Jakarta, Selular.ID – Startup lokal di bidang pemesanan tiket dan hotel, Tiket.com, terus mengembangkan layanannya. Selain tiket pesawat, prioritas utama lainnya dari perusahaan yang baru berdiri tahun 2012 ini adalah menyediakan kamar hotel. Pihak Tiket.com mengklaim pemesanan kamar hotel via layanan ini mengalami peningkatan signifikan.
“Saat ini pertumbuhan hotel 300 persen dari tahun lalu, atau naik sekitar empat kali lipat,” kata Gaery Undarsa, Co-Founder & Managing Director Tiket.com
Gaery mengatakan bahwa saat orang merencanakan liburan atau bepergian dan memesan tiket kereta api atau pesawat terbang, biasanya akan diikuti dengan pemesanan kamar hotel.
“Tren seperti ini membuat angka pemesanan kamar hotel naik seiring dengan kenaikan tiket pesawat. Biasanya habis beli tiket (transportasi), mereka juga pilih-pilih hotel” katanya. Namun Gaery juga tak menampik bila mungkin ada pengguna yang memilih memesan kamar hotel di situs online travel agent lainnya.
Memang, dibandingkan tiket pesawat, penjualan kamar hotel masih belum begitu besar. Tiket.com sendiri mengklaim, penjualan tiket pesawat adalah salah satu aliran bisnisnya yang paling maju ketimbang layanan lain seperti tiket kereta api, tiket pertunjukkan, kamar hotel, dan penyewaan mobil. Menurut data yang diambil pada tahun 2013, layanan pemesanan tiket pesawat berhasil merajai total transaksi Tiket.com dengan lebih dari 60 persen. Bahkan, perusahaan menargetkan pertumbuhan pemesanan tiket pesawat di akhir tahun dapat tumbuh hingga 100 persen.
“Untuk mendorong pertumbuhan kamar hotel, kami selalu tawarkan promosi harga murah dan ada program menukarkan TIX point,” ungkapnya.
Melalui program ini, pelanggan setia yang berbelanja di Tiket.com mendapat keuntungan lain berupa Tix Point yang dapat ditukarkan dengan undian berhadiah dan potongan harga tiket di pembelian selanjutnya. (edk)