spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview Huawei P9 : Dual Camera Dari Leica

Review Huawei P9 : Dual Camera Dari Leica

-

Huawei P9 4 (1)Jakarta, Selular.ID – Di penghujung tahun 2016, Huawei memperkenalkan smartphone inovatif terbaru, Huawei P9 Dual Lens. Smartphone premium ini merupakan hasil kolaborasi revolusioner dengan Leica, nama besar di dunia imaging. Smartphone menuai pujian dari para kritikus dan analis teknologi untuk fitur kamera yang sempurna dan spesifikasi yang luar biasa. Huawei P9 telah meraih penghargaan baik di kancah nasional maupun internasional, termasuk Editor’s Choice untuk kategori “Best Camera Phone” dari Selular.

Kelebihan:
– Kamera mumpuni
– Desain Premuim
– Koneksi 4G LTE
– Fingerprint Scanner

Kekurangan:
– Charger Type-C Jarang digunakan di smartphone standart

Desain

Duduk di kasta tertinggi smartphone besutan Huawei, P9 mengusung desain kokoh dan kompak. Lapisan luar serupa dengan “adiknya” Huawei P9 Lite, yang telah lebih dulu mendarat di pasar nasional akhir September 2016. Namun ada perbedaan penting, yakni teknologi kamera ganda yang menjadi ciri khasnya.

Sisi depan Huawei P9 mengusung rancangan bebas tombol fisik dengan virtual button untuk keperluan navigasi yang disematkan dalam tampilan antarmuka OS. Letak ketiga tombol “back”, “home”, dan “multitasking” ini persis di atas logo “Huawei” di bagian dagu perangkat. Keseluruhan sisi depan dilapis kaca sehingga tampak mengilap, menutupi panel layar yang berdiagonal 5,2 inci dengan bezel tepi super tipis, dengan rasio layar-ke-bodi 72,9%.

DSC_Huawei P9 .2

Layar tersebut merupakan tipe IPS-NEO LCD dengan resolusi full-HD (1.920 x 1.080) dengan densitas 423ppi, yang dilindungi proteksi Corning Gorilla Glass. Dengan tampilan 16 juta warna, kualitas tampilannya mumpuni, dengan warna-warna cemerlang dan kontras tinggi meskipun bukan dari jenis OLED.Screenshot_2017-01-13-06-30-29Menengok bagian belakang, barulah mulai tampak perbedaan yang kentara. Baik P9 maupun P9 Lite memiliki garis hitam di sisi atas punggung yang memuat modul kamera. Tapi, kalau di P9 Lite hanya tampak satu buah kamera 13 megapiksel dengan LED flash, maka di versi original P9 dibekali teknologi kamera ganda melalui kerja sama dengan Leica, sang pabrikan kamera ternama asal Jerman.

Huawei P9 3

Laci kartu SIM terbuat dari bahan logam sehingga kokoh. Terdapat dua slot kartu. Slot pertama menampung kartu SIM format nano sementara slot kedua merangkap sebagai tempat untuk kartu micro-SD sehingga pengguna hanya bisa memilih antara menggunakan SIM card kedua (ukuran mikro) atau micro-SD.

Punggung P9 terbuat dari aluminium aerospace-class dengan tekstur kesat sehingga tidak terasa licin saat berada dalam genggaman. Di tengahnya terdapat pemindai sidik jari berbentuk persegi. Frame pinggiran Huawei P9 terbuat dari bahan logam sehingga memberikan kesan premium layaknya ponsel flagship.

Overall, Huawei P9 memiliki build quality yang sangat baik. Jenis material yang digunakan dan desainnya memberikan kesan mewah. Bodinya sendiri terasa padat dan kokoh ketika digenggam.

 

 

Sistem Operasi

Huawei P9 menjalankan Android 6.0 Marshmallow yang dilapis antarmuka EMUI ala Huawei versi 4.1. Tampilannya cenderung sederhana, tanpa app drawer sebagai penampung aplikasi. Sebaliknya, aneka icon dan widget ditempatkan langsung di layar home screen sehingga bisa langsung dimanipulasi atau dihapus. Secara default, P9 datang dengan sejumlah aplikasi bawaan, seperti software kesehatan untuk memonitor aktivitas.

