Rabu, 26 Juni 2024
Selular.ID -

DJI Osmo Mobile, Stabilizer Smartphone Ideal Para Vlogger

BACA JUGA

dji_osmo_mobile
Jakarta, Selular.ID – Kemampuan kamera smartphone untuk merekam video semakin canggih. Bahkan, keluaran terbaru bisa menghasilkan video kualitas 4K. Namun dalam pengaplikasiannya, merekam video menggunakan smartphone, susah-susah gampang. Apalagi jika Anda ingin merekam secara bergerak (untuk mendapat banyak angle) dalam durasi lama.

Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan gimbal. Stabilizer pegangan smartphone itu bisa menghaluskan pergerakan smartphone sehingga gambar bergerak di video lebih mulus. Salah satu merek gimbal ternama adalah DJI.

Agustus lalu, DJI meluncurkan Osmo+. Bulan ini, produsen drone asal Tiongkok meluncurkan model terbaru yang siap mendarat ke pasar, yakni DJI Osmo Mobile.

Lalu apa perbedaan Osmo+ dengan Osmo Mobile?

DJI mengatakan bahwa Osmo+ diperuntukkan perangkat iPhone, sementara Osmo Mobile ditujukan bagi mayoritas smartphone, seperti Android.

Perbedaan lainnya adalah built-in kamera. Jika Osmo+ dibekali kamera, maka Osmo Mobile tidak dilengkapi kamera.

Bagaimana cara kerja gimbal? Mirip tongsis (tongkat selfie), cukup pasangkan smartphone di tempatnya, maka Anda siap merekam video. Tapi gimbal ini dibekali software DJI dan Osmo untuk menstabilkan video.

Fitur utama dari Osmo Mobile antara lain gimbal 3-axis: portrait, landscape, dan underslung. Anda bisa menghasilkan video dengan pergerakan gambar yang lebih halus tanpa kerja keras berlebih.

Perlu diingat, kualitas gambar, frame rate dan sejenisnya akan tergantung pada kualitas kamera smartphone itu sendiri.

Aplikasi Osmo DJI menawarkan sejumlah moda pengambilan gambar, termasuk panorama, eksposur panjang, dan fitur neat time-lapse yang memungkinkan Anda mengatur syuting panning lambat.

Untuk berpindah modus, cukup tarik pelatuk. Menariknya tiga kali berturut-turut, akan menghadapkan kamera ke depan.

Fitur yang paling berguna dari Osmo adalah pelacakan aktif, yang juga tersedia di beberapa drone besutan DJI. Dengan fitur tersebut, Anda hanya menandakan sebuah objek pada layar ponsel dan Osmo akan mengikutinya saat Anda bergerak. Putar smartphone perlahan di gimbal untuk menjaga target tetap dalam bingkai.

Selain pelacak aktif, ada juga dukungan untuk video live-streaming via YouTube dan Weibo (tidak ada Facebook Live). DJI menjanjikan ketahanan baterai sampai 4,5 jam, peningkatan signifikan daripada Osmo original, yang hanya bertahan satu jam.

Tentu saja, Osmo Mobile cocok untuk para vlogger yang kerap melangsungkan live-streaming menggunakan smartphone dan membagikannya di channel-channel media sosial. Tapi Osmo Mobile juga cocok bagi Anda yang hobi merekam video dengan smartphone.

Mengenai harga, DJI sudah menjajakan Osmo Mobile seharga €339 atau sekitar Rp5 juta. Sementara untuk pasar Indonesia, distributor DJI mengatakan segera mendatangkannya dalam waktu dekat.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU