Beranda News Brand Hit And Run 2016 (Catatan Akhir Tahun 2016)

Brand Hit And Run 2016 (Catatan Akhir Tahun 2016)

-

gambar hit and run

Jakarta, Selular.ID Sepanjang tahun 2016, Selular merangkum brand yang hit and run atau dapat diartikan brand yang hanya mengeluarkan satu atau dua seri sepanjang 2016. Untuk brand yang mengeluarkan dua sampai tiga seri sepanjang 2016, tercatat ada sekitar tujuh brand, seperti Wiko, Vivo, Nokia, Axioo, Zte, LG dan Luna.
Tidak hanya itu saja, di tahun 2016 juga, tercatat ada beberapa brand baru yang turut meramaikan pasar smartphone di tanah air, seperti Yotaphone, Lava, Nuu Mobile HiCore Play dan Aplus. Akankan 2017 brand-brand tersebut kembali menghadirkan seri terbaru? Kita tunggu saja.

Berikut rangkumannya:

Januari
Wiko Pulp Fab
Awal Januari vendor asal asal Perancis, Wiko Mobile, resmi meluncurkan model terbaru, yakni Wiko Pulp Fab. Smartphone. ini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin membeli smartphone dengan harga terjangkau. Karena Wiko Pulp Fab dibanderol dengan harga kurang dari Rp 2 juta. Smartphone ini didukung dengan teknologi 4G, dari spesifikasi di bagian layar mengusung layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixels. Layar ini juga sudah mengusung panel IPS sehingga layar pada Wiko Pulp Fab 4G akan memberikan efek visual yang cukup memanjakan mata. Untuk bagian ruang mesinnya, smartphone Wiko seri Pulp Fab 4G juga memiliki jeroan yang sama dengan seri Pulp 4G lewat chipset Qualcomm Snapdragon 410 dan prosesor Quad-core 1,2 GHz.

Februari
Yotaphone 2
Pada bulan Februari, pasar ponsel di Indonesia semakin ramai. Kini giliran smartphone asal Rusia yang mencoba peruntungannya, yaitu Yotaphone 2. Setelah sebelumnya resmi dikenalkan secara global di akhir tahun 2014, akhirnya masuk Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama di asia tenggara diluncurkannya Yotaphone 2. Smartphone ini memiliki teknologi dual screen. Pada sektor dapur pacunya, smartphone ini hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 801 dan ditenagai prosesor CPU Quad-core 2,3 GHz untuk menggawangi ruang mesin ponsel pintar dua layar ini. Memang untuk sebuah smartphone kelas atas, sebagain besar perangkat lain telah menggunakan processor Octa-core.

ZTE Blade S7
Merasa sukses mengekspansi pasar ponsel Tanah Air dengan varian Blade S6, ZTE kembali merilis generasi terbaru dari line up seri Blade. Kali ini pabrikan yang berbasis di Tiongkok tersebut resmi memperkenalkan seri ZTE Blade S7 yang merupakan suksesor seri Blade S6.

Nokia 222 dan 230
Keputusan Microsoft untuk terjun ke bisnis ponsel dengan mengakuisisi Nokia, sejauh ini bisa dikatakan belum bisa menunjukan hasil yang positif. Namun eksistensi Nokia di ranah ponsel Tanah Air masih bisa terdengar, khususnya untuk pasar feature phone. MakanyaMicrosoft pun kembali merilis feature phone seri Nokia 222 Dual SIM dan Nokia 230 Dual SIM.

Maret
Acer Liquid Z330
Acer Indonesia mengumumkan ketersediaan smartphone terbarunya, yaitu Acer Liquid Z330. Ini merupakan smartphone 4G yang dikeluarkan Acer untuk menyasar segmen muda. Makanya harga yang dibanderol pun terbilang terjangkau. Acer Liquid Z330 dijual seharga Rp1.299,000. Pada bagian mesin ini, ternyata komponen yang ditanamkan pada seri Liquid Z330 masih sama dengan Acer Liquid Z320, yaitu masih andalkan chipset sekelas Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210. Meski bukanlah chipset kelas premium, namun kehadiran chip Snapdragon 210 itu akan membantu meningkatkan performa Acer Liquid Z330 ini.

OnePlus X
Setelah menunggu kurang lebih 5 bulan, OnePlus secara resmi melepas seri X untuk pasar Indonesia. OnePlus resmi memasarkan seri X dengan menggandeng e-commerce Blibli.com sebagai mitra ekslusif penjualan. OnePlusmengusung chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang bekerja dengan prosesor Octa-core 2.3 Ghz. Secara spesifik, kualitas mesin pada OnePlus X ini masih lebih baik dari spesifikasi mesin OnePlus Mini sebelumnya.

April
LG mengumumkan flagship 2016 pada tanggal 8 April di Kanada. Ini berarti pertama kali bagi LG mengungkap tanggal peluncuran G5. Sayangnya, vendor asal Korea Selatan tidak menyebut banderol yang akan dipatok untuk G5. LG G5 saat itu bisa dipesan melalui outlet mitra perusahaan di Kanada. Adapun daftar nama outlet (operator seluler dan pengecer) yang akan menjual smartphone G5 antara lain Rogers, Bell, Telus, Videotron, Wind Mobile, SaskTel , MTS, Eastlink, Fido, Best Buy, Costco, The Sourch, Tbooth Wireless, dan Wireless Wave.

