BerandaNewsE-CommerceAlfacart Gandeng Unilever Perkuat Layanan Groceries

Alfacart Gandeng Unilever Perkuat Layanan Groceries

-

alfacart

Jakarta, Selular.ID – Retailer online masa kini bukan lagi sebatas menjual produk fashion atau gadget, tapi sudah merambah hingga ke grocery alias kebutuhan sehari-hari. Trend pembelanja sekarang ini sudah mulai merambah e-commerce sebagai salah satu pilihan tempat mereka untuk berbelanja rutin. Melihat data penjualan Alfacart.com sampai Desember 2016, kategori groceries menyumbang kontribusi penjualan terbesar yaitu 62,7 persen.

Langkah Alfacart.com sudah benar ketika masuk dengan fokus di groceries, karena masih ada potensi besar di kategori ini. Menurut data Kantar Worldpanel – sebuah perusahaan riset pasar, secara global penjualan online produk groceries bertumbuh sebesar 15 persen sampai dengan akhir tahun dan nilai pasar 4.4 persen. Walau di Indonesia, negara dengan pertumbuhan FMCG 4,8 persen mengalahkan Asia yang sebesar 3 persen, penjualan onlinenya masih dibawah 1 persen, tidak sebesar negara lain yang pertumbuhan FMCGnya lebih rendah dari Indonesia.

Mengapa demikian? Pertumbuhan ecommerce di Indonesia masih berkembang, belum sedewasa negara lain yang sudah siap secara infrastruktur dan masyarakatnya. Namun tetap Indonesia memiliki potensi sebagai negara e-commerce tertinggi di Asia dengan perkembangan ecommerce tercepat di dunia yaitu sekitar 38 persen.

Melanjutkan strategi bisnis di tahun ini, anak perusahaan dari Alfamart Group itu akan semakin fokus di kategori ini dengan salah satu strateginya menggandeng Unilever sebagai strategic partner. Sekarang Unilever sudah resmi membuka Official Store-nya di Alfacart.com dengan dua program utama, yaitu Unilever Day dan Unilever Subscriber. Dengan kerjasama ini, Alfacart ingin memperbesar kategori groceries dengan produk-produk terbaik.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Executive Officer Alfacart.com mengatakan, dalam usia perusahaan yang baru 10 bulan, Alfacart.com sudah dipercaya menjadi salah satu e-commerce yang dipilih untuk berbelanja online.

“Walau bisa dibilang kami pemain paling muda dibanding yang lain sudah 4-5 tahun lebih dulu, langkah kami saat masuk sudah benar. Alfacart.com hadir sebagai e-commerce yang sudah di-Indonesia- kan dengan layanan online to offline (O2O)-nya. Didukung pula dengan kepercayaan masyarakat Indonesia yang sudah terbentuk kepada group kami, Alfa Group, terutama sebagai penyedia produk kebutuhan sehari-hari,” ujar Catherine.

Dari data Alfacart.com untuk belanja produk kategori groceries setiap bulannya, rata-rata sebesar 81,8 persen konsumen berbelanja produk yang sama dengan jumlah yang sama pula. Yang berbeda hanya kebutuhan tambahan lainnya seperti gadget, elektronik, fashion atau lifestyle.

Data tersebut yang menjadi dasar dari program Unilever Subscriber yaitu paket belanja bulanan hemat. Ada 2 paket pilihan: paket berlangganan 6 bulan dan paket berlangganan 12 bulan.

Selain memudahkan karena tidak harus mengulang membuat list pesanan yang sama setiap bulannya, paket belanja bulanan ini juga tentunya lebih hemat.

Artikel Terbaru