Thursday, April 25, 2019
Home Apps Ayo Bacain, Aplikasi Buatan Lokal Bagi Yang Mau Bantu Tunanetra

Ayo Bacain, Aplikasi Buatan Lokal Bagi Yang Mau Bantu Tunanetra

-

ayo-bacain
Jakarta, Selular.ID – Bagi penyandang tunanetra, memang ada buku khusus dengan format huruf braille. Namun sekelompok pemuda Indonesia mempunyai gagasan brilian. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada di smartphone lewat aplikasi, para difabel kini tidak lagi harus bersusah payah mencari, membeli, dan membawa buku braille.

Cukup buka aplikasi yang khusus disediakan untuk tunanetra, mereka bisa mendengar isi dari buku bacaan yang tersedia di dalamnya, atau lebih sering dikenal dengan sebutan audiobook.

Deka Komanda Yogyantara, mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia, merupakan salah satu tim pembuat aplikasi tersebut yang dinamakan “Ayo Bacain”

Kepada Selular.ID, Deka menuturkan bahwa aplikasinya saat ini belum tersedia. Namun dua minggu lagi, semua pengguna smartphone Android dan iOS akan bisa mengunduhnya melalui Play Store dan App Store.

Di aplikasi, nantinya semua orang bisa mendonasikan suaranya dengan cara membaca buku untuk orang lain dengan kebutuhan khusus. “Setiap volunteer berkontribusi dengan cara membaca buku minimal satu bab. Jadi dalam satu buku yang berisi beberapa bab, suaranya beda-beda,” ujar Deka usai peresmian program XL 1.000 Sekolah Broadband di Jakarta (2/11/2016).

Deka memaparkan bahwa setelah mengunduh aplikasi Ayo Bacain, calon volunteer akan melihat judul buku yang tersedia, dan bab apa saja yang sudah terisi audio. Volunteer tinggal pilih buku mana yang ia miliki dan ingin dibacakannya, cukup lanjutkan dari bab yang terisi.

“Karena masih baru, volunteer akan merekam suara mereka melalui fitur perekam yang ada di smartphone-nya lalu diunggah ke aplikasi. Nantinya, kami akan sediakan recorder langsung di dalam aplikasi,” papar Deka.

Deka dan tim sudah mengembangkan Ayo Bacain sejak empat bulan lalu. Melalui website, mereka sudah mengajak orang-orang untuk berkontribusi di audiobook. Hasilnya? Dalam dua minggu, Deka berhasil mendapat lebih dari 2000 volunteer yang ingin menyumbangkan suaranya.

“Melalui donasi suara dengan cara membacakan buku, Anda sudah memberi akses dan berbagi pengetahuan bersama para difabel untuk mendengarkan audiobook,” pungkas Deka.

Jika Anda penasaran sebelum bisa mengunduhnya di smartphone, sila kunjungi website www.ayobaca.in

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest