SHARE

samsung galaxy s7 edge huawei p9Jakarta, Selular.ID – Smartphone berkategori high end atu premium selalu hadir dengan nilai jual yang cukup menguras kantong. Rata-rata smatrphone jenis ini dilego pada kisaran Rp 5 jutaan ke atas. Di antara beberapa smartphone berharga mahal ini, siapa yang menjadi smartphone terbaik ?

Meski berharga ‘selangit’ , bukan berarti peminat smartphone premium di Indonesia sedikit. Besarnya minat konsumen di Indonesia terhadap produk premium, bisa dilihat konsistensi para vendor dalam merilis produk dengan harga jual di atas rata-rata tersebut. Saat ini hampir semua vendor papan atas yang mengadu nasib di Indonesia, memiliki line up di kategori premium atau biasa juga sebut tipe flagship.

Selain mengejar penjualan, smartphone high end yang diluncurkan vendor ponsel juga dijadikan pembuktian akan kemampuan mereka dalam mengeluarkan produk yang berkualitas dan berfitur tinggi. Atau biasa disebut sebagai produk flagship.

Dengan nilai jual yang tinggi, konsumen yang membeli ponsel premium akan mendapat sebuah paket lengkap. Mengapa paket lengkat, karena konsumen tidak hanya mendapatkan smartphone berspesifikasi tinggi, tapi mereka juga mendapat produk canggih dengan tampilan yang mewah dan berkelas.

Nah berikut beberapa smartphone kelas high end yang diluncurkan selama tahun 2016 :

Samsung Galaxy A5 (2016) : Rp5.299.000
Samsung Galaxy A7 (2016) : Rp 6.499.000
Samsung Galaxy S7 : Rp 8.999.000
Samsung Galaxy S7 Edge : Rp10.999.000
Oppo F1 Plus : Rp5.500.000
LG G5 SE : Rp8.000.000
Asus Zenfone 3 ZE552KL : Rp5.099.000
Luna : Rp5.449.000
Samsung Galaxy Tab A (2016) : Rp 5.200.000
LG V20 : Rp 9.499.000

Dari sederet smartpone tersebut, berikut ini beberapa smartpohne pilihan yang hadir di awal hingga pertengahan tahun 2016 :

Samsung Galaxy S7 Edge
Galaxy S7 Edge dijajakan dengan harga fantastis, Rp10,5 juta. Berbeda dengan versi global, varian S7 Edge yang mendarat di tanah air bukan diperkuat Snapdragon 820 besutan Qualcomm, melainkan prosesor bawaan Samsung sendiri, Exynos 8890. Sudah mengantongi sertifikasi rating IP68, S7 Edge memiliki kemampuan untuk tahan air.

Dengan kombinasi processor Octa Core dan performa GPU yang lebih kuat serta RAM 4GB, opsi memori internal 32GB dan 64GB, serta tersedia slot kartu microSD hingga 200GB. Menggunakan panel layar 5,5 inci jenis Super AMOLED display, S7 Edge berjalan pada Android 6.0 Marshmallow dan tetap dilapisi dengan interface TouchWiz UI. Sudah dibekali dengan sensor 12MP, dengan lensa f / 1.7 aperture dan teknologi Dual Pixel, baterai masing-masing 3.000 mAh.

Samsung Galaxy S7
Dibanderol Rp 9 juta, Samsung Galaxy S7 memiliki spesifikasi hampir identik dengan S7 Edge. Perbedaan utama hanya terdapat pada ukuran dan bentuk layar. Kalau Edge memiliki layar 5,5 inci melengkung, S7 memiliki bentang layar 5,1 inci. Masih dibekali RAM 4GB dan kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.7 yang lebih mumpuni mengambil gambar saat minim cahaya. Yang menarik dari duo Galaxy S7 adalah kembalinya slot MicroSD untuk tambahan kapasitas penyimpanan data dan fitur anti-air.

