BRI Indocomtech Dorong Pertumbuhan DNA di Indonesia

DSC_3775
Menkominfo Rudiantara membuka pameran BRI Indocomtech didampingi Dirut BRI, Asmawi Syam (Foto: Samin/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – BRI Indocomtech ajang pameran teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi benchmark bagi perkembangan Teknologi di Indonesia, dan BRI Indocomtech yang sebelumnya adalah Indocomtech menjadi eksibisi bagi device.

Hal itu diungkapkan Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informasi dalam pembukaan BRI Indocomtech di Jakarta (02/11/16), dikatakan dia Device, Network dan Applications (DNA) menjadi bagian terbentuknya dari ekosistem broadband di Indonesia.

“Karena jika device tidak berkembang maka tidak akan mendapatkan layanan Broadband yang optimal,” kata Rudiantara.

Diakatakan Rudiantara bahwa impor smartphone setiap tahun mencapaai 5, Miliar, dikatakan Rudiantara itu adalah impor resmi belum digabung dengan smartphone Black Market (BM), untuk pengguna smartphone sendiri Rudiantara mengatakan kalau saat ini ada sekitar 160 juta dengan 350 juta sim-card yang beredar di pasaran. Sehingga hal itu menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna smartphone menggunakan 2 perangkat,” ujarnya.

Sementara untuk network sendiri, menurut Rudiantara pendapatan dari operator selular, atau penyedia jaringan tetap mencapai Rp200 triliun per tahun dengan pertumbuhan 8℅, ini menunjukkan bahwa ekosistem yang ada sudah terbentuk cukup baik.

Sedangkan applications, Rudiantara menuturkan kalau saat ini e-commerce di Indonesia pertumbuhan transaksinya cukup baik mencapai 12 Miliar dollar AS, di 2014. Sementara 2015 mencapai 19 Miliar Dollar AS, sementara di tahun 2020 diperkirakan 130 Miliar Dollar AS, yang membuat Indonesia menjadi largest digital regional country

Rudi menambahkan, dengan menghadirkan gelaran seperti BRI Indocomtech 2016, Indonesia dapat membuktikan kepada dunia bahwa negara ini memiliki industri teknologi yang kuat dan potensi yang besar untuk terus tumbuh.

Sementara itu, Frans Budi Pranata selaku Dewan Pembina Apkomindo , mengatakan bahwa BRI Indocomtech 2016 menjadi momen terhadap industri Teknologi Informasi Komunikasi dan menjadi salah satu sektor potential yang punya peran penting bagi ekonomi Indonesia.

Sebagai informasi BRI Indocomtech 2016 mengambil tema ‘Gadget is Everywhere’ pameran dengan branding baru BRI Indocomtech ini akan diikuti oleh 300 eksibitor dari dalam maupun luar negeri dari bidang telekomunikasi, komputer, software, games, smartphone, produk elektronik, serta aksesoris yang akan memadati area seluas 17.000 meter persegi meliputi Hall A, Prefunction Hall A, Hall B, Prefunction Hall B, Cendrawasih, dan Main Lobby.