Friday, July 19, 2019
Home News Pemerintah Nyatakan Dukungan Bangun Ekosistem Digital

Pemerintah Nyatakan Dukungan Bangun Ekosistem Digital

-

IMG_20170126_100728Jakarta, Selular.ID – Salah satu upaya meningkatkan kualitas hidup warga yang tinggal di kota tertentu paling mudah dengan cara mengintegrasikan teknologi. Kerjasama pemerintah dan swasta diharapkan mampu membentuk ekosistem digital di masyarakat.

Kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta, terutama operator telekomunikasi, yang rajin dibangun belakangan ini dinilai jadi contoh yang baik sebagai upaya mewujudkan ekosistem digital masyarakat yang mapan. Niat baik dari berbagai pihak itu disebutkan bakalan bisa membantu terbentuknya ekosistem digital di Indonesia.

“Pemerintah mendukung mobile operator untuk melakukan monetisasi dengan tujuan membangun ekosistem digital yang baik. Sebagai regulator, pemerintah juga bertanggung jawab membangun ekosistem di rural area,” ujar Prof Ahmad Ramli, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos & Informatika Kementerian Kominfo, saat memberikan keynote speech di Pembukaan Global Mobile App Summit and Award (GMASA) 2017, di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Dalam acara yang pertama kali hadir di Indonesia ini, Ahmad Ramli berharap para pelaku industri yang terlibat dapat membahas formula network sharing untuk membangun ekosistem digital yang lebih baik. Tak hanya mempermudah kehidupan tapi juga bisa melindungi user dan konsumen dari aksi kejahatan siber.

“Salah satu concern kita adalah terhindar dari pelanggaran hukum dan hak cipta. Di internet, pelanggaran hak cipta bisa dikriminalisasi,” katanya. Karena bila dibiarkan, bisa berpotensi merugikan pihak terkait.

Di samping itu, Ia menjelaskan bahwa perkembangan bisnis digital seperti yang dilakukan saat ini telah menjadi bagian pertumbuhan ekonomi. Semua pekerjaan yang berkaitan dengan internet dikatakan bisa menghasilkan uang. “Saya mempunyai teman, anaknya membuat review game dan upload di YouTube. Dengan 2 review game setiap hari, Ia bisa mendapat penghasilan Rp 70 juta sebulan,” terangnya.

Latest