Tuesday, October 27, 2020
Home Buyer's Guide Ini 3 Smartphone BlackBerry Yang Bisa WhatsApp

Ini 3 Smartphone BlackBerry Yang Bisa WhatsApp

-

WhatsApp-BlackberryJakarta, Selular.ID – Mulai 1 Januari 2017, pengguna smartphone BlackBerry dan beberapa platform lain, tidak lagi bisa menikmati layanan instant messaging WhatsApp. Hal itu disebabkan keputusan pihak pengembang sendiri yang akan berhenti mengembangkan aplikasi di platform kurang populer. Sejak tahun depan, pengembang akan fokus pada dua platform mobile terbesar saat ini, Android dan iOS.

Dari seluruh tipe BlackBerry, ternyata ada tiga smartphone BlackBerry yang akan tetap bisa menggunakan layanan Whatsapp untuk tahun depan. Mereka adalah BlackBerry Priv, BlackBerry Dtek50, dan BlackBerry Dtek60.

Dua di antaranyaa sudah beredar di pasar Indonesia secara tidak resmi, atau ilegal. Di pasar tradisional, Priv dijual di kisaran harga Rp8 juta dan Dtek50 dibanderol Rp5 juta. Sementara Dtek60 baru mulai edar September 2016 di sejumlah negara.

Ketiganya merupakan varian anyar dari vendor asal Kanada yang mengadopsi OS Android. Berbeda dengan model BlackBerry sebelumnya yang biasanya mengusung OS BlackBerry atau BlackBerry 10.

Karena platform Android itulah, maka khusus Priv, Dtek50 dan Dtek60, masih akan bisa menggunakan layanan pesan instan WhatsApp.

Sebagai informasi, selain BlackBerry, mulai tahun depan, WhatsApp akan menghentikan update bagi Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1 dan Android 2.2, Windows Phone 7.1, dan iPhone 3Gs atau iOS 6.

Menurut pihak WhatsApp, platform-platform tersebut tidak lagi memiliki kemampuan untuk mendukung berbagai fitur baru yang akan dikembangkan oleh aplikasi asal Amerika Serikat itu di masa depan.

Latest