Mei
Flash Plus 2
Flash resmi menanggalkan nama Alcatel terhadap lini produk smartphonenya. Pasca melepas nama Alcatel, Flash bergerak cepat dengan segera merilis smartphone terbarunya di Indonesia. Produk yang kali ini di boyong ke Tanah Air, yakni Flash seri Plus 2. Untuk hardwarenya, Plus 2 menggunakan prosesor Helio P10, yang didukung dengan dua pilihan memori 16 dan 32 GB, serta RAM 2GB dan 3GB. Produk ini menggunakan layar OGS 5,5 inci full HD. Untuk menu lainya terdapat kamera 8MP, plus lensa sekunder 5MP, fasilitas audio HiFi, dan beberapa menu standar produk berbasis Android pada umumnya.Flash Plus 2 juga sudah dibekali menu fast charging, serta kemampuan dual SiM. Terkait dengan jaringan, Plus 2 sudah dibekali koneksi 4G. Sayang karena satu dan lain hal, koneksi tersebut belum bisa aktif, alhasil jaringan Plus 2 statusnya hanya 4G ready.

Vivo V3 & V3 Max
Vivo menjadi vendor smartphone lainnya asal Tiongkok yang ikut menyerbu pasar smartphone. Vivo meluncurkan dua seri smartphone sekaligus, yaitu Vivo V3 dan V3 Max. Vivo V3 berada di kasta lebih rendah dari saudaranya, dengan mengusung lembar spesifikasi menengah. Sementara Vivo V3 Max mengusung hardware yang lebih tinggi dari sisi lebar layar dan RAM.

Juni 2016
Hisense Kingkong II
Sebenarnya Hisense sudah memperkenalkan smartphone terbarunya Kingkong II pada bulan Mei yang lalu. Namun baru pertengahan Juni ini, vendor betul-betul menjajakannya ke konsumen tanah air. Hisense Kingkong II, merupakan smartphone 4G dengan kemampuan tahan banting dan tahan air.

Hisense Pureshot Lite
Pureshot Lite. Ini merupakan “adik” dari duo seri Pureshot sebelumnya yang telah rilis pada tahun lalu. Menggandeng e-commerce Blibli.com, ponsel yang memiliki kode model F30 itu dijual secara eksklusif.

SPC Mobile P5 Speed
Lama tak terdengar, SPC Mobile, kembali meramaikan pasar tablet lewat produk anyar, P5 Speed. Kali ini produsen ponsel lokal di bawah bendera PT Supertone ini menggandeng Intel sebagai mitranya. SPC Mobile yang memakai prosesor SoFIA dari Intel. Tablet ini juga didukung RAM 1GB dan kapasitas memori 8GB.

Axioo M4S
Vendor yang sebelumnya lebih banyak bermain di pasar komputer ini, ternyata ingin kembali ke jalur persaingan pasar smartphone. Salah satunya dengan meluncurkan smartphone kelas menengah ke bawah. Axioo menyodorkan produk anyar M4S. meskipun masuk dalam kelas Low-End namun membawa spesifikasi yang cukup menarik seperti dukungan layar 4.5 inchi dengan teknologi IPS LCD, OS Android v5.1 Lollipop, CPU MediaTek Quad Core, 1 GB RAM, dan Kamera belakang 8 MP & Kamera depan 5 MP. Axioo M4S dibandrol dengan kisaran harga cuma 975 Ribuan.

Juli
Lava
Pasar ponsel Indonesia kedatangan merek baru. Ponsel dengan merek Lava, menghiasi etalase kios-kios penjaja ponsel di Roxy dan pusat perbelanjaan lain. Kendati pendatang baru, perusahaan sepertinya sudah melakukan ekspansi yang apik. Lava langsung memperkenalkan setidaknya 9 model.

Nuu Mobile X4 & N4L
Selain vendor asal India Lava, Indonesia juga kehadiran ponsel merek Nuu Mobile dari Hongkong. Berbeda dengan Lava yang hadir dengan 11 model smartphone, Nuu Mobile hanya menghadirkan dua tipe saja, yakni Nuu X4 dan Nuu N4L.

Agustus
Aplus Gen5
Pasar smartphone tanah air kedatangan pemain baru. Setelah Lava dan Nuu Mobile, kali ini merek Aplus. Berbeda dengan angkatannya yang sudah menelurkan sejumlah model, Aplus hanya memiliki satu model, setidaknya untuk saat ini. Menyasar kalangan menengah-ke bawah, vendor menawarkan Gen5. Menyasar kalangan menengah-ke bawah, dengan harga seharga Rp1,5 juta.Spesifikasi yang dihadirkan cukup masuk akal untuk range harga yang dipatok. Di antaranya prosesor quad-core 1,3GHz Mediatek, RAM 2GB, dan storage 16GB yang bisa diekspan sampai 32GB.