Baca juga :  Adu Kamera: Oppo Find X3 Pro 5G vs. Galaxy S21 Plus

Screenshot_2017-01-13-06-31-05

Satu hal yang menarik dari P9 adalah pemindai sidik jarinya yang bukan hanya berguna untuk mengunci layar saja, tapi juga melakukan beberapa tugas lain. Fungsinya dalam hal ini mirip dengan touchpad. Pengguna bisa menyapukan jari dari sisi atas pemindai sidik jari ke bawah untuk memunculkan window notifikasi pada layar. Bisa juga untuk mengambil selfie dan menggulir gambar di gallery.

 

Prosesor

Dapur pacu P9 diperkuat prosesor octa-core Kirin 955 buatan HiSilicon, dengan 4 core Cortex-A72 2.5GHz, 4 core Cortex-A53 1.8GHz, dan GPUMali T880MP4. Berbekal chip ini, P9 mendukung koneksi 4G LTE Cat.6 dengan kecepatan download hingga 300 Mbps.

Baca juga :  Rumor: Huawei Bakal Hadirkan Laptop Anyar yang Didukung Aplikasi Android

Screenshot_2017-01-13-06-31-13

Kinerjanya kurang lebih setara dengan Qualcomm Snapdragon 820 yang sama-sama duduk di papan atas, sangat lancar untuk penggunaan sehari-hari seperti bermedia sosial, browsing, atau pun penggunaan kelas berat seperti mobile office dan bermain game.

Screenshot_2017-01-13-07-21-25

Chip tersebut dipadukan dengan RAM 3GB yang memberikan ruang lebih dari cukup untuk multitasking. Memori internal super lega 32GB, dengan opsi tambahan ruang penyimpanan melalui micro-SD hingga 128GB. Baterai P9 berkapasitas 3.000 mAh dan kuat untuk menyalakan perangkat selama seharian beraktivitas.

 

Kamera

Teknologi kamera menjadi nilai jual utama Huawei P9. Di bagian belakang, terdapat dua unit sensor 12MP yang saling bekerjasama menangkap gambar secara detil dalam waktu sekejap. Ketika diperbesar (zoom), hasil jepretan foto masih sangat baik. Huawei memang bukan vendor pertama yang memiliki smartphone dual kamera, iPhone 7 Plus dan LG G5 sudah mengusungnya lebih dulu. Tapi implementasi ketiganya sangat berbeda. Huawei P9 punya satu unit sensor RGB 12M untuk menangkap warna, sementara sensor satunya lagi juga berresolusi 12MP namun sensor monokrom (hitam-putih) guna mampu menangkap detail gambar dengan kualitas lebih bagus. Lalu software kamera dalam smartphone akan memastikan hasil foto terbaik.

Screenshot_2017-01-13-06-31-50

Berkat sistem autofocus yang bertumpu pada teknologi laser autofocus, pemotretan saat cahaya berlimpah, kamera P9 dengan aperture f/2.2 sanggup menangkap gambar berkualitas dengan saturasi warna dan kontras yang tinggi. Ketika berada di situasi low-light, fitur dual-LED flash mampu membantu pemotretan di tempat gelap, sehingga hasil jepretan P9 masih sangat baik.

Screenshot_2017-01-13-06-32-22

Bahkan ketika tingkat cahaya sangat rendah, tangkapan gambar P9 terlihat masih cukup baik. Kamera kamera P9 sudah dilengkapi Optical Image Stabilizer sehingga pengguna bisa mengambil gambar dalam situasi low-light tanpa tampak kabur karena goyangan. Kamera depan P9 yang memiliki resolusi 8 megapiksel berkualitas cukup baik dengan setting default sudah membuahkan hasil yang memuaskan.

 

USB Type-C

Berbeda dengan versi Lite yang menyajikan port micro-USB tipe lama, Huawei memilih untuk menyematkan USB type-C di P9, serupa dengan flagship dari merek ternama lain seperti Samsung atau iPhone.

Serta, ponsel sudah mendukung penggunaan USB OTG untuk menancapkan dan membaca-tulis media penyimpanan langsung lewat konektor micro-USB. Port USB type-C yang terletak di sisi bawah yang diapit oleh grill speaker dan colokan jack audio 3,5 mm.

Spesifikasi lengkap klik di sini

Value for money

 

 

 

spot_img

Artikel Terbaru