Sudah dibekalli dengan kemampuan isi ulang super cepat dengan kabel ataupun Wireless Fast Charging (WPC dan PMA Standart). Fitur lain yang termasuk didalamnya, tersedia Dual-band Wi-Fi ac, MIMO, v.4.2 Bluetooth, ANT + dan dukungan untuk NFC dan MST dan Samsung Pay serta tidak ketinggalan, Samsung juga menyediakan USB 2.0.

LG G5 SE
Sangat disayangkan, vendor Korea Selatan LG “hanya” membawa seri G5 SE ke pasar Indonesia. Sudah bisa dibeli pada awal Juni 2016, G5 SE dibanderol Rp8 juta. Berbeda dengan model flagship, varian SE membawa RAM lebih sempit dengan prosesor lebih rendah. Ponsel menggunakan Qualcomm Snapdragon 652 dengan 3GB RAM. Penyimpanan internal 32GB dengan opsi ekspansi 200GB melalui microSD.

Vendor tetap mempertahankan desain modular serta kompatibilitas untuk terhubung dengan hampir seluruh koleksi LG Friends. LG G5SE juga mengusung desain unibodi dengan material alumunium khusus dengan terapan 3D Arc Glass pada layar 5.3inch Quad HD IPS Quantum display. Sama seperti LG G5, smartphone ini pun memiliki tiga kamera. Satu kamera di bagian depan untuk kepentingan selfie dan Dual Camera pada bagian belakang tubuhnya.

Melengkapi seluruh kemampuannya ini, perangkat menawarkan fitur USB Type-C, slot mi-croSD dan sensor sidik jari yang cepat serta akurat di bagian belakang, juga mengadopsi teknologi Dolby Audio. Sudah mengadopsi antar muka LG UX 5.0, membuatnya memiliki berbagai fitur menyenangkan seperti Pop-out Picture, Zoom In & Out, 360 Wallpaper dan File Manager.

Oppo F1 Plus
Melenggang di Indonesia pertengahan April dengan harga Rp5,5 juta, Oppo F1 Plus cukup diminati konsumen. Pasalnya, vendor mengakomodir pengguna smartphone yang gemar fotografi, terutama selfie. Kamera depan F1 Plus mengusung kualitas lebih baik dari pada kamera belakang. Wajar bila vendor menamakannya “Selfie expert”.

Dalam lembar spesifikasi, F1 Plus menyuguhkan bentang layar 5.5-inch FHD display, SoC Helio P10 2GHz besutan MediaTek, 4GB RAM, 64GB storage, kamera belakang 13MP, kamera depan 16MP, dan kapasitas bateri 2850mAh. Pada Juni 2016, vendor mengkonfirmasi kehadiran edisi khusus smartphone F1 Plus dalam balutan nuansa Barcelona, termasuk untuk pasar Indonesia.

Samsung Galaxy A5 (2016)
Akhir Januari, Samsung Indonesia secara resmi memperkenalkan tiga seri smartphone sekaligus, salah satunya A5 (2016) seharga Rp5,3 juta. Meski menyasar kalangan anak muda urban, sejumlah fitur A5 tak kalah dengan seri smartphone premium. Mulai dari sokongan Enynos 7580 prosesor octa-core 1.6Ghz dipadu grafis Adreno 405. Sudah mendukung koneksi LTE Cat.6, panel Super AMOLED dengan bentang layar 5,2 inci Full HD, RAM 2GB, internal storage 16GB, dengan slot microSD up to 256GB, serta Android OS 5.1 Lollipop.

Desain material metal dan glass serta bezel yang lebih tipis dari seri terdahulunya, membuatnya tampil elegan. Senjata kamera 13MP diperkuat Optical Image Stabilization (OIS) untuk mencegah gambar blur jika dalam posisi bergerak atau goyang. Lensanya pun sudah berdaya F1.9 depan dan belakang yang memungkinkan hasil foto-foto tetap bagus meski dalam kondisi minim cahaya. Fitur baru lain yang dihadirkan yaitu finger scanner yang memiliki multifungsi, seperti membuka layar , memverifikasi akun Samsung, perlindungan data privasi dan lainnya.

