Saturday, July 11, 2020
Home News E-Commerce Berkurban via ACT Bisa Lewat Bukalapak

Berkurban via ACT Bisa Lewat Bukalapak

-

bukalapak-kurbanJakarta, Selular.ID – Sukses berkolaborasi untuk pertama kalinya tahun lalu, Bukalapak dan ACT (Aksi Cepat Tanggap) kembali menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online. Tahun ini, ACT kembali melakukan pemotongan dan pendistribusian hewan kurban yang terjual di situs Bukalapak ke masyarakat di lokasi terpinggir, daerah rawan bencana kemanusiaan, dan tempat pengungsian, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Sebagaimana dikatakan Achmad Zaky, CEO Bukalapak, program ini disebut bagian dari layanan Bukalapak untuk mengajak dan memfasilitasi umat Muslim untuk menunaikan ibadah kurban, yang disalurkan melalui Global Qurban – ACT.

“Program ini mudah dan murah karena masyarakat tinggal melakukan keseluruhan transaksi secara online. Biayanya pun all-in, sudah termasuk semuanya, mulai dari operasional, sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi dan pelaporan,” lanjutnya.

Kurban sendiri merupakan ibadah sosial yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk solusi dalam menyelesaikan permasalahan sosial, seperti kelaparan dan penyakit. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang akan berkurban dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Kami dapat memastikan bahwa semua hewan kurban yang dijual di Bukalapak berupa kurban yang berkualitas, sehat dan bebas dari kecacatan. Program Tabungan Qurban dan Qurban Progresif yang sudah kami jalankan dari tahun 2013 adalah bentuk komitmen kami untuk terus menghidupkan roda ekonomi masyarakat peternak serta menyiapkan stok hewan qurban yang sehat, berkualitas dan sesuai standar syariah kurban,” ungkap Imam Akbari, Senior Vice President ACT.

Global Qurban-ACT siap mendistribusikan amanah para pekurban ke 34 provinsi di Indonesia, dan 27 negara diantaranya Palestina (Gaza), Suriah, Lebanon (pengungsi Suriah), Somalia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, Kenya (pengungsi Somalia), Nepal, Sudan, Mongolia, Kamerun (pengungsi Afrika Tengah), Vanuatu, Kyrgistan, Kazakstan, Tajikistan, dan Bosnia.

“Kami siap mengantar amanah kurban ke lokasi-lokasi dimana ada bencana kemanusiaan, kaum marjinal serta rawan pangan di penjuru dunia. Program ini dikelola secara profesional, amanah, transparan serta memberdayakan masyarakat,” lanjut Imam.

Sebagai bentuk transparansi, pekurban akan mendapatkan sertifikat pembelian kurban sebagai bukti bahwa telah terdaftar sebagai pekurban 2016 di Global Qurban. Selain itu juga akan menerima laporan dari Global Qurban berupa laporan pemotongan dan distribusi melalui SMS, yang akan disampaikan sesaat setelah hewan kurban dipotong dan didistribusikan. Sedangkan laporan lengkap melalui email atau hard-copy berupa foto hewan kurban sebelum dipotong (hewan hidup), setelah dipotong dan foto distribusi dagingnya dilengkapi profil wilayah di mana kurban didistribusikan, disampaikan paling lama sebulan setelah hari tasyrik.

“Kami berharap program ini akan mempertemukan uluran tangan umat Muslim dalam bentuk ibadah kurban dengan mereka yang sangat membutuhkan. Mari beli hewan kurban di Bukalapak dan jadi pahlawan untuk mereka yang membutuhkan!” tutup Achmad Zaky.

Latest