Teknologi Keamanan Pemindai Wajah Milik Galaxy S8 dan S8 Plus, Mudah Dibobol?

Galaxy-S8-Main-Press-Release_main_0_FJakarta, Selular.ID – Samsung akhir secara resmi merilis Galaxy S8 dan S8 Plus. Dengan berbagai teknologi serta fitur canggih yang diusung, Galaxy S8 dan S8 Plus tentu diharapkan Samsung sebagai penebus tragedi Galaxy Note 7.

Salah satu menu yang jadi andalan duo Galaxy S8 tersebut, adalah fasilitas keamanan berbekal teknologi face recognition. Yup, ketika banyak vendor masih menggunakan pemindai sidik jari, sebagai fasilitas keamanan, di Galaxy S8 konsumen bisa membuka atau mengunci smartphone memakai wajah pemiliknya.

Sayang, meski menu baru itu terbilang canggih, ternyata fasilitas keamanan berbasis pemindai wajah, bisa dibobol dengan mudah.

Dilansir laman GSM Arena, saat ini berbedar sebuah video yang memperlihatkan, begitu mudahnya teknologi pemindai wajah milik Galaxy S8 dan S8 Plus dikelabui.

Dalam video yang sudah tersebar luas di internet termasuk YouTube, sang pelaku trik beberapa kali menaruh foto pemilik smartphone di depan alat pemindai wajah Samsung Galaxy S8. Tujuannya untuk membuka kunci layar yang dipasang berdasarkan fitur face recognition.

Smartphone yang terkunci itu tak langsung terbuka. Tetapi setelah lebih dari sekali percobaan, akhirnya foto yang ditaruh di depan peminda wajah tersebut bisa dipakai membuka smartphone.

Sumber yang sama menyebutkan, foto yang digunakan tentu saja harus memiliki resolusi tinggi agar bisa dipindai dengan jelas.

Satu hal yang perlu diperhatikan. Fitur yang berhasil dikelabui dalam video tersebut adalah face recognition, yakni kunci yang memanfaatkan kamera depan sebagai alat pemindai wajah pengguna.

Samsung sendiri membekali Galaxy S8 dan S8 Plus dengan fitur pengunci lain yang jauh lebih aman, yakni pemindai iris dan pemindai sidik jari.

Untuk lebih detail, bagaimana cara mengelabui fasilitas face recognition milik Galaxy S8 dan S8 Plus. Simak videonya di bawah ini.

https://youtu.be/uS1NmvJvHNk