SHARE

oppo f1 plus n huawei p9Jakarta, Selular.ID – Selama tahun 2016 hampir sebagian smartphone yang hadir mengunggulkan fitur kamera. Setiap smartphone keluaran terbaru selalu menyuguhkan fitur-fitur kamera yang kian meningkat kemampuannya. Persaingan smartphone pun tidak bisa lepas dari kehandalan fitur kamera yang dibawanya. Smartphone mana yang menjadi Best Camera Smartphone membawa kamera paling handal ?

Tidak bisa dipungkiri bahwa fungsi perangkat kamera kini mulai tergantikan dengan adanya smartphone. Apalagi dengan banyaknya smartphone yang mengunggulkan fitur kamera, sehingga mampu menyaingi kualitas perangkat kamera. Dengan alasan efisiensi perangkat, banyak pengguna lebih banyak memiliki sebuah smartphone kamera ketimbang perangkat kamera biasa.

Berikut ini 8 smartphone pilihan yang membawa fitur kamera yang layak diacungi jempol. Dan untuk smartphone berkamera handal yang beredar mulai dari awal hingga pertengahan tahun 2016, antara lain yaitu : https://selular.id/buyers-guide/2016/07/8-smartphone-dengan-fitur-kamera-mumpuni/

>> Dan yang menjadi ‘Best Camera Smartphone’ berdasarkan Selular Editors Choice, untuk kurun waktu awal hingga pertengahan tahun 2016 yaitu :

 Oppo F1 Plus

Smartphone sejatinya menjagokan kamera selfie. Di mana kamear depannya sudah berresolusi 16 MP menggunakan aperture f/2.0 dan ukuran pixel 1.4 micrometers. Namun tidak hanya kamera depan saja yang handal, kamera belakang juga memiliki kemampuan yang tidak kalah bagus karena sudah dibekali dengan resolusi 13MP aperture f/2.0. Bedanya dengan kamera depan, pada kamera utamanya ini selain juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang ada untuk kamera depan, Oppo masih menambahkan dengan lampu LED flash. Serta dilengkapi dengan fitur HDR.
oppo f1 plus

Lalu smartpone mana dengan kamera terbaik yang hadir selama pertengahan hingga akhir tahun 2016 ?

Selanjutnya >>

 [nextpage title=”next”]

Berikut ini beberapa smartpone pilihan selama pertengahan hingga akhir tahun 2016, yang dilengkapi dengan kemampuan kamera yang mumpuni :

Huawei P9

Memiliki keunggulan pada fitur kamera, P9 mengusung dual camera besutan vendor kamera ternama Leica. Secara tampilan ponsel baru jagoan Huawei ini memang terbilang mewah. Bodi terbilang slim dengan balutan material yang berkualitas, layaknya ponsel premium pada umumnya. Bodi tipis Huawei P9 membuat smartphone ini terasa pas saat dalam gengaman.

Satu hal yang sangat menarik perhatian dari smartphone anyar Huawei ini merupakan kamera ganda di belakang yang merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan yang memang dikenal dengan kamera-kamera premiumnya, Leica.

Kedua kamera belakang tersebut hadir dengan resolusi 12 megapixel, SUMMARIT H 1:2.2/27 ASPH. Menggunakan dua kamera, keduanya memiliki bertugas yang berbeda. Dimana pada satu kamera untuk menangkap warna, sementara yang satunya hanya hitam-putih alias monokrom. Dengan kombinasi kedua kamera ini, Huawei P9 mampu menghasilkan foto yang lebih detail di kondisi cahaya yang baik, dan secara signifikan mengurangi noise saat memotret di kondisi cahaya yang minim.

Kamera P9 mengunakan lensa dengan aperture f/2.2. Dengan sistem autofocus yang bertumpu pada teknologi laser autofocus. Huawei juga masih melengkapinya dengan dual-LED flash untuk membantu pemotretan di tempat gelap, serta Optical Image Stabilization agar kedua kamera tetap stabil. Sedangkan untuk kamera depan, Huawei membenamkan sensor 8 megapixel. Meski tidak semumpuni kamera belakang namun kamera depan yang dimiliki smartphone ini mampu menghasilkan foto yang sangat terang dan jelas.

Huawei P9 mengusung layar IPS 5.2″ dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dan terlapisi Corning Gorilla Glass 4. Untuk dapur pacunya sendiri Huawei telah mempersenjatainya dengan prosesor Kirin 955 tipe quad-core Cortex-A72 2.5GHz dan quad-core Cortex-A53 1.8GHz. Untuk dukungan kapasitas memori RAM, Huawei P9 tersedia dalam dua versi, yakni RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Dengan komposisi hardware ini, maka system operasi OS Android versi 6.0 marshmallow dengan interface EMUI interface, dapat dijalankan dengan lancer tanpa ada masalah.