Samsung Galaxy A7 (2016)
Menjadi varian paling tinggi dari 3 model yang diperkenalkan Samsung akhir Januari, A7 (2016) mengusung spesifikasi mumpuni. Hampir serupa dengan A5 (2016), namun keduanya memiliki perbedaan mendasar yang terletak di luas layar, RAM, dan baterai.

Galaxy A7 (2016) ditopang prosesor Exynos 7580 Octa-core 1,6 Ghz, dengan RAM 3GB, internal storage 16GB, yang dilengkapi slot microSD hingga 128GB. Bentang layar lebih luas, yakni 5,5 inci FHD dengan teknologi Super AMOLED. Sudah mendukung jaringan 4G LTE Cat.6, dengan kapasitas baterai 3.300mAh. Kamera utama 13 MP OIS (F1.9) dan kamera depan 5MP (F1.9) Bodi logam dengan 2,5D glass, finger scanner, fast charging, dan Dual SIM.

>> Dan yang menjadi smartphone terbaik harga di atas Rp 5 juta sepanjang awal hingga pertengahan tahun 2016, yaitu :

Samsung Galaxy S7 Edge
Meski dijual dengan harga tinggi, tapi smartphone ini menyajikan keunggulan yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Mulai dari tampilannya yang mewah dengan desain ‘edge’ pada tamppilan layar yang melengkung hingga ke di sisi sampingnya. Sampai kelengkapan berbagai fitur canggih yang sudah berkekuatan spesifikasi tinggi.

 samsung s7

 

Lalu smartphone mana saja, yang diluncurkan pada pertengahan hingga akhir tahun 2016, yang bisa menjadi pilihan  ?

Selanjutnya >>


[nextpage]

Huawei P9

Menjadi ponsel terlaris ketiga secara global, Huawei tahun ini terbilang konsisten merilis berbagai produk baru dari semua lini. Dari berbagai smartphone terbaru yang dirilis Huawei, salah satu yang paling menarik perhatian adalah seri P9.

Keunggulan utama P9 ada di sektor fotografi, lantaran sudah dibenamkan tidak hanya satu, tapi dua sensor kamera Leica. Kedua kamera tersebut hadir dengan resolusi 12 MP, SUMMARIT H 1:2.2/27 ASPH. Untuk kamera depan, Huawei membenamkan sensor 8MP

Untuk menghasilkan kualitas foto yang mumpuni, kamera P9 sudah dibekali teknologi laser autofocus. Ada pula dual-LED flash untuk membantu pemotretan di tempat gelap, serta Optical Image Stabilization agar kedua kamera tetap stabil.

Seperti sempat disinggung sebelumnya, ponsel premium biasanya hadir dengan tampilan desain yang menawan. Kondisi ini akan konsumen rasakan saat bersentuhan langsung dengan Huawei P9. Huawei P9 memiliki bodi yang terbilang slim dengan ketebalan 6,6 mm. Secara keseluruhan, P9 memiliki dimensinya 144.9 x 72.1 mm dengan berat 150 gram.

Bodinya menggunakan material logam yang membuat tampilannya, nampak semakin elegan dan berkelas. Tak hanya itu, Huawei P9 juga dibekali desain empat sudut yang lebih membulat dan nyaman untuk digunakan. Huawei P9 tersedia dalam pilihan warna Rose Gold, Haze Gold, Prestige Gold, Ceramic White, Titanium Grey, dan Mystic Silver

Huawei mengusung layar IPS 5.2″ dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dan terlapisi Corning Gorilla Glass 4. Sebagai ponsel flagship, ponsel 4G ini sudah dibekali menu yang kekinian, mulai dari sensor sidik jari dengan tingkat akurasi sangat baik dan berbagai menu khas produk premium lainnya.

