Best smartphone 3-4 jutaJakarta, Selular.ID – Smartphone di kategori midrange, yaitu di rentang harga USD200-USD400, menurut data IDC (per Agustus 2017), meraih pangsa pasar sebesar 28%. Itu artinya pasar ponsel di rentang harga Rp3 jutaan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari pangsa pasar 13% satu tahun yang lalu. Hal itu, menurut IDC, merefleksikan perubahan dalam kebutuhan konsumen untuk beralih ke perangkat dengan spesifikasi yang lebih baik untuk menyokong pengalaman media & hiburan, produktivitas, dan mobile gaming.

Berikut tiga smartphone yang menurut pengamatan Selular bisa menjadi acuan Anda yang ingin membeli smartphone di rentang harga Rp3-4 juta: Vivo V5s, Coolpad Cool Dual, dan LG Q6

Vivo V5s

Vivo terus menggenjot pangsa pasarnya dengan menggelontorkan sejumlah seri smartphone terbarunya sejak awal tahun ini. Sama dengan smartphone sebelumnya, seri V5s juga lebih menyasar ke pengguna pemula.

Secara keseluruhan Vivo V5s masih membawa fitur dan spesifikasi yang terbilang tinggi. Tidak hanya itu, bodinya pun masih didesain dengan tampilan yang tetap terlihat elegan. Bagian bodi belakang dan sampingnya masih dibalut warna rose pink berkontur dove. Sisi sekeliling sampingnya juga masih diberi ornament list berwarna gold chrome yang menambah kesan elegan.

Baca Juga:  Top 10 Smartphone Android versi AnTuTu

Ukuran bodinya terbilang standar untuk ukuran smartphone berlayar 5,5 inchi, namun pas di genggaman tangan . Bodinya memang tidak begitu tipis, namun bentuknya cukup ergonomis. Untuk bobotnya, smartphone ini terasa tidak begitu ringan. Sama dengan beberapa seri Vivo V5 sebelumnya, desain V5s juga berjenis unibodi. Yang berarti baterai menyatu dengan bodi sehingga bagian belakang smartphone tidak bisa dilepas. Itulah mengapa dua slot simcard dan satu memori eksternal diletakkan di bodi luar.
Harga: Rp3.499.000

Coolpad Cool Dual

Melalui Cool Dual, Coolpad menambah semarak persaing smartphone berkamera ganda. Seperti diketahui, smartphone yang dipersenjatai dengan teknologi dual kamera, saat ini mulai menjadi tren dikalangan vendor ponsel.

Cool Dual memiliki dual kamera di bagian belakang, dimana kedua optiknya memiliki kualitas 13MP. Kedua lensa tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Salah satu kamera berfungsi untuk menjepret foto full-color (RGB), sementara kamera kedua dikhususkan untuk menangkap gambar monokrom alias hitam putih.

Baca Juga:  Top 10 Smartphone Android versi AnTuTu

Kamera monokrom tersebut, diklaim membantu kamera RGB dalam penangkapan detik gambar sembari menyerap cahaya lebih banyak saat kondisi minim cahaya. Kedua kamera juga mampu menghasilkan efek bokeh alias latar belakang yang buram dengan subjek tetap tampil tajam.

Untuk spesifikasi lainnya, Coolpad Cool Dual memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi full-HD. Dapur pacunya ditenagai chip Snapdragon 652 yang dipasangkan dengan RAM 3 GB, plus memori 32GB. Dari segi daya tahan, ponsel yang berbasis Android Marshmallow ini, dibenamkan baterai 4.000 mAh.
Harga: Rp3.199.000

LG Q6

LG mengumumkan lahirnya lini smartphone terbaru, seri Q. LG Q6 akan menjadi smartphone pertama di lini tersebut. Di Indonesia, vendor mengungkapkan LG Q6 akan hadir dalam dua varian yang memiliki perbedaan pada kapasitas memori dan penyimpanan. LG Q6 akan memiliki RAM 3GB dan ROM 32GB, sementara LG Q6+ dibekali RAM 4GB dan ROM 64GB.

Seri Q merupakan lini smartphone terbaru yang diperkenalkan LG mulai tahun ini. LG Q6 bakal berbekal berbagai fitur yang sebelumnya hanya terdapat di smartphone seri premiumnya. Perangkat menjadi kelas menengah pertama perusahaan yang menawarkan tampilan FullVision yang sebelumnya terdapat di LG G6.

Baca Juga:  Top 10 Smartphone Android versi AnTuTu

LG G6 memiliki bentang layar 5.7 inci tapi ukuran bodinya mirip smartphone berlayar 5.3 inci. Nah LG Q6 juga begitu, layar 5.5 inci, tapi di bodi serupa smartphone layar 5.0 inci. Selain itu, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ (2160×1080).

Tak hanya berbekal tampilan FullVision, seri LG Q6 pun mewarisi superioritas pendahulunya pada sisi kamera dengan membawa kamera depan berbidang tangkap lebar (wide angle selfie camera).
Harga: Rp3.199.000

Best Editor’s Choice: Vivo V5s

Vivo V5s dengan Sleek Unibody Design dan U-shaped Cover Line juga menawarkan teknologi mumpuni seperti 4GB RAM, 64 ROM (sampai 256GB), Apps Clone, Group Selfie, Funtouch O.S. 3.0., Fingerprint Unlocking lebih cepat, dan kapasitas baterai 3000mAH untuk daya tahan lebih lama.

Sebagai bagian dari Perfect Selfie Series, V5s hadir dengan keunggulan 20MP Front Camera New Selfie Softlight.