Wednesday, October 21, 2020
Home News Menkopolhukam: Keterlibatan Operator Telko Penting untuk Menjaga Wilayah Perbatasan

Menkopolhukam: Keterlibatan Operator Telko Penting untuk Menjaga Wilayah Perbatasan

-

IMG_20160823_182919
Ki-Ka: Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, Menkopolhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo saat meresmikan pengoperasian BTS di Kalabahi, Alor, NTT (Foto: Indra/ Selular.ID)

Alor, Selular.ID – Indonesia mempunyai wilayah yang berbatasan langsung negara tetangga seperti Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, Singapura, Vietnam, Filipina, maupun Australia. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk mengelola wilayah perbatasan dalam rangka penegakan kedaulatan negara mengingat wilayah tersebut tentunya sangat rentan terjadinya konflik.

Dalam rakornas Gerakan pembangunan terpadu perbtasan (Gerbang Dutas), di Alor, Nusa Tenggara Timur, Menkopolhukam Wiranto menyampaikan bahwa pengelolaan telekomunikasi di wilayah perbatasan sangat penting.

“Kita tau bahwa ada satu instrument yang tidak mempunyai batas yakni telekomunikasi. Dengan memakai teknologi maju, telekomunikasi mampu menebus batas negara,” kata Wiranto saat konferensi pers Rakornas Gerbang Dutas.

Oleh karena itu Wiranto berharap jangan sampai karena keterlambatan pemerintah dalam mengelola telekomunikasi di wilayah perbatasan, justru masyarakat atau  aparat yang menjaga wilayah perbatasan menggunakan fasilitas telekomunikasi negara lain.

“Itu bahaya. Keterlibatan operator telekomunikasi wajib kalau bicara nasionalisme.  kebetulan Telkomsel keinginannya sangat kuat untuk membangun di perbatasan sehingga keterlibatannya besar. Tidak hanya Telkomsel, semua telko harus terlbat di dalamnya karena tugas kita bersama,” tegasnya.

Latest