Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Hadapi Mudik, Smartfren Perkuat Jaringan BTS Temporary

BACA JUGA

IMG_20170524_111144Jogjakarta, Selular.ID – Menjelang bulan Ramadhan, operator Smartfren menguji jaringannya di sepanjang jalur padat pemudik guna memastikan kelancaran komunikasi bagi para pelanggannya. Pengujian jaringan ini sendiri telah dilakukan oleh pihak Smartfren, meliputi jalur kereta api dan jalur darat di Pulau Jawa seperti tol cipali.

Rute tersebut dipilih karena banyak digunakan pelanggan dan masyarakat ketika mudik ke kampung halamannya.

“Pengujian ini kami lakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Smartfren siap mendukung kelancaran berkomunikasi selama Ramadhan,” kata Derrick Surya, Head of Brand & Marketing Communications PT Smartfren Telecom, saat melakukan media update jelang RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) di Jogjakarta, Selasa (23/5/2017).

Smartfren memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi pada layanan data di daerah jalur mudik dan tujuan wisata jika dibandingkan dengan trafik di hari biasa. Menurut Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren Telecom, diprediksi akan ada penumpukan pemudik paling besar di Tegal dan Pekalongan, hal ini berdasarkan data trafik yang ada.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Smartfren melakukan serangkaian kegiatan mulai dari penambahan kapasitas jaringan secara temporer sebesar 25 persen di sepanjang jalur mudik, menyediakan 60 mobile BTS, dan menyiagakan tim engineer agar cepat menanggulangi kasus bila terjadi masalah.

“Kami memprediksi titik-titik yang padat akan keramaian, seperti daerah atau area publik, jalur transportasi darat, kota tujuan pemudik, bahkan titik exit tol. Kapasitas jaringan kami tingkatkan di lokasi-lokasi tersebut, untuk menjaga agar customer experience tetap terjaga, sekalipun terjadi lonjakan trafik,” kata Munir, dalam kesempatan yang sama.

Masih di sektor optimalisasi jaringan, perusahaan juga akan menyediakan investasi di sektor infrastruktur untuk membangun jaringan lebih baik.

Di tahun ini, operator yang kini fokus mengembangkan LTE Advance ini akan menyiapkan dana minimal Rp 1,5 triliun untuk meningkatkan kapasitas dan perluasan network di seluruh Jawa di mana ada potential population sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman streaming digital yang lebih baik lagi.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU