Wednesday, October 21, 2020
Home News Penjualan PlayStation VR Headset Tembus Sejuta

Penjualan PlayStation VR Headset Tembus Sejuta

-

headset sony ps vr

Jakarta, Selular.ID – Sejak pertama kali dipasarkan delapan bulan lalu, Sony membeberkan bahwa perusahaan telah menjual satu juta unit PlayStation VR. Angka ini meleset dari prediksi perusahaan yang mematok penjualan sejuta VR headset dalam jangka enam bulan sejak dipasarkan.

Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan pencapaian perusahaan yang telah menduduki posisi kedua di pasar VR. Di mana peringkat nomor satu masih dihuni oleh Samsung dengan penjualan 5 juta unit Gear VR. Sementara itu, HTC Vive tertinggal di posisi ketiga dengan 420.000 unit, diikuti oleh Oculus Rift dengan 243.000 unit.

Dibandingkan dengan produk pesaing semisal Oculus dan HTC, PS VR relatif murah. Sementara Oculus Rift dibanderol US$ 599 (plus US$ 199 untuk Touch controller) dan HTC Vive dipatok dengan harga US$ 799, pengguna hanya perlu merogoh kocek US$ 499 untuk mendapat Sony PS VR plus controller.

PS VR, yang dirilis pada Oktober, berfungsi dengan PS4. Pada Desember lalu Sony mengumumkan perusahaan telah menjual lebih dari 50 juta PS4.

Sony mengakui bahwa jumlah unit penjualan PS VR ini belum terlalu menjanjikan mengingat masih 60 juta pemilik PS 4 saat ini. Shawn Layden, CEO Sony Interactive Entertainment America, mengatakan ada kendala pasokan headset VR seputar Natal, sehingga perusahaan harus terpaksa menahan aktivitas promo. Namun Dia berjanji PS VR akan berhasil memenuhi permintaan pada akhir tahun ini.

Masih di sektor gaming, Sony juga melaporkan bahwa saat ini sudah menjual 5,25 juta game VR terbaru. Menurut perusahaan, rata-rata pengguna membeli game VR dalam kurun 25 menit per orang.

Latest