Wednesday, September 18, 2019
Home Devices Smartphone RAM 2GB Masih Jadi Primadona di Pasaran

Smartphone RAM 2GB Masih Jadi Primadona di Pasaran

-

IMG_20161122_130420

Jakarta, Selular.ID – Kapasitas Random Access Memory atau yang biasa disingkat RAM menjadi salah satu tolak ukur konsumen saat berkeinginan membeli sebuah smartphone. Kebanyakan mereka mencari ruang penyimpanan RAM yang besar. Tren ini dinilai wajar karena semakin besar RAM pada sebuah smartphone maka performanya akan lebih cepat, stabil, dan lancar.

Saat ini, banyak smartphone canggih yang dibekali kapasitas RAM besar tidak melulu memiliki harga yang mahal. Beberapa tipe smartphone di kelas low-to-mid menjadi buruan pembeli lantaran mempunyai spesifikasi tak kalah baik, terutama ukuran RAM di kisaran 2GB. Redaksi Selular.ID mengunjungi ITC Fatmawati, Jakarta, untuk memantau tren penjualan smartphone menjelang akhir tahun ini.

“Sekarang banyak (pembeli) yang menanyakan smartphone mana yang punya RAM 2 GB. Mereka to the point langsung ke RAM, bukan lagi tanya kamera berapa atau memori internal berapa,” ujar Selly, salah seorang penjaga toko Indo Cell 97.

Menurutnya, smartphone RAM 2GB yang menjadi pilihan pembeli saat ini antara lain Lenovo A6600 Plus, Lenovo Vibe K5 Plus, Samsung Galaxy J5 (2016), Galaxy J7 (2016), dan beberapa tipe Asus Zenfone.

“Harga Lenovo masih murah untuk smartphone RAM 2GB. Apalagi untuk seri K5 Plus sudah dapat kacamata VR,” tambahnya. “Penjualannya masih tetap tinggi.”

Beranjak ke toko lainnya, jawaban yang hampir sama persis juga terlontar oleh Narawi, penjaga toko Graha Rajawali Cell. “Banyak aplikasi yang makan kapasitas memori gede, jadi standar beli smartphone sekarang punya RAM 2GB. Harganya juga antara Rp1 juta sampai Rp2 jutaan, masih terjangkau,” tuturnya.

Latest