Unik! Restoran Ini Menawarkan Sistem Pembayaran Hanya dengan Tersenyum di Depan Kamera

Customers Purchase Goods Via Facial Recognition System In Hangzhou

Jakarta,Selular.ID – Semudah melakukan pembayaran di era layanan Tap-To-Pay, sistem pembayaran kini akan mengalami kemajuan dan tentunya akan semakin membuat mudah para penggunanya. Dari semua hal itu, akhirnya dibuatlah sistem pembayaran yang baru yakni dengan cara Smile-To-Pay. Bagaimana cara kerjanya?

Seperti yang selular lansir dari laman Engadget pada, Senin (04/09), Alipay salah satu perusahaan yang menangani pembelian sang raksasa belanja, Alibaba. Perusahaan ini telah meluncurkan apa yang mereka sebut adalah sistem pembayaran pertama yang menggunakan pengenalan untuk menyelesaikan proses penjualan.

Jika kalian ingin pergi ke China, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu restoran KPRO KFC di Hangzhou, China. Disana kalian bisa membayar dengan cara tersenyum di kios yang telah dilengkapi kamera.

Hal yang perlu dilakukan setelahnya adalah memverifikasi pembelian di ponsel kalian tanpa harus menekan angka ataupun membawa ponsel untuk memindai kode yang diberikan.

Kalian tidak perlu khawatir soal keamanan, sistem Smile-To-Pay ini diklaim tahan dengan Spoofing dengan foto dan trik pembeli lainnya. Hal ini bergantung kepada kamera penginderaan dan algoritma deteksi kesamaan, gunanya adalah untuk memastikan bahwa itu benar-benar kalian.

Teknologi pada sistem ini juga bisa dibilang sudah dapat bekerja dengan baik, alat ini dapat mengidentifikasi kalian walaupun saat memakai make-up dan rambut palsu sekalipun. Jadi, kalian tidak perlu takut uang yang anda miliki dipakai oleh orang lain hanya karena memiliki wajah yang hampir sama.

Tidak mengherankan jika sistem pembayaran ini sudah menyebar di China, namun jangan berharap kalian melihatnya ada banyak di tempat lain. Tidak semua orang merasa nyaman ketika menyerahkan data wajah ke alat pembayaran raksasa, walaupun mereka tahu bahwa data yang mereka berikan akan tetap aman. Namun, bisa jadi ini adalah sistem pembayaran yang akan digunakan pada masa yang akan mendatang.