 

LG X Cam

Mengisi line-up smartphone LG di segmen menengah ke atas, jadi secara teknis LG X Cam membawa ragam spesifikasi mumpuni di kelasnya, terutama untuk segi kamera yang diklaim LG telah dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga menjadikan smartphone ini memiliki kualitas foto kelas wahid dengan kelengkapan multi lensa yang disematkan di dalamnya.

Bicara soal keunggulannya pada fitur kamera smartphone ini terbilang mumpuni. LG seri X Cam membawa tiga lensa yang menghiasi sektor kameranya, dimana untuk kamera belakang, LG X Cam dipersenjatai dengan dual kamera 13 MP dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depan sendiri mengusung kamera 8 MP yang siap mengakomodasi kebutuhan fotografi penggunanya dengan maksimal. Terakhir untuk menambah nilai jual di dipasaran, smartphone LG X Cam ini juga sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE layaknya gadget modern lainnya.

Kamera belakang sudah dilengkapi dengan fitur modern seperti Laser Autofocus dan juga LED Flash. Fitur-fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama dan juga HDR pun juga tak lupa hadir. Untuk merekam video bisa sampai ukuran [email protected] (HD). LG juga menempatkan kamera depan yang berukuran cukup mentereng, yakni 8 MP. Keberadaan kamera sekunder 8 MP pada spesifikasi LG X Cam tersebut tentunya sudah cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan selfie atau video call, apalagi kamera depan ini juga bisa merekam video dengan kualitas HD.

Smartphone asal Negeri Ginseng ini mengadopsi desain cantik dengan komposisi material mewah, seperti metal dan kaca sehingga membuat tampilannya terlihat lebih eksklusif. Pada sisi eksterior, smartphone membawa desain premium khas LG X-Series. Mengusung material yang mewah lewat frame metal dan kaca, serta pada bagian cover belakangnya yang dibuat melengkung kian menyempurnakan sisi estetika dan fungsionalitasnya.

Pada sektor layar, smartphone ini menggunakan layar berukuran5,2 inci IPS LCD dengan resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel berpanel IPS LCD. Terakhir menutup keunggulan di bagian visualisasi, smartphone ini sudah dibekali dengan tampilan antar muka LG Optimus UX5.0 UI yang menambah tampilan layarnya menjadi lebih atraktif.

Sedangkan untuk menunjang performanya, perangkat pintar LG X Cam menggunakan chipset Mediatek MT6753 yang marak digunakan pada banyak smartphone middle-range. Sedangkan pada bagian otak pemrosesan, smartphone ditenagai prosesor Octa-core 1,14 GHz. Secara kemampuan, kombinasi antara chipset dan prosesor pada ruang mesin smartphone memang sudah cukup bagus dalam menopang kinerja operasional.

Apalagi smartphone ini juga sudah didukung oleh RAM berkapasitas 2GB untuk hasilkan peforma multitasking lebih lancar. Pada grafis handset mengandalkan GPU jenis Mali-T720MP3 yang sudah teruji di banyak ponsel pintar untuk mengoptimalkan sisi visual. Kemudian untuk menambah kekuatan multitasking, pada inti mesin LG X Cam disematkan pula RAM sebesar 2 GB dan dukungan platform OS Android Marshmallow.

 

Oppo F1s

Terus mengkampanyekan “Selfie Expert”, jagoan baru Oppo F1s kini datang lebih istimewa dari pendahulunya. Tidak hanya dari bentuknya bahwa material frame metal alloy masih digunakan pada F1s. Sehingga secara daya tahan ponsel ini masih kuat dan kokoh. Bentuknya yang tipis dan ergonomis membuat smartphone mudah untuk ditenteng atau digunakan dengan satu atau kedua tangan.

Pada fitur kamera, Oppo F1s menempatkan resolusi yang kecil dengan 13MP pada pada kamera belakang dibandingkan kamera depannya. Pada kamera belakang Oppo F1s mengunakan aperture f/2.2, dengan kemampuan phase detection autofocus, LED flash, memiliki ukuran sensor 1/3″ didalamnya Oppo F1s juga dibekali beragam fitur seperti geo-tagging, face detection, panorama, HDR. Pada kamera belakang pengguna mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30fps, Hasil kamera bagian belakang memberikan hasil yang cukup menakjubkan baik dalam keadaan terang maupun low-light.

Memiliki ukuran layar 5.5 inci, Oppo memasang bazzel yang sangat tipis. Dilapisi dengan lapisan 2.5D Corning Gorilla Glass 4 pada seluruh bagian depan akan memberikan kenyamanan pengguna karena ponsel ini akan tahan terhadap goresan. Saat menggenggam, ponsel terasa nyaman untuk digunakan. Tidak hanya itu pada bagian belakang ada lapisan yang membuat sidik jadi tidak mudah tertinggal dan tidak mudah kotor pada permukaannya.

Tidak berbeda dengan pendahulunya, Oppo F1s juga berjalan diatas OS Android 5.1 dan lapisan interface ColorOS 3.0. F1s menggunakan layar jenis IPS TFT dengan resolusi 720 x 1920 piksel kerapatan piksel hingga 267 ppi. Namun begitu kualitas layar yang dipancarkan tidak begitu kentara, karena layar tetap nyaman dimata, apalagi Oppo juga membenamkan fitur Eye Protection.

