SHARE

P_20170913_123442Jakarta, Selular.ID – Masyarakat Indonesia sangat aktif di pernagkat mobile-nya. Dari data Facebook saja, 97% dari 115 juta orang Indonesia yang menggunakan Facebook mengakses melalui mobile, dan 45% perjalanan belanja juga terjadi di mobile.

Situasi ini juga telah mengubah cara bagaimana bisnis menjangkau perhatian dari konsumen saat ini.

Seperti dikatakan Reynold D Silva APAC Head of Marketing Brands and E-Commerce bahwa Facebook baru saja meluncurkan kampanye Discover Growth yang membantu bisnis untuk menemukan perkembangan bisnis mereka dengan menemukan konsumen mereka.

Dikatakan Reynold untuk menemukan konsumen cukup.mudah Facebook memiliki Facebook Pixel serta Facebook dynamic ads.

“Saat ini trendnya sudah begeser bukan konsumen yang mencari produk melainkan produk yang mencari konsumen,” ujar Reynold dalam sesi khusus di Jakarta (13/09/08).

Reynold menuturkan bahwa Facebook Pixel sejatinya adalah sebuah kode (javascript) yang diletakkan pada sebuah laman website dengan fungsi untuk merekam data pengunjung yang datang.

Facebook Pixel memiliki cara kerja yang sama seperti kode website stats dan tracker online lainnya, semisal histats, Google Analytics, dan sitemeter.

“Bedanya, Facebook Pixel digunakan tidak hanya untuk mencatat data kunjungan semata, melainkan juga sebagai bahan baku dalam membuat website custom audience, salah satu jenis audience yang paling powerful di Facebook,”ujar Reynold

Setiap visitor yang masuk ke website, baik melalui jalan organik maupun paid ads (termasuk Facebook dynamic ads) akan direcord dan dikumpulkan menjadi audience khusus.

Audience tersebut disebut khusus karena mereka pernah mengunjungi laman website atau landingpage yang kita miliki. Artinya, orang-orang tersebut sekurang-kurangnya memiliki minat dan ketertarikan dengan konten yang dimiliki, dibandingkan jenis audience lainnya yang dipilih secara acak.

Sementara Facebook dynamic ads adalah Iklan Facebook yang dipersonalisasi tanpa kerja manual.

“Anda siapkan iklan dinamis sekali saja, lalu biarkan iklan tersebut bekerja untuk Anda,”ujar Reynold lagi.

Reynold menuturkan Iklan dinamis Facebook secara otomatis mempromosikan produk kepada orang yang sudah menunjukkan minat pada website si pemilik, di aplikasi, atau di mana saja di internet. Cukup unggah katalog produk dan siapkan kampanye satu kali saja, dan kampanye itu akan terus bekerja.

Mengenai biaya Reynold menuturkan bisa disesuaikan dengan budget, karena dua produk Facebook ini menyasar Usaha kecil Menengah (UKM) juga.

“Jadi berapa dana yang dimiliki jika sudah menyiapkan iklannya kita dapat sesuaikan,” tutup Reynold.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here