Beranda Devices Sandisk Keluarkan MicroSD 400GB di Indonesia

Sandisk Keluarkan MicroSD 400GB di Indonesia

-

Sandisk
Jakarta, Selular.ID – Mayoritas pelanggan selular menggunakan smartphone bukan sebagai alat komunikasi melainkan sebagai kamera utama. Kegiatan memotret dan merekam, lebih sering menggunakan smartphone daripada perangkat lainnya.

Hal itu diungkap Idris Effendi, Country Manager, Client Solutions, Western Digital Indonesia, di hadapan sejumlah media di Jakarta. Idris menyebut tren itu bersamaan dengan teknologi kamera di smartphone yang kian canggih. Bahkan smartphone keluaran terbaru sudah bisa memotret dengan hasil RAW image dan merekam video dengan resolusi 4K.

Diperkirakan, lanjut Idris, tahun ini akan ada 1,2 triliun foto yang diambil dari smartphone. Sementara untuk merekam satu video resolusi Full HD dibutuhkan sekitar 2GB.

Dengan begitu, wajar bila kebutuhan penyimpanan mutlak membengkak. Vendor smartphone pun berbondong-bondong menawarkan perangkat dengan internal storage luas, hingga 128GB. Jika masih dirasa kurang, kartu memori eksternal bisa menjadi solusi.

“MicroSD menjadi format paling ideal untuk media penyimpanan karena sudah banyak diadopsi oleh perangkat-perangkat yang berkembang dewasa ini. Mulai dari drone, camera 360, konsol game, dan smartphone,” tutur Idris.

Sandisk melihat tren itu sebagai potensi yang sangta besar. Dari segi aplikasi dan game sendiri, akan lebih dari 150 miliar aplikasi akan diunduh. Sementara satu game ada yang membutuhkan 30GB.

Melihat perkembangan teknologi itu, kebutuhan memori sangat besar. Maka dari itu Sandisk mengeluarkan kartu MicroSD terbaru dengan kapasitas terbesar, Sandisk Ultra 400GB, pertama di dunia.

“Kami tujukan kartu ini untuk pengguna Drone, video 4K, action cam, konsol game, serta musik dan aplikasi. Memungkinkan perekaman video selama 40 jam resolusi Full HD,” ujar Idris.

Selain kapasitas besar, fitur Sandisk Ultra 400GB juga mumpuni. Kecepatan bacanya hingga 100Mbps. Lalu ada Memory Zone, yakni aplikasi yang dikembangkan Sandisk untuk mengelola file-file di dalam kartu memori.

Selain itu, Sandisk Ultra 400GB juga sudah mengadopsi teknologi A1 yang diciptakan oleh asosiasi SD. Dengan A1, kecepatan loading lebih cepat dua kali lipat dibandingkan kartu MicroSd tanpa teknologi A1.

Kartu MicroSDXC Sandisk Ultra 400GB UHS-1 memiliki garansi selama 10 tahun dan akan tersedia di toko-toko ritel di Indonesia mulai November 2017 dengan harga Rp4,4 juta.

Artikel Terbaru