Saturday, August 15, 2020
       
Home News Telkomsel Diretas, BRTI: Operator Lain Sebaiknya Jangan Manfaatkan sebagai Bahan Marketing Produknya

Telkomsel Diretas, BRTI: Operator Lain Sebaiknya Jangan Manfaatkan sebagai Bahan Marketing Produknya

-

I Ketut Prihadi Kresna, Anggota BRTI
I Ketut Prihadi Kresna, Anggota BRTI

Jakarta, Selular.ID – Kejadian yang menimpa Telkomsel lantaran situs resminya diretas oleh penjahat cyber nampaknya telah menarik perhatian. Tidak hanya oleh para netizen dan pengguna Telkomsel, operator lain juga tak ingin ketinggalan.

Sayangnya, alih-alih berempati, kejadian itu ternyata justru dimanfaatkan oleh para pesaingnya sebagai bahan marketing produknya.

Berkaitan dengan itu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengimbau agar apa yang menimpa Telkomsel tidak dimanfaatkan sebagai bahan kampanye oleh operator lain.

“Secara etika memang sebaiknya apa yang dialami Telkomsel tidak dimanfaatkan untuk marketing produk operator lain,” kata I Ketut Prihadi Kresna, selaku Komisioner BRTI.

Lebih jauh Ketut menegaskan meski secara regulasi telekomunikasi memang tidak ada yang dilanggar, tapi dari sisi etika beriklan kan ada Etika Pariwara Indonesia yang wajib dipedomani.

“Kalau hal yang sama terjadi pada operator lain, dihack juga, pasti mereka juga tidak ingin hal tersebut dimanfaatkan oleh operator lain untuk promosi yang mendiskreditkan operator yang sedang ditimpa masalah,” ujar Ketut.

Atas diretasnya situs resmi Telkomsel yang kemudian dimanfaatkan oleh pesaingnya, Ketut menyatakan pihaknya akan memberikan imbauan tertulis.

“BRTI akan melakukan himbauan tertulis kepada semua operator agar dalam beriklan/promosi produk tetap memperhatikan Etika Pariwara,” pungkas Ketut.

Sebagaimana diketahui paska situs Telkomsel dibajak oleh oknum tak bertanggung jawab, dua operator nasional lain, Indosat Ooredoo dan XL Axiata, memanfaatkan momen ini untuk melontarkan sindiran halus melalui jejaring sosial Twitter.

Di masing-masing social media perusahaan, kedua operator terbesar kedua dan ketiga itu menuliskan caption berbau sindiran bagi pesaing yang selama ini dikenal memasang tarif mahal dibanding para kompetitor. Siapa lagi kalau bukan Telkomsel.

Dalam akun @IM3OoredooJBTK, Indosat Ooredoo tidak hanya menanyakan keramaian yang sedang terjadi, namun juga sekalian mempromosikan layanannya yang tidak mahal tapi bisa memberikan banyak kuota kepada pelanggan.

Sementara itu postingan tak kalah heboh juga diunggah oleh XL Axiata. Operator yang baru-baru ini melakukan trial 5G outdoor pertama, malah menyampaikan pesan khusus bagi para pelanggan Telkomsel yang berjumlah 170 juta berisi kata-kata fenomenal ‘sabar ini ujian’.

Seperti Indosat Ooredoo, XL Axiata juga menyempilkan promosi layanan yang menyebut memberikan tarif bersahabat dan akses YouTube tanpa kuota setiap saat.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest