Friday, August 23, 2019
Home News Pencarian 1000 Startup Digital Sampai di Yogyakarta

Pencarian 1000 Startup Digital Sampai di Yogyakarta

-

wp-1471227736350.jpgJakarta, Selular. ID – Gerakan Nasional 1000 Startup yang dipelopori Kementrian Komunikasi dan Informatika  Serta Kibar sudah memasuki tahap ignition dan kini sudah masuki kota ketiga.

Setelah Jakarta, Surabaya kali ini seminar untuk menanamkan pola pikir kewirausahaan tersebut digelar di Yogyakarta.

Dipilihnya Yogyakarta sebagai salah satu dari tiga kota pertama tempat digelarnya gerakan ini bukan tanpa alasan. Dijelaskan Yansen Kamto Chief Executive Kibar menurut data yang dirilis Jogja Digital Valley, Yogyakarta tercatat memiliki sekitar 190 startup digital dengan pertumbuhan 30% setiap tahunnya.

‘Basis startup yang ada di Yogyakarta juga mampu bersaing hingga level internasional. Sebanyak 59 startup menyatakan bahwa mereka berorientasi pasar internasional,”ujar Yansen dalam keterangan resminya

Dia juga menuturkan bahwa ignition merupakan tahapan pembuka berupa seminar dengan menghadirkan para pembicara yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup. Melalui kegiatan ini, diharapkan semangat para peserta makin terlecut untuk menjadi pelaku startup digital.

“Gerakan Nasional 1.000 Startup digital akan fokus di pembinaan dan pengembangan kapasitas. Lewat gerakan ini, kita punya mimpi bagaimana mendorong anak muda di Indonesia agar tidak hanya jadi konsumen, tetapi juga jadi pemain (startup digital). Itu semua tentunya perlu fondasi yang kuat,” ujar Yansen

Untuk melahirkan 1.000 startup digital, pada tahap awal ini gerakan tersebut akan digelar di 10 kota, antara lain di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak.‬

‪Yansen menambahkan setelah ignition yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya, peserta yang tersaring akan mengikuti tahap workshop untuk diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membuat sebuah startup digital.‬‬ Peserta terpilih kemudian akan melanjutkan ke tahaphackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi.

Makin mengerucut lagi, peserta akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih tiga bulan, sehingga dalam waktu lima tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

Latest