Wednesday, November 13, 2019
Home News Ini 10 Kata yang Sering Digunakan di Profil Pengguna LinkedIn

Ini 10 Kata yang Sering Digunakan di Profil Pengguna LinkedIn

-

Ilustrasi akses social media LinkedIn
Ilustrasi akses social media LinkedIn

Jakarta, Selular.ID – Jejaring sosial untuk kalangan profesional, LinkedIn mengungkap 10 kata yang terlalu sering dituliskan atau biasa disebut “buzzwords” oleh profesional Indonesia di LinkedIn pada tahun 2016.

Selama 6 tahun berjalan, LinkedIn menyebut bahwa pihaknya secara rutin menyusun dan menganalisis 10 kata atau “frase” yang paling sering digunakan oleh profesional di LinkedIn selama 12 bulan terakhir.

Data terbaru menunjukkan bahwa mayoritas profesional di Indonesia mencoba untuk menunjukkan keistimewaan mereka dengan menuliskan keahlian yang spesifik dan kepemimpinan. “Specialized” dan “Leadership” merupakan dua kata teratas pada daftar buzzwords pada 2016. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kata “Creative” dan “Motivated” menduduki peringkat 2 teratas.

Berikut adalah 10 kata yang paling sering dituliskan (buzzwords) oleh profesional Indonesia selama tahun 2016 :

  1. Specialized
    2. Leadership
    3. Passionate
    4. Experienced
    5. Responsible
    6. Strategic
    7. Creative
    8. Expert
    9. Focused
    10. Certified

Terkait hal ini, Roger Pua, Senior Director, Corporate Communications for Asia Pacific, LinkedIn mengatakan bahwa memiliki personal brand online yang kuat adalah kunci untuk membuka berbagai peluang di masa depan, terlebih lagi di awal tahun ketika banyak yang ingin mendapatkan pekerjaan baru hingga kesempatan untuk melakukan kegiatan sosial yang bermakna.

“Karena itu, penting bagi seseorang untuk terlihat menonjol dan istimewa dibanding yang lain tanpa terlihat terlalu membesarkan ataupun merendahkan diri,” lanjutnya.

Roger menilai bahwa memperbarui profil LinkedIn dengan menambahkan berbagai prestasi dan kemampuan baru yang didapat, merupakan tindakan yang bermanfaat dan membuat Anda menonjol.

“Namun, jangan terjebak dengan kata-kata. Meskipun kata-kata yang umum dapat memudahkan Anda, namun kenyataannya hal tersebut tidaklah efektif untuk merefleksikan keistimewaan Anda sebagai profesional, terlebih ketika semua orang menuliskan kata yang sama,” kata Roger.

Sejurus dengan itu, Arbania Fitriani, Director StellarHR Indonesia, sebuah perusahaan di bidang konsultan Human Resources Management di Indonesia menyatakan personal branding yang dapat menjelaskan kelebihan dan keistimewaannya, membantu para personel HR untuk memahami tentang bagaimana seorang profesional kapabel untuk mengisi suatu posisi pekerjaan.

Personal branding membedakan seorang talenta yang luar biasa, dengan jutaan profesional lainnya. Terlebih lagi, kami selalu tertarik mempelajari lebih lanjut tentang kontribusi mereka di dalam pekerjaannya,” tutup Arbania.

Latest