Ini Smartphone Pertama Dengan Built-in Kamera 360 Derajat

protruly darling

Jakarta, Selular.ID – Setiap tahun, total ada satu ton unit ponsel yang muncul dengan fitur dan desain hampir sama satu sama lainnya. Masih sedikit yang menonjolkan perbedaan signifikan. Namun kini ada smartphone yang menjawan tantangan tersebut. Yaitu smartphone dengan built in kamera 360 derajat. Seperti apa ?

Tampil beda di pasar, produsen ponsel eksklusif Protruly merilis sebuah smartphone yang menonjolkan gaya unik namun juga sekaligus mewah. Protruly menghiasi smartphone Darling dengan berlian. Material ponsel ini menggunakan kulit asli dan dikelilingi strip emas terbuat dari 3,08 gram emas murni, yang juga tertanam empat berlian di bagian belakangnya.

Bila tak menyukai desain ala kaum parlente ini, Protruly juga menyediakan versi standar. Bedanya, lapisan luar kamera hanya mengenakan bahan plastik.

Bicara gaya unik, Darling tampaknya menjadi smartphone pertama dengan kamera 360 derajat built-in, yang memungkinkan untuk mengambil foto dan merekam video dalam semua arah sekaligus. Jelas terlihat punuk atau tonjolan kamera besar pada kedua sisi tubuhnya, baik di depan maupun belakang.

Foto dan video 360 derajat memang semakin populer. Setelah menjepret objek, pengguna akan bisa langsung meng-upload file mereka ke situs jejaring sosial yang telah mendukung rekaman 360 derajat, seperti YouTube dan Facebook.

Spesifikasi utama Protruly Darling antara layar 5,5 inci 1080p, chipset MediaTek, RAM 4GB, memori internal 64GB, kamera 13MP fisheye di kedua sisi, dan baterai 3,560mAh. Ponsel memiliki port USB-C dan beroperasi menggunakan Android Marshmallow. Tak luput, ada juga sensor sidik jari (fingerprint) di bagian belakang.

Seperti disebutkan di atas, ada dua versi Darling yang dibedakan berdasarkan penggunaan materialnya, yaitu model standar dan model glitzier. China Daily menyebut masing-masing harga untuk versi standar dan glitzier adalah USD 600 (sekitar Rp 7,8 jutaan) dan USD 1300 (sekitar Rp 16,9 jutaan). Keduanya hanya akan dijual di pasar Tiongkok.