Dapur pacunya Huawei P9 dibekali prosesor kirin 955 tipe quad-core Cortex-A72 2.5GHz dan quad-core Cortex-A53 1.8GHz. Huawei P9 tersedia dalam dua versi, yakni RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Ponsel ini dibenamkan OS Android versi 6.0, serta baterai 3400 mAh. Untuk mendapatkannya, konsumen harus merogoh kocek cukup dalam, lantaran harga jual Huawei P9 ada dikisaran 5 jutaan.

 

Luna

Jika ingin memiliki ponsel Android rasa iPhone, Luna yang merupakan smartphone besutan  Foxconn mungkin bisa jadi alternatif. Seperti sempat disinggung, tampilan Luna sepintas memang mirip iPhone. Hal tersebut tidak aneh, karena Foxconn selama ini, merupakan pabrikasi yang merakit iPhone.

Tubuh ponsel Luna dirancang unibody dan terbuat dari logam. Pemasangan bodi ponsel ini menggunakan teknologi CNC dengan 8 tahap pemrosesan sehingga diklaim tangguh dan tidak mudah rusak.

Luna smartphone dibekali dengan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel. Sektor fotografi masih menjadi salah satu menu Andalan. Untuk keperluan fotografi, Luna dibekali kamera utama dengan resolusi 13 MP yang memiliki aperture F/2.0. Sementara itu kamera depan dengan resolusi tinggi 8 MP dan aperture F/1.8 sangat cocok bagi pecinta selfie.

Ponsel senilai 5 jutaan ini, sudah berjalan di OS Android 6.0 Marshmallow. Spesifikasi hardware-nya, dikomandoi prosesor quad-core 2,5 GHz, chipset Qualcom Snapdragon 800, serta disokong RAM 3 GB. Ponsel yang kabarnya sudah dirakit di Semarang ini, menggunakan baterai berkapasitas 2900 mAh

 

 Asus Zenfone 3 ZE552KL

Salah satu perbedaan yang dibawa Asus Zenfone 3 ZE522KL, yaitu layarnya yang lebih luas yaitu 5,5 inchi. Kualitas layarnya yang tajam masih dipertahankan. Karena masih menggunakan teknologi super IPS + sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan sekaligus lebih hemat daya. Layar yang diusung di ASUS ZenFone 3 ZE552KL ini memiliki tingkat kecerahan sebesar 600nits. Belum lagi dukungan resolusi FullHD atau 1080p dengan kerapatan pixel sekitar 424 ppi.

 Kamera menjadi salah satu fitur yang dijagokan Asus Zenfone 3 ZE522KL. Di mana disediakan kamera resolusi16MP pada kamera utama di bodi belakang. Sedangkan untuk kamera depan berresolusi 8MP. Sensornya sendiri menggunakan Sony Exmor RS™ IMX298.

Kehebatan kamera ini salah satunya karena sudah menggunakan aperture 2.0 sehingga cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Selain itu , perpaduan dengan software Asus PixelMaster 3.0 yang memiliki segudang fitur juga mampu memanjakan para penggemar fotografi.

Untuk mengoptimalkan pengambilan gambar, Asus Zenfone 3 ZE522KL menggunakan sistem TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen. Ketiganya adalah pendeteksi kontras untuk continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,5 meter, dan juga phase-detection. Kelebihan lain Asus ZenFone 3 yaitu mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Kinerja Asus Zenfone 3 ZE522KL disokong oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki kecepatan hingga 2 Ghz. Juga ditopang RAM yang di seri Zenfone 3 ZE522KL sudah berkapasitas 4 GB.

 

Samsung Galaxy Tab A (2016)

isaat pasar tablet yang terbilang lesu, Samsung malah luncurkan perangkat tablet baru di Indonesia, yakni Samsung Galaxy A (2016) with S Pen. Secara desain tablet berukuran 10.1 inci ini terbilang besar dan tebal. Dibekali dengan layar jenis TFT capacitive touchscreen, resolusi 768 x 1024 pixels, kerapatan piksel 132 ppi, Multitouch tablet ini berjalan dengan OS Android OS, v5.0 (Lollipop) dan interface TouchWiz diatasnya.

