Friday, November 15, 2019
Home News Wow, APJII Ajak Pengguna Internet "Patungan" Buat Satelit Rakyat

Wow, APJII Ajak Pengguna Internet “Patungan” Buat Satelit Rakyat

-

APJJI

Jakarta, Selular.ID – Ada sebuah mimpi “gila” yang saat ini sedang direncanakan oleh oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Demi mewujudkan akses internet yang lebih merata lagi, APJII akan membangun sebuah satelit milik rakyat Indonesia. Ide tersebut disampaikan langsung oleh Henry Kasyfi, Sekretaris Jenderal APJII.

Kata Henry, proyek satelit ini akan dilakukan oleh Koperasi Digital Indonesia, yang digagas oleh APJII dan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel). Mulai dari rencana bisnisnya, pendanaannya, dan lain-lain. Koperasi Digital ini sudah dibentuk pada Juni lalu.

Terkait masalah pendanaan, Henry, menerangkan, dananya berasal dari ‘patungan’ pengguna internet seluruh Indonesia. “Proyek satelit ini menelan biaya USD 200 juta hingga USD 300 juta. Dana tersebut akan datang dari pengguna internet di seluruh Indonesia, yang kini mencapai 130 juta orang,” tuturnya.

“Contoh crowdfunding digital, dari 130 juta pengguna internet, kita ambil 0,3 persen saja atau 400 ribu pengguna, yang bersedia patungan Rp 10 juta, terkumpul dana Rp 4 triliun. Jadi nanti satelit ini milik rakyat Indonesia,” papar Henry.

Lebih lanjut Henry menginfokan, satelit tersebut nantinya akan menyasar layanan broadband untuk segmen residensial dan usaha kecil menengah (UKM), terutama di daerah-daerah terpencil. Sambil menunggu satelit jadi, sekitar 3 tahun, pihaknya akan menawarkan solusi kepada para anggota APJII.

“Saat ini pihak Koperasi sudah berdiskusi dengan pembuat satelit, operator satelit, dan mitra-mitra terkait satelit. Termasuk pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika karena terkait dengan ketersediaan slot orbit satelit di dunia,” tuntasnya.

Latest