September
HiCore Play Z5 & HiCore Lens DC1
Sebagai pemain baru, HiCore Mobile langsung tancap gas dengan mengeluarkan dua senjata andalan, di antaranya HiCore Play Z5 dan HiCore Lens DC1.

Oktober
LG X Power
LG kembali memboyong satu jagoan terbarunya. Produk teranyar pabrikan asal Korea Selatan tersebut, hadir dengan kode produksi X Power. Sesuai dengan namanya, salah satu keunggulan yang ditawarkan LG X Power, yakni dari segi daya tahan baterai.

LG X Screen dan LG X Cam
Berbarengan dengan rilisnya seri X Power, LG juga memboyong tipe seri X lainnya ke Tanah Air, yakni X Screen dan X Cam. Ketiga punggawa seri X tersebut, akan menjadi produk andalan LG di segmen menengah.

Luna
Pabrikan smartphone ternama Foxconn akhirnya menghadirkan Luna smartphone di Indonesia yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing iPhone. Smartphone ini didesain sangat mirip dengan iPhone dengan menggunakan material logam di sekujur tubuhnya dan mengandalkan fitur kamera sebagai keunggulannya.

SPC Noah Sound
Menjadi Salah satu brand ponsel lokal yang masih bisa bertahan, SPC mencoba mempertahankan eksistensinya dengan melakukan kerja sama bersama band kenamaan Tanah Air, yakni Noah.
Vivo Y55Produsen smartphone asal Tiongkok, Vivo, dijadwalkan menggelar peluncuran smartphone terbaru untuk pasar Indonesia,Vivo Y55. Satu minggu sebelum prosesi perkenalan, ternyata produk tersebut sudah bisa ditemui konsumen di pusat-pusat penjualan smartphone.

November
Vivo Y55
Produsen smartphone asal Tiongkok, Vivo, meluncurkan smaertphone ini pada November 2016, Vivo Y55 sebagai smartphone Marshmallow dengan performa Octa-core garang. Bukan hanya itu saja smartphone ini juga memiliki desain stylish dan elegan. Harga Vivo Y55 sendiri dilepas menyaak segmen kelas menengah dengan banderolan harga cukup kompetitif.

Vivo V5
Vivo Indonesia membuktikan janjinya untuk memperkenalkan seri V5 di Indonesia. Memanfaatkan tren selfie, V5 diklaim Vivo sebagai smartphone dengan kamera depan terbaik, yang beredar saat ini di pasaran.

ZTE A110
ZTE A110 bisa jadi salah satu smartphone 4G termurah yang edar di tanah air. Namun jumlah yang dijual terbatas. ZTE Blade A110 dibekali layar 4.0 inci dengan resolusi 480 x 800 pixels yang dipadukan dengan teknologi layar TFT LCD. Kemudian untuk prosesor, ZTE Blade A110 mengandalkan prosesor MediaTek MTK6735M dengan CPU Quad Core 1.0 GHz.Sementara untuk penyimpanan dan RAM, ZTE Blade A110 dibekali penyimpanan internal 8 GB dan RAM 1 GB yang pastinya cukup mendukung untuk menyimpan banyak aplikasi dan juga lancar ketika digunakan untuk multitasking bayak aplikasi. Lalu untuk kamera, ZTE Blade A110 dibekali kamera depan 2 MP dan untuk kamera belakang 5 MP lengkap dengan fitur LED Flash.

Luna
Luna Smartphone akhirnya melenggang di pasar Tanah Air. Digaungkan sebagai ponsel buatan Foxconn, Luna diklaim hadir mengunggulkan sektor desain yang disebutnya stylish, slim, dan unibody.

Axioo M5C
Axioo kembali siap memanaskan persaingan di segmen low-end lewat smartphone baru bertajuk M5C. Senjata anyar brand lokal ini disebut hadir sebagai jawaban atas banyaknya permintaan pasar yang menginginkan smartphone dengan fitur kamera berkualitas, namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Nokia 216
Microsoft yang hingga kini masih menjadi pemilik bran posel Nokia hingga masa kontrak berakhir, nampaknya akan lebih fokus memproduksi feature phone. Yang terbaru untuk pasar Indonesia, Microsoft resmi memboyong feature phone teranyarnya yakni, seri Nokia 216.

Desember
Alcatel Pixi 4 8050D Pixi 4 5010D Alcatel 2059D Alcatel 1054D.
Alcatel kembali meramaikan persaingan pasar ponsel Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, brand global yang kini dipegang oleh TCT Mobile Limited/TCL Communication ini memboyong empat produk baru, terdiri dari dua smartphone dan dua feature phone.

Meizu MX6 – Meizu M3 Note – Meizu M5
Walau kiprahnya sepintas tidak terdengar, Meizu masih optimis dengan pasar Indonesia Untuk memuluskan kiprahnya di Tanah Air, Meizu sudah menyiapkan 3 produk baru. Ketiga produk tersebut yakni, Meizu MX6, M3 Note, dan M5.

Artikel Terbaru