Wednesday, June 19, 2019
Home News Telco Indosat Ooredoo Sokong Teknologi Digital Di Industri Perbankan

Indosat Ooredoo Sokong Teknologi Digital Di Industri Perbankan

-

indosat

Jakarta, Selular.ID – Mobilitas, konektivitas dan data internet menjadi faktor yang mendorong perubahan cara masyarakat dalam bekerja dan bertransaksi. Pertumbuhan kepemilikan ponsel yang pesat dibandingkan akun bank dapat mendorong kemampuan perangkat mobile di ranah perbankan.

Namun, alih-alih berkompetisi, layanan finansial dan telekomunikasi justru bekerja sama dalam mengkaji strategi, kekuatan, dan teknologi yang dapat dimanfaatkannya untuk mempromosikan layanan digital kepada pelanggan mereka. Seperti ikatan yang baru saja dijalin antara Indosat Ooredoo dengan Permata Bank, yang bertujuan untuk mengoptimalkan teknologi jaringan B2B dan jaringan distribusi.

“Industry is changing, digital era and digital economy is happening now. Tantangan bisnis dalam era digital saat ini adalah bagaimana membawa semua manfaat digital bagi pelanggan dan masyarakat. Dengan kerjasama ini, Kami harap dapat menghadirkan manfaat digital bagi pelanggan kedua perusahaan melalui berbagai inisiatif corporate solution dan layanan digital keuangan,” kata Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo, saat penandatanganan MoU kemitraan strategi dengan Permata Bank, di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Disinggung soal kompetisi antara pelaku telekomunikasi dengan layanan perbankan dalam menghadirkan layanan finansial berbasis digital, Alex mengaku tidak melihat persaingan dalam hal tersebut. Menurutnya, ranah telekomunikasi memiliki keunggulan dalam hal data pelanggan. Apalagi, saat ini Indosat Ooredoo memiliki basis lebih dari 80 juta pelanggan.

“Kita tidak melihat ini sebagai saingan. Kami sebagai provider, we try to provide infrastructure untuk siapa pun. Semakin agresif partner tentu kita semakin senang,” katanya.

Nada yang sama diungkap pula oleh Ridha DM Wirakusumah, Direktur Utama Permata Bank. Ia menuturkan bahwa kerjasama ini mengandalkan sisi kekuatan dari dua perusahaan untuk saling melengkapi.

“Tidak ada persaingan kompetisi sama sekali, malah saling melengkapi. Berdasarkan masing-masing kekuatan kami, Permata Bank mendukung dari payment system dan Indosat Ooredoo dari sisi teknologi dan telekomunikasi ingin membantu supaya bangsa ini bisa jauh lebih maju lagi,” timpalnya di kesempatan acara yang sama.

Solusi B2B yang dijajaki meliputi layanan social media analytic (digital engagement center), layanan mobile solution, program promosi bersama untuk promosi dan layanan produk perbankan. Di samping itu, kedua institusi juga akan menjajaki penguatan layanan keuangan dengan berbasis digital yang dimiliki oleh Indosat Ooredoo, salah satunya Dompetku.

Latest