Monday, January 27, 2020
Home News Di ajang MWC 2017, Layanan Berbasis 5G Mulai Menemukan Bentuknya

Di ajang MWC 2017, Layanan Berbasis 5G Mulai Menemukan Bentuknya

Laporan dari Barcelona

-

Barcelona, Selular.ID –  Seperti sudah diprediksi, di ajang MWC 2017 teknologi internet super cepat 5G  menjadi jualan utama para vendor jaringan. Baik Ericsson, Nokia Network, Huawei dan ZTE, sama-sama menampilkan teknologi ini dalam bentuk riil yang sudah siap diimplementasikan.

Dengan kecepatan di atas 25,4 Gbps dan latency  yang rendah, 5G menawarkan lompatan yang jauh berbeda. Hal ini memungkinkan tumbuhnya layanan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya, sekaligus mengakselerasi layanan sebelumnya menjadi lebih produktif dan efisien.

Salah satu layanan yang dipastikan akan semakin berkembang di era 5G adalah konten video. Pengguna dapat  menikmati konten video standar 8K tanpa terputus, VR (virtual realty) dan AR (augmented realty) jauh lebih impresif dari yang pernah disangksikan sebelumnya.

Selular menjajal langsung salah satu game VR yang disajikan di booth Huawei, yakni pertempuran melawan Zombie seorang diri. Hanya berbekal pistol, kita harus harus jeli menembak zombie yang datang dari segala arah bak air bah. Game ini terasa riil karena tampilan gambar yang sempurna dan seting permainan yang menegangkan.

Sementara saat bertandang ke booth Ericsson, Selular disuguhkan ekshibisi layanan berbasis 5G yang tak kalah keren. Yakni, mengendarai mobil secara jarak jauh. Tak tanggung-tanggung jaraknya mencapai 50 km dari lokasi di gelarnya MWC.

Memang kecepatan yang ditawarkan baru 20 km/jam. Namun sensasinya terasa luar biasa, karena ini bukan lah game. Seperti mengendarai mobil betulan, mata dan kaki sepenuhnya fokus pada layar berukuran kurang dari 1 meter sebagai dashboard.

Latest