Monday, January 27, 2020
Home News Jasa Kirim Antar Dengan Drone Kini Bukan Lagi Impian

Jasa Kirim Antar Dengan Drone Kini Bukan Lagi Impian

Laporan dari Barcelona

-

Barcelona, Selular.ID – Hiruk pikuk teknologi 5G Mulai terasa di industri ICT global saat ini. Dalam gelaran MWC 2017, sejumlah operator papan atas memamerkan implementasi teknologi internet super cepat itu ke berbagai bentuk layanan inovatif yang mendorong pengguna, baik individu maupun perusahaan lebih produktif sekaligus efisien.

Tengok saja terobosan yang dilakukan NTT DoCoMo. Operator terbesar di Jepang itu, mulai menawarkan jasa pesan antar dengan menggunakan drone.

Jasa kiriman dengan pesawat tanpa awak ini, menjadikan penduduk di Pulau Nakano- shi sebagai pilot project. Dipisahkan oleh selat Honzu, pengiriman barang ke pulau itu dari pelabuhan terdekat yakni Oddo Park di kota Fokuoka, dengan cara konvensional yakni menggunakan speed boat memakan waktu rata rata 6 jam.

Namun pemakaian drone memangkas waktu kirim secara signifikan. Cukup 45 menit barang yang dipesan sudah bisa diterima. Tentu saja, barang yang dipesan bersifat portable dengan berat tertentu. 

Tak seperti kiriman konvensional yang bisa tiba di depan rumah, dengan drone pemesan harus siap berada di satu tempat terbuka, sehingga drone dapat mendarat mulus dan barang diterima secara utuh.

Penggunaan drone sebagai medium pengantaran dirasa sangat cocok dengan kondisi demografis Jepang yang terdiri dari banyak pulau. 

Problemnya tentu lebih kepada cuaca yang kerap berubah-ubah. Namun sebagai inovasi, penggunaan drone oleh NTT DoCoMo itu, tentu merupakan kabar yang sangat baik. 

Cocok juga diterapkan di Indonesia yang  pulaunya jauh lebih banyak dibandingkan Jepang. Kira-kira kapan ya layanan seperti itu hadir di sini?

Latest