spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview: Axioo PicoPhone M4S, Harga Bagus Performa Tak Tergerus

Review: Axioo PicoPhone M4S, Harga Bagus Performa Tak Tergerus

-

axioo-m4sJakarta, Selular.ID – Smartphone segmen low-end tak pernah sepi dari para kontestan. Smartphone yang sejatinya hadir membidik kalangan pengguna pemula ini terus disuguhkan oleh sejumlah brand, termasuk brand lokal Tanah Air. Axioo PicoPhone M4S, merupakan satu di antara banyak smartphone yang ditujukan di segmen ini. Dengan banderol di bawah Rp1 juta (Rp975.000), apa yang ditawarkan oleh smartphone ini, bisa dilihat dari ulasan berikut.

Kelebihan:
– Harga terjangkau
– Prosesor quad-core
– RAM 1 GB

Kekurangan:
– Belum 4G

Desain
Secara umum, dari segi fisik Axioo M4S terbilang sangat nyaman digenggam lantaran bodi smartphone yang tergolong kompak. Dengan bentang layar 4.5 inci, memang menjadikan smartphone ini pas dan bisa dioperasikan hanya dengan satu tangan saja. Di samping itu, desain ramping dengan tepian sudut yang agak membulat ditambah lapisan rubber coating pada cover belakangnya membuat M4S nyaman dan tidak licin ketika digenggam.

Layaknya sebuah smartphone pada umumnya, di bodi M4S juga tertanam berbagai komponen penting. Di area muka, selain terbentang layar 4.5 inci, di sini kita juga bisa menemui adanya tombol kapasitif sebagai alat navigasi untuk akses ke Widget, Menu, dan Back. Sementara di bagian atas terdapat speaker depan yang berdampingan dengan sensor kamera depan.

Seperti umumnya, di area belakang smartphone tertancap sejumlah komponen, seperti sensor kamera belakang plus lampu flash, logo Axioo, dan lubang speaker belakang. Sementara di bagian sisi terdapat tombol volume dan power di sebelah kiri, serta lubang audio jack dan port microUSB yang masing