Galaxy Tab A (2016) with S pen diperkuat dengan prosesor octa-core  1.6GHz chipset Exynos 7870 dingan RAM 3GB RAM dan memori internal 32GB. Tablet ini masih memiliki slot memori eksternal microSD. Untuk fitur kamera tersedia kamera depan 8MP dan 2MP pada kamera depan. Berjalan diatas Android 6.0 Marshmallow, tablet ini mampu terhubung pada jaringan 4G LTE.

Samsung Tablet Galaxy Tab A 2016 With S-Pen merupakan tablet dari Galaxy A yang hadir dengan fitur baru dari S-Pen yang membuat pengguna dapat dengan bebas menuangkan inspirasi dan kreatifitasnya ke dalam tampilan layar yang nyaman.

S-Pen dapat digunakam untuk menulis atau pun melukis. Menggunakan Pen Tools dan Brush Tools yang semakin diperkaya untuk hasil yang lebih sempurna dan mendetail. Samsung Galaxy Tab A (2016) With S-Pen juga dilengkapi dengan fitur-fitur Air Command terbaru, seperti translate,  dan GIF Animation.

 

LG V20

LG V20 merupakan smartphone pertama di dunia yang mengadopsi sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat. LG V20 hadir dengan layar berukuran 5,7 inci dengan tingkat resolusi 1440 x 2560. Namun yang membedakan LG V20 dengan phablet 5,7 inci lainnya adalah adanya dukungan layar sekunder (second screen) yang berada pada panel atas layar utama. Fungsi fitur ini adalah untuk memberi akses buka aplikasi favorit dan recent apps secara cepat tanpa harus masuk ke menu. Bahkan bila Anda sedang asyik chatting, namun ada panggilan telepon yang masuk, layar tidak akan tertutupi.

Urusan dapur pacu, performa LG V20 digenjot oleh prosesor Snapdragon 820, yang diperkuat dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB upgradable.  Smartphone ini juga akan memanjakan pengguna yang hobi fotografi, berkat fitur dual wide angle. V20 menggunakan kamera yang sama seperti milik G5 dimana lensa utama berkemampuan 15MP dengan perbandingan 16:9 OIS. Kamera dilengkapi dengan sensor laser dan phase detection autofocus. Sedangkan lensa kamera kedua berkemampuan 8 MP dengan fixed autofocus, lensa wide angle

Kamera V20 juga menawarkan teknologi perekaman video Steady Record 2.0. V20 adalah ponsel pertama yang menggunakan Qualcomm proprietary (EIS) video stabilisation yang bekerja berdasarkan sensor gyroskop. Kamera ini juga dilengkapi dengan image steam analysis (DIS) untuk melacak benda bergerak dan menstabilkan video dengan mengikuti garis pergerakan objek. Tak cukup sampai di situ, LG menempatkan lensa kamera depan berkemampuan 5 MP dengan aperture f/1.9.

>> Dan yang menjadi smartphone terbaik harga di atas Rp 5 juta sepanjang awal hingga pertengahan tahun 2016, yaitu :

Huawei P9

Sebenarnya persaingan smartphone di level harga ini sangat ketat. Namun Huawei P9 membawa fitur yang bisa dikatakan menjadi pembeda utama. Huawei memilih lensa Leica, untuk kamera yang tertanam di bodi P9. Pemilihan lensa inilah yang membuat Huawei memenangi pertarungan.

Di dunia fotografi profesional, tidak ada yang meragukan kualitas hasil bidikan kamera dengan lensa Leica. Kamera Leica sendiri, selama ini seakan memberi jaminan akan kualitas hasil foto yang di atas rata-rata. Ditambah lagi smartphone ini yang membawa Dual Camera, dimana kelebihannya yaitu bisa menghasilkan foto bokeh layaknya hasil jepretan kamera professional semacam kamear DSLR.

huawei p9

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here