Pada sensor sidik jari, Oppo F1 Plus membekan pengalaman pengguna akan merasakan teknologi sensor pemindai sidik jari dengan ketebalan hanya 0.1 milimeter, dengan kemampuan sensor yang lebih cepat dan akurat, hanya perlu waktu 0.2 detik untuk membuka layar. OPPO juga mengembangkan self-learning technology pada sensor sidik jari, semakin digunakan semakin akurat.

Untuk dapur pacunya Oppo sudah menyiapkan chipset Mediatek MT6760 dengan CPU Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.5 GHz. Didukung juga dengan GPU Mali-T860 dan RAM 3GB, maka pengguna, Anda akan merasakan pengalaman multitasking yang mulus dan lancar, baik dalam mengaktifkan aplikasi maupun berpindah antar aplikasi.Untuk memori, telah tersedia memori internal 32GB, memberikan ruang penyimpanan internal lebih banyak dan akses lebih cepat, dapat diperluas dengan slot micro SD untuk penyimpanan eksternal hingga 128GB. Untui mesukan memori eksternal dapet anda masukan pada slot yang tersedia.

 

Asus Zenfone 3

Zenfone 3 mengalami perubahan desain yang sangat banyak. Benar-benar beda dari Zenfone sebelumnya. Di bagian bodi depan depan berdesain full kaca. Sscreen to body ratio dari Asus Zenfone 3 sudah lebih baik dari sebelumnya yaitu di angka 77.3%. Bezelnya sendiri berada di angka 2.1mm.

Pada sektor kamera, ZenFone 3 menggunakan resolusi 16MP untuk kamera utama dan 8MP untuk kamera depan. Untuk sensornya sendiri, ASUS menyematkan sensor Sony Exmor RS™ IMX298. Kehebatan kamera ini salah satunya karena ASUS Zenfone 3 sudah menggunakan aperture 2.0 sehingga cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Selain itu, perpaduan dengan software ASUS PixelMaster 3.0 yang memiliki segudang fitur juga mampu memanjakan para penggemar fotografi.

Untuk mengoptimalkan pengambilan gambar, ASUS ZenFone 3 menggunakan sistem TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen. Ketiganya adalah pendeteksi kontras untuk continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,2 meter, dan juga phase-detection.

ASUS Zenfone 3 mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K. Ada fitur autofocus yang terbilang cepat. Ini berkat ASUS Zenfone 3 sudah mengadopsi teknologi laser autofocus. Jika dikombinasikan, ketiga teknologi fokus ini akan menghadirkan auto-fokus sangat cepat, mencapai 0,03 detik dalam kondisi apapun. Sistem mutakhir TriTech auto-focus juga memungkinkan pengguna mendapatkan auto-focus continuous pada objek yang bergerak.

Kaca yang diusung oleh Asus Zenfone 3 sudah berteknologi 2.5D Curve Glass. Dengan hadirnya 2.5D Curve Glass maka kita akan menikmati kesan premium dari smartphone ini. Selain itu, kaca ini bukanlah kaca biasa, tetapi ini adalah kaca buatan Corning yakni Gorilla Glass 3. Seperti diketahui, Corning Gorilla adalah lapisan kaca yang sudah terkenal dengan kekuatan anti baretnya.

Asus Zenfone 3 ZE520KL menggunakan layar IPS + sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan tentu saja lebih hemat daya. Bentang layar sentuh ini sebesar 5.2 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p. ASUS sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1 dengan interface ZENUI.

Asus memboyong prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2GHz 64 bit.  Dengan prosesor 64-bit, smartphone ini bisa memaksimalkan RAM 4GB, sedangkan prosesor 32-bit hanya bisa memanfaatkan RAM sebesar 3GB. Dari sisi grafis, ASUS ZenFone 3 sudah diperkuat oleh chipset Adreno 506 dengan kecepatan 650MHz. ZenFone 3 punya dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, yakni 32GB dan 64GB. Kalau Anda merasa kapasitas tersebut masih kurang, Anda bisa memasang kartu MicroSD di slot SIM 2. Adapun slot tersebut mendukung kartu MicroSD hingga kapasitas 256GB.

>> Dan yang menjadi ‘Best Camera Smartphone’ berdasarkan Selular Editors’ Choice selama pertengahan hingga akhir tahun 2016 adalah :

 Huawei P9

Bekerjasama dengan produsen lensa kamera Leica, Huawei P9 menjadi smartphone kamera terbaik saat ini. Dengan Lensa Leica SUMMARIT H 1:2.2/27 ASPH membuatnya menjadi smartphone kamera terbaik yang kami pilih tidak hanya itu didalamnya Huawei juga menyediakan fitur kamera yang cukup lengkap, sehingga mampu digunakan oleh pengguna baru maupun pengguna yang sudah mengerti akan fotografi.

huawei p9

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here