Beranda News Pakai Snapdragon 800, Sejumlah Smartphone Ini Tidak Bisa Rasakan Nougat

Pakai Snapdragon 800, Sejumlah Smartphone Ini Tidak Bisa Rasakan Nougat

-

qualcomm-snapdragon-800-801
Jakarta, Selular.ID – Android OS 7.0 Nougat resmi dirilis pekan lalu. Google juga telah menggulirkan Nougat ke sejumlah perangkat resminya seperti Nexus dan Android One.

Vendor HTC telah mengkonfirmasi bahwa HTC 10, One A9 dan One M9 akan menerima update Nougat. Produsen Sony juga mengkonfirmasi handsetnya seperti Xperia Z3+, Xperia Z5 series, Xperia X dan XA series.

Sayangnya, beberapa smartphone popular yang ditopang chipset Snapdragon 800 dan Snapdragon 801 seperti HTC One M8, Sony Xperia Z3, dan Google Nexus 5 tidak direncanakan menerima Nougat.

Rumor dan spekulasi itu mencuat karena sebuah kicauan dari akun Twitter LlabTooFeR, pengembang ROM MaximusHD.

“Qualcomm tidak akan merilis driver grafis untuk CPU 800/801. Jadi HTC One M8 dan perangkat lain yang berbasis CPU itu tidak akan menerima Android 7.0 resmi.” tulis @LlabTooFeR (25/8/2016).

Menanggapi cuitan itu, Qualcomm berargumen bahwa hal itu dikarena batas umur penggunaan. OEM termasuk LG, HTC, Sony dan lain-lain telah sepakat bahwa produk-produk yang ditenagai Snapdragon 800/801 sudah mencapai masa akhir life cycle (perputaran produk di pasar).

“Qualcomm Technologies, Inc. bermitra dengan OEM untuk mengimplementasikan dan mendukung varian-varian perangkat Android berbasis chipset Snapdragon. Dukungan umur sebuah chipset dan upgrade OS yang disajikan ke konsumen merupakan wewenang OEM. Kami rekomendasikan pengguna menghubungi vendor atau operator untuk mengetahui informasi kompabilitas Android 7.0 Nougat di perangkatnya.”

Artikel Terbaru