Walaupun tidak mengutaman fitur selfie, namun Lenovo K6 Note dibekali kamera utama sendiri, ponsel ini dibekali kamera 16MP dengan sensor Sony serta kamera depan sebesar 8MP.

Untuk harga smartphone ini dibandrol dengan harga Rp2.799 juta, dan sudah tersedia mulai hari ini baik baik offline dan online.
Harga: Rp2.799.000

Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4 resmi tersedia di Indonesia. Perangkat merupakan model ketiga perusahaan yang mengusung jaringan 4G LTE, setelah Redmi 3S dan Redmi 4A. Berbeda dengan negara India yang mempunyai tiga konfigurasi, Indonesia hanya memiliki satu varian. Sudah dijajakan sejak April 2017, penerus Redmi Note 3 ini dibanderol dengan harga Rp2,4 juta.

Xiaomi Redmi Note 4 dirancang dengan desain lebih elegan dari model sebelumnya. Smartphone sepenuhnya hadir dengan bodi metal aluminium serta tepian yang lebih tipis, dan merupakan smartphone Redmi pertama yang menggunakan kaca lengkung 2.5D pada layar 5.5 inci Full HD.

Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625, Redmi Note 4 menawarkan kecepatan dan kinerja yang mulus. Snapdragon 625 merupakan chipset pertama di kelasnya yang menggunakan teknologi 14nm FinFET, yang lebih efisien dari segi daya dibandingkan dengan teknologi prosesor 28nm.

Untuk mengabadikan momen, Redmi Note 4 dibekali kamera 13MP di belakang dan 5MP untuk selfie. Memori yang tersedia adalah RAM 3GB dan storage 32GB dengan opsi slot microSD sampai dengan 128GB. Didukung baterai 4100 mAh, Redmi Note 4 dapat bertahan penuh seharian hanya dengan satu kali pengisian daya.
Harga: Rp2.399.000

Oppo A57

Oppo terbilang rajin mengeluarkan smartphone yang membawa kemampuan mengabadikan momen. Vendor asal Tiongkok ini pun merilis smartphone baru bertajuk Oppo A57. Smartphone diracik dengan desain yang mengadopsi bahan logam. Di area muka, smartphone tampil dengan kaca lengkung 2.5D berdiagonal 5.2 inci yang menawarkan kepadatan 720p.

Pada kamera utama, smartphone menawarkan resolusi 16 MP debgan aperture f/2.0 aperture, 1.12nm pixels, phase detection autofocus, dan LED flash. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2.2.

Melongok ke sektor jeroan, smartphone ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 435 yang memiliki konfigurasi octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 GHz dan GPU Adreno 505. Selain itu, smartphone juga membawa serta RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Secara fisik, Oppo A57 memiliki dimensi 149.1 x 72.9 x 7.65 mm dan bobot 147 gram. Di dalam bodi rampingnya, smartphone ini juga telah tertanam sebuah baterai berkekuatan 2900 mAh.
Harga: Rp2.799.000

Best Editor’s Choice: LG K10 2017

Wide Angle di Mass-Tier

Dibandingkan model tahun sebelumnya, tiga fitur utama yang tersaji pada K10 tahun ini adalah wide angle selfie, fingerprint multi fungsi, dan OS Android anyar. Kemampuan kamera depan K10 telah ditingkatkan untuk memotret dengan sudut pandang lebih lebar. Kalau versi tahun 2016 hanya dibekali angle 75 derajat maka K10 2017 memiliki wide angle 120 derajat. Artinya, pengguna bisa memotret selfie dengan lebih banyak orang.

LG K10 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang membawa fitur wide angle 120 derajat di segmen mass-tier. Selain wide angle di kamera depan, LG K10 juga menyuguhkan sensor sidik jari untuk multi fungsi yang terletak di bagian belakang bodi. Bukan hanya sebagai pembuka kunci layar, tapi juga untuk screenshot, serta quick shutter dan quick capture untuk menu kamera.

Terakhir, LG K10 (2017) sudah dibekali OS anyar Android 7.0 Nougat. Yang artinya, pengguna akan menikmati semua fitur terbaru Google tanpa perlu update OS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here