Friday, July 10, 2020
Home News GrabChat, Bikin Komunikasi Driver dan Penumpang Lebih Lancar

GrabChat, Bikin Komunikasi Driver dan Penumpang Lebih Lancar

-

grab-chatJakarta, Selular.ID – Kembali memperluas layanan, kali ini Grab menambahkan GrabChat ke dalam platform transportasi online besutannya. GrabChat merupakan platform instant messaging atau pesan instan yang dibangun di dalam aplikasi Grab, untuk seluruh negara di mana Grab beroperasi di Asia Tenggara.

Mulai hari ini sampai akhir minggu ini, GrabChat akan dihadirkan untuk seluruh pengguna Android dan iOS secara bertahap. Platform pesan instan ini diluncurkan guna menghadirkan proses penjemputan yang lebih cepat dan mulus kepada para mitra pengemudi dan penumpangnya. Selama periode uji coba yang ekstensif yang melibatkan lebih dari 50.000 pengguna di seluruh Asia Tenggara, GrabChat telah berkontribusi dalam menjadikan pengalaman tumpangan yang lebih baik secara keseluruhan dengan membantu mitra pengemudi dengan cepat dalam menjemput penumpang dan memulai perjalanan. Grab merupakan aplikasi pemesanan kendaraan pertama di Asia Tenggara yang menyediakan platform pesan instan dalam aplikasinya.

Hooi Ling Tan, Co-Founder Grab, mengatakan GrabChat merupakan pembaruan fitur yang sederhana namun sangat bermakna. Ini akan mempermudah dan mempercepat proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi dengan adanya komunikasi yang mulus langsung dari aplikasi Grab, tanpa perlu menghabiskan pulsa.

“Banyak mitra pengemudi kami yang mengandalkan panggilan telepon dan SMS sebelum menjemput untuk dapat menemukan penumpangnya, mengabarkan waktu kedatangan, atau menginformasikan bahwa mereka sudah sampai di lokasi penjemputan. Terlebih lagi, kami juga tengah melihat pertumbuhan yang signifikan dari penumpang yang menggunakan layanan Grab di luar negara asalnya, dan ketersedian GrabChat ini akan membantu mitra pengemudi untuk berkomunikasi dengan penumpang dengan nomor luar negeri tanpa perlu khawatir akan biaya panggilan telepon yang mahal,” ujar Hooi Ling Tan, Co-Founder Grab.

GrabChat dirancang dengan keamanan sebagai fokus untuk para mitra pengemudinya. Untuk memungkinkan komunikasi yang aman antara para mitra pengemudi dan penumpang, GrabChat dilengkapi dengan pesan-pesan template yang biasa digunakan oleh pengemudi dan penumpang. Hal ini menghadirkan cara yang lebih aman dan nyaman bagi kedua belah pihak untuk berkirim pesan, hanya dengan sekali sentuh. Selama periode beta testing dari GrabChat, sebagian besar pesan yang dikirim oleh para mitra pengemudi merupakan pesan template untuk berkomunikasi dengan penumpang mereka, dengan tiga pesan yang paling banyak digunakan adalah, “Saya sudah sampai”, “OK”, dan “Saya akan tiba dalam waktu 2 menit.”

Semakin banyak penumpang yang mulai menggunakan aplikasi Grab untuk mencari tumpangan dalam perjalanan mereka Asia Tenggara. GrabChat memudahkan para mitra pengemudi dan penumpang untuk berkomunikasi tanpa perlu menghabiskan pulsa untuk panggilan telepon internasional. Dengan berbagai banyak Bahasa berbeda yang digunakan di Asia Tenggara, per akhir tahun ini, GrabChat juga akan diperkuat dengan fitur auto translation untuk pesan yang dikirim yang memungkinkan pelancong di Asia Tenggara lebih mudah berkomunikasi dengan pengemudi lokal.

Grab akan memperkenalkan lebih banyak fitur-fitur bermanfaat untuk GrabChat selain fitur auto translation. “Kami memiliki product roadmap yang dikembangkan dengan baik untuk meluncurkan fitur-fitur baru dan fungsi-fungsi yang lebih hyperlocal untuk mempermudah komunikasi untuk penumpang lokal dan wisatawan asing kepada para mitra pengemudi kami. Grab ingin menjadi pilihan tumpangan berkendara Anda di seluruh Asia Tenggara,” tambah Hooi Ling.

Fitur-fitur pembaruan yang akan datang untuk GrabChat antara lain:

  • Auto translation untuk pesan untuk memungkinkan komunikasi yang lebih mulus antara pengemudi dan wisatawan asing dengan dukungan Bahasa untuk Bahasa Inggis, Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, Bahasa Thai, dan Bahasa Vietnam.
  • Proses terjemahan berkelanjutan dari pesan-pesan template untuk semua negara berdasarkan analisa dari pesan-pesan yang paling sering diketik, untuk meningkatkan pesan-pesan template, memastikan pilihan yang tersedia tetap relevan dan bermanfaat.
  • Memungkinkan pesan lokasi dan multimedia berdasarkan penilaian atas kenyamanan pengguna untuk berbagi atau mengirimkan foto dari lokasi mereka untuk proses penjemputan yang lebih cepat.
  • Memperluas GrabChat untuk layanan lain seperti GrabBike, GrabHitch, GrabExpress dan GrabFood untuk pengalaman pengguna yang lebih seragam dalam aplikasi Grab.

GrabChat saat ini dapat digunakan untuk layanan GrabCar dan GrabTaxi, dan akan tersedia bagi seluruh perangkat Android dan iOS secara bertahap dalam minggu ini. Untuk memanfaatkan fitur GrabChat, silahkan unduh aplikasi Grab terbaru dari Google Playstore atau App Store.

Latest