Best Kamera SmartphoneJakarta, Selular.ID – Smartphone saat ini tidak bisa dilepaskan dari fitur kameranya. Keberadaan kamera di smartphne saat ini pun tidak hanya sebagai pelengkap saja. Vendor smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone-nya dengan kualitas kamera yang mumpuni.

Kualitas hasil kamera yang ada pada smartphone pun saat ini bisa disejajarkan dengan hasil jeperetan menggunakan kaera DSLR.

Berbagai fitur hasil olah teknologi yang dilakukan oleh pabrikan smartphone yang dibenamkan pada kameranya membuat pengguna mampu menghasilkan gambar yang mempunyai nilai fotografi yang tinggi.

Sebut saja gambar bokeh yang sangat disukai para pelaku fotografi saat ini sudah bias dilakukan oleh kamera yang menempel pada smartphone.

Dengan beragam kecanggihan yang ada pada kamera smartphone ini, mau tidak mau tren fotografi pun mulai bergeser dari menggunakan perangkat DSLR yang notabene berat dan ribet Karena harus membawa perlengkapan pendukung kini beralih ke smartphone fotografi yang menawarkan simplicity.

Maka tak heran vendor smartphone pun banyak bertarung di segmen ini dengan menghadirkan kualitas kamera unggulannya

Asus Zenfone Zoom S

Asus ZenFone Zoom S membawa dual camera di bodi bagian belakang. Pertama sebuah kamera utama berresolusi 12MP dengan aperture f/1.7, 25mm wide-angle , bersensor Sony IMX362 dan ukuran sensor besar yakni 1.4µm pixel (ukuran sensor 1/2.55”). Serta sebuah kamera zoom 59mm 12MP dengan dukungan 2,3x optical zoom dan total 12x zoom.

Smartphone ini merupakan model pertama yang dilengkapi dengan SuperPixel Camera. Ini memungkinkan untuk mengambil foto secara cepat dan jelas di malam hari atau kondisi low-light. Teknologi SuperPixel Camera, bekerja dengan mengombinasikan hardware dan optimalisasi software ASUS SuperPixel untuk mendapatkan tingkat sensitivitas cahaya hingga kali lebih baik.

SuperPixel Camera sendiri terdiri dari tiga komponen yakni:
 Pixel berukuran besar yakni 1,4 micron. Semakin besar ukuran pixel, semakin tinggi pula tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya dan menurunkan grainy atau noise pada foto yang dihasilkan, khususnya foto yang diambil pada lingkungan low-light. ZenFone Zoom S memanfaatkan sensor Sony IMX362 dengan pixel sebesar 1,4 micron dan sensor sebesar 1/2.55 inci, yang merupakan salah satu sensor terbesar pada kamera smartphone. Hasilnya, kamera tersebut sangat baik di bidang fotografi low-light.

 Aperture lensa yang besar yakni f/1.7. Aperture yang besar memungkinkan semakin banyak cahaya masuk ke sensor sehingga hasil foto menjadi lebih terang. Ukuran aperture ini lebih baik dibandingkan dengan kamera smartphone lainnya.

 Teknologi Asus SuperPixel. Kombinasi dari ASUS SuperPixel engine hardware dan image digital-signal-processing software meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 4 kali lebih baik dengan cara mengontrol level ISO secara cerdas saat memotret, dan menghapuskan noise pada post-shot processing.

Oppo F3 Plus

Untuk mendukung performa kamera depan yang lebih maksimal, Oppo juga menggunakan enam lapisan kamera yang biasa digunakan di kamera belakang ponsel premium. Lensa ini terdiri dari enam elemen untuk mengoreksi cahaya yang masuk sehingga hasil akhirnya tidak tampak terlalu terdistorsi.

Untuk kamera depan, mengusung sensor 1/3 inci demi meningkatkan pencahayaan dan ketajaman gambar. Juga memiliki bukaan sebesar f/2.0 untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik pada gambar dan bokeh. Kedua kamera selfie di Oppo F3 Plus juga sanggup merekam video full-HD (1.920 x 1.080 piksel).

Sedangkan kamera belakangnya, Oppo menggunakan sensor Sony IMX398 resolusi 16 MP. Kamera belakang F3 Plus juga memiliki teknologi dual PDAF (Phase Detection Autofocus), yang diklaim dapat mencari titik fokus 40 persen lebih cepat bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Kemampuan merekam videonya bisa menghasilkan video 4K.

Coolpad Cool Dual

Fitur kamera adalah fitur unggulan dari smartphone Cool Dual besutan Coolpad. Smartphone ini telah memaksimalkan kualitas gambar pada kamera keduanya sehingga kualitasnya bisa dibandingkan dengan kamera SLR. Dibekali dengan dua kamera dibelakang membuat smartphone ini memiliki kualitas kamera yang mumpuni.

Didalamnya tersedia PDAF (phase detection auto focus) sehingga dapat melakukan pengambilan gambar dengan kecepatan autofokus yang mumpuni. Penggunaan dua kamera, smartphone mampu menghasilkan bukaan lensa untuk mendapatkan kedalaman efek variabel (depth of field). Efek ini mampu menghasilkan gambar dengan efek bokeh dengan kualitas yang alami. Tidak hanya itu, kedua kamera yang tertanam pada perangkat ini mampu menghadirkan hasil kamera tanpa balutan warna alias monochrome.

Saat mengunakan kamera belakang, pengguna mampu merekam video beresolusi 4K. Masuk kebagian kamera depan, meski dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel, kualitas foto yang dihasilkan terbilang biasa saja. Selain itu, dengan absennya lampu flash membuat pengguna harus melakukan aksi selfie dengan kondisi cahaya yang berlimpah jika ingin menghasilkan foto selfie dengan kualitas gambar yang baik.

LG G6
Seperti G5, kamera belakang G6 terdiri dari dua unit dengan lensa terpisah. Satu kamera menangkap foto dengan sudut pandang normal, sementara lainnya wide-angle selebar 125 derajat. Kedua kamera belakang ini sama-sama memiliki resolusi 12MP. Adapun kamera depan datang dengan resolusi 5MP.

LG G6 dibekali prosesor Snapdragon 821, RAM 4 GB, media internal 64 GB, dan baterai 3.300 mAh.

Layar LG G6 berukuran 5,7 inci dengan aspect ratio 18:9 (2880×1440 piksel), namun ukuran bodinya diklaim sama dengan smartphone lain yang memiliki layar 5,2 inci. Kemampuan lain termasuk fitur waterproof dengan sertifikasi IP68 dan audio dengan teknologi quad-DAC. Terkait harga, untuk mendapatkan LG G6 konsumen harus menyiapkan dana 10 jutaan.

Best Editor’s Choice: Asus Zenfone Zoom S
Best Kamera Smartphone

ZenFone Zoom S merupakan smartphone kamera paling lengkap yang pernah dibuat Asus dengan sejumlah fitur baru yang disematkan. Smartphone ini mempunyai dual camera, sebuah lensa wide-angle 12 MP dengan aperture ƒ/1.7, dengan ASUS SuperPixel Technology yang siap untuk menangkap kegiatan sehari-hari, terutama di lingkungan gelap. Dan satu lagi lensa 12 MP dengan optical zoom 2.3x untuk close-up kualitas tinggi dari jauh.

Beralih antar dual camera ZenFone Zoom S ini hanya memakan waktu sekejap, dan kombinasi diantara keduanya akan memberikan efek yang lebih mendalam dan hasil potret akan terlihat seperti mereka diambil oleh seorang profesional.