spot_img
BerandaNewsTahun Ini Peserta IWIC Harus Berkenalan dengan API Sebelum Mengembangkan Ide

Tahun Ini Peserta IWIC Harus Berkenalan dengan API Sebelum Mengembangkan Ide

-

Alex Rusli IWICJakarta, Selular.ID – Setelah 10 tahun pengelenggaraan IWIC, program ini telah mengumpulkan lebih dari 10 ribu proposal ide dan aplikasi digital anak bangsa.

Setiap tahunnya pun Indosat Ooredoo mentargetkan peningkatan jumlah peserta, jika IWIC 2016 diikuti 3500 peserta, tahun ini Indosat mentargetkan bisa mengajak 10 ribu peserta dalam kompetisi ini.

Alexander Rusli President Director and CEO Indosat Ooredoo menuturkan, dengan peningkatan peserta dikatakan Alex semakin banyak aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat,

“Semakin banyak peserta kompetisi ini pun semakin beragam. sehingga bisa menghasilkan aplikasi berkualitas,”kata Alex

Tahun ini dan kedepannya dikatakan Alex para peserta atau developer akan dapat berkenalan dengan Application Programming Interface (API) Indosat Ooredoo. Dikatakan Alex API merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API yang disediakan Indosat Ooredoo akan memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk berinteraksi dengan pelanggan. Alex menjamin data-data pelanggan akan aman, karena peserta hanya melihat data behavior customer, bukan data penting lainnya.

“Dengan 100 juta pelanggan yang Indosat Ooredoo miliki tentunya peserta harus mengetahui behavior pengguna, karena untuk membuat ide peserta perlu mengetahui hal-hal yang dilakukan pelanggan, karena ide yang akan dibuat peserta belum tentu mewakili pengguna, jadinya itu perlunya berkenalan dengan API,”tutur Alex

Dikatakan Ada sembilan API, namun diakui Alex itu API yang paling simple dulu. Karena akan ada 20 API yg mau Indosat kembangkan.

Baca juga :  Manuver CK Hutchison Berujung Merger Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia

“Katena kita kan bukan pengembang aplikasi juga. Yang kita butuh tahu maunya mereka apa yang harus dikembangkan. Yang udah pasti masalah payment, akses, layanan pelanggan, dan lain lain,”terang Alex

Baca juga :  Bos Apple Geram dengan Bocoran Produknya yang Beredar ke Publik

Alex juga menambahkan berpartisipasi di program IWIC tidak hanya memberikan kesempatan membangun jejaring kerja untuk mewujudkan dan mengembangkan karya peserta.
IWIC ke 11 akan diisi dengan rangkaian kegiataan roadshow dan gathering komunitas hackathon dan bootcamp menjelang grand final IWIC.

spot_img

Artikel Terbaru