SHARE

Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia (1)

Jakarta, Selular.ID – Aksi bunuh diri yang diunggah di media sosial seperti di Facebook belakangan kerap terjadi, sehingga ini yang membuat Facebook harus bergerak melakukan sesuatu.

Dalam keterangan resminya, Facebook telah mengumumkan bahwa mereka kini mengakui hari pencegahan bunuh diri yang jatuh pada 8 September setiap tahun. Pada kesempatan ini, perusahaan ini pun mensosialisasikan alat-alat yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan pencegahan bunuh diri.

Antigone Davis, Head of Global Safety Facebook menuturkan Facebook membeberkan bahwa alat tersebut telah dikembangkan atas kerja sama dengan organisasi kesehatan mental selama lebih dari sepuluh tahun. Facebook berharap platformnya bisa digunakan teman atau sahabat untuk menyelamatkan orang-orang tercinta.

Selama September menurut Davis, perusahaan akan menghubungkan komunitasnya dengan informasi tentang kelompok pendukung dan alat pencegahan bunuh diri melalui iklan di lini masa.

“Facebook juga meluncurkan bagian baru dari pusat keamanan dengan sumber tambahan tentang pencegahan bunuh diri dan kesejahteraan dalam daring. Orang dapat mengakses alat untuk menyelesaikan konflik secara daring, membantu teman yang berencana untuk bunuh diri atau mendapatkan sumber terpercaya jika mereka sedang menghadapi masa sulit,” tutur Davis

Dikatakan Davis, teman-teman mereka berada dalam posisi yang tepat untuk mengetahui jika temannya sedang berada dalam kesulitan dan kecepatan merupakan hal yang sangat penting sehingga teman-temannya bisa segera menghubungi orang yang sedang dalam tekanan dengan memberikan komentar dalam sebuah unggahan.

Pengguna bisa juga menghubungi Facebook ketika mereka melihat sesuatu hal yang mengkhawatirkan pada temannya. Facebook menyebut pihaknya memiliki tim yang bekerja di seluruh dunia selama 24 jam selama tujuh hari yang memantau berbagai laporan yang masuk dan memprioritaskan laporan yang serius seperti bunuh diri.

“Untuk mereka yang menghubungi kami, kami menyediakan teks untuk mempermudah orang memulai percakapan dengan teman mereka yang membutuhkan. Kami memfasilitasi teman Anda yang menunjukkan keinginan bunuh diri dengan informasi mengenai pusat bantuan lokal, beserta tips dan sumber informasi lainnya,” imbuh Davis.

Sebelumnya, Facebook juga telah melakukan beberapa gerakan dan kerjasama dalam pencegahan bunuh diri. Perusahaan menggunakan tagar untuk berkampanye dan membangun grup daring yang menangani kegiatan yang membahayakan diri sendiri atau bunuh diri.
Perusahaan juga telah mencoba untuk menghapus konten yang melanggar standar, termasuk konten yang mempromosikan kegiatan yang membahayakan diri sendiri seperti salah satunya bunuh diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here