Beranda Devices Siemens Tawarkan Produk Untuk 'Smart Factory'

Siemens Tawarkan Produk Untuk ‘Smart Factory’

-

simatic iot2040

Jakarta, Selular.ID – Industri global memasuki era baru yang dikenal sebagai industri 4.0 yang corak utamanya adalah digitalisasi manufaktur yang didorong oleh kemajuan teknologi seperti analisis big data, cloud computing, dan koneksi intensif antara manusia dan mesin. Tren terkini dan pertukaran data ini bermuara pada terciptanya ‘smart factory’

Untuk mendukung dunia industri memasuki era digital ini, Siemens Indonesia mengeluarkan produk otomasi terbarunya SIMATIC IOT2040 yang berfungsi untuk pengumpulan, konversi, dan pengiriman data di lingkungan pabrik.

Dengan kualitas SIMATIC terbaru tersebut, otomasi pabrik dan teknologi informasi akan lebih efisien. SIMATIC IOT2040 diharapkan dapat menjadi solusi industri untuk meningkatkan interkoneksi dan komunikasi data di area kerja.

Efraim Mayer, Sales Specialist Factory Automation PT Siemens Indonesia, menyampaikan saat ini dunia industri masih dihadapkan pada tantangan bagaimana menghubungkan data, mengirimkan data, memantau data, serta menganalisis data. Untuk itu, Siemens mencoba menciptakan intelligent gateway untuk mempermudah proses tersebut.

“Alat ini menjadi jembatan atau gateway pengumpulan data dari sistem level otomasi ke level IT atau management level. Perannya sebagai penghubung bisa digunakan untuk komunikasi dua arah, sekaligus mengirimkan data yang sudah dianalisis dari computing cloud ke bagian kendali produksi,” katanya.

Mayer menjelaskan, ada beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan, yang pertama adalah komunikasi antara level otomasi ke level IT-ny. Lalu yang kedua, pengguna bisa prediktif maintenance-nya ketika ada beberapa bagian mesin yang harus diganti. Dan yang ketiga, optimasi untuk laporan atau reporting ke manajemen level bila ada suatu permasalahan atau hasil produksi sehingga pelaku bisnis bisa langsung akuisisi datanya dari level machine ke level manajemen.

“Dengan inovasi ini, kami membantu industri untuk bisa lebih efisien dalam setiap aktivitas produksinya,” tuturnya. “SIMATIC IOT2040 ini cukup standar, jadi komunikasinya standar dan cara pemrogramannya pun standar. Bisa menggunakan Java program atau Cplusplus (C++) juga bisa.”

Artikel Terbaru