Friday, August 23, 2019
Home News Warga di Wilayah Perbatasan ini, Rindu Koneksi Jaringan Semua Operator

Warga di Wilayah Perbatasan ini, Rindu Koneksi Jaringan Semua Operator

-

PerbatasanJakarta, Selular.ID – Berbicara akses komunikasi di daerah terpencil, harus diakui hingga saat ini belum semua warga Indonesia yang bermukim di pelosok, bisa dengan mudah mendapat akses yang lengkap dari semua operator.

Kondisi ini membuat semakin banyak warga di daerah pelosok merindukan, akses komunikasi dari semua operator selular yang ada di Indonesia. Salah satu wilayah yang penduduknya, juga merindukan akses komunikasi dari semua operator, adalah desa Miangas, kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara

Sejatinya di wilayah ini sudah tersentuh infrakstuktur dari Telkomsel, namun seiring makin tingginya tingkat kebutuhkan komunikasi, membuat warga sekitar juga berharap akses komunikasi dari operator lain.

Steven Hauer Edwin Maarsit, Camat Miangas mengatakan, sebelum ada akses komunikasi dari salah satu operator (Telkomsel), wilayahnya sangat terisolir. Padahal Miangas memiliki fungsi yang strategis karena berbatasan langsung dengan negara Filipina.

Menurut Steven, adanya jaringan telekomunikasi seperti saat ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Miangas. Namun disayangkan tidak semua operator mau membangun di daerah terpencil dan tak menguntungkan seperti Miangas.

“Kondisinya sekarang sudah berubah, kita tidak lagi merasa terisolir. Tapi seperti di daerah lain, warga kami juga rindu akses komunikasi dari operator lain, pasalnya saat ini kita hanya bergantung dari satu operator saja,” ucapnya saat ditemui dalam sebuah diskusi.

Lebih lanjut Steven berharap kepada Presiden Joko Widodo mau lebih memperhatikan masyarakat di daerah terpencil seperti di Pulau Miangas.

“Kami menginginkan tidak hanya satu operator yang beroperasi di Miagas, tapi seluruh operator selular yang beroperasi di Indonesia, mau membangun di Miagas dan wilayak pelosok lainnya” harapnya.

“Jika ada operator besar lain (Indosat Ooreoo, XL) mau membangun disini, warga bisa lebih nyaman lagi saat ingin berkomunikasi. Jika hanya ada satu, seperti saat ini, aksesnya akan sangat terbatas,” jelasnya.

Sebagai info, di Miagas sendiri baru ada akses komunikasi dari Telkomsel sejak tahun 2010 lalu. Hadirnya

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, hadirnya jaringan Telkomsel hingga wilayah perbatasan negara merupakan bentuk nyata pelayanan kami bagi seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali

“Selain memerdekakan seluruh masyarakat di NKRI dari keterisolasian komunikasi, kehadiran layanan Telkomsel di perbatasan negara juga akan semakin memperkokoh terpeliharanya NKRI sebagai negara kepulauan,” tuturnya dalam sebuah kesempatan.

Latest