SHARE

screen-shot-2017-09-12-at-12-57-20-pm

Jakarta, Selular.ID – Perangkat yang mendukung koneksi bluetooth ternyata rentan terhadap peretasan jarak jauh. Hal itu diungkapkan Armis perusahaan keamanan siber.

Ditulis Tech Crunch perusahaan tersebut mengatakan bahwa kerentanan itu bisa disalahgunakan untuk melakukan peretasan dari jarak jauh.

Celah yang disebut Blueborne tersebut bekerja dengan menyamar sebagai perangkat bluetooth dan mengeksploitasi kelemahan protokol. Serangan ini dilaporkan mirip dengan yang ditemukan pada serangan Broadcom Wifi awal tahun ini.

Serangan Blueborne bisa masuk tanpa adanya otentkasi antarperangkat bahkan jika sebuah bluetooth dalam mode disembunyikan.

Sistem operasi yang paling rentan untuk terkena serangan Blueborne ialah Android. Pengguna iOS dan Windows Phone dikatakan masih bisa bernafas lega karena telah menambal celah kerentanan pada Juli lalu.

Mengingat banyaknya perangkat yang saat ini mengandalkan bluetooth, serangan diperkirakan akan mencapai jutaan. Selain itu hadirnya speaker nirkabel juga dapat memperparah serangan tersebut jika perusahaan pembuat tak segera memperbarui patch keamanan.

Blueborne sendiri diketahui tak mampu menyerang jika perangkat korbannya dalam keadaan mati. Meski demikian, bagi pengguna smartphone sebaiknya tak menghidupkan bluetooth di area umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here