Monday, August 19, 2019
Home News E-Commerce Jokowi: Pemerintah Harus Belajar dari Alibaba

Jokowi: Pemerintah Harus Belajar dari Alibaba

-

jack-ma

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah harus belajar dari Alibaba untuk membantu memasarkan produk Indonesia di pasar China. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke China (2/9/2016).

Pada saat yang sama, Jokowi juga mengundang Jack Ma, Founder and Executive Chairman dari Alibaba, untuk menjadi penasihat komite e-commerce Indonesia.

Jack Ma menjelaskan bahwa model bisnis Alibaba dapat digunakan di Indonesia. Ma juga berbagi visinya mengenai eWTP (Electronic World Trade Platform) dan menyebut Indonesia sebagai negara yang sangat penting yang memiliki potensi besar dalam e-commerce dengan angka populasinya  dan jumlah UKM yang besar, dan perusahaan-perusahaan China yang juga bertujuan untuk membantu Indonesia.

Pembicaraan antara Presiden Jokowi dan Jack Ma tentang peluang Indonesia untuk memasuki pasar China menunjukkan pentingnya Indonesia dan bagaimana Indonesia menghargai pengalaman dan visi dari perusahaan China yang sukses.

Namun beberapa kalangan justru mewapadai dengan ditunjuknya Jack Ma sebagai penasihat komite e-commerce Indonesia. Mereka mengkhawatirkan hal ini justru bisa menjadi bumerang bagi industri e-commerce di Indonesia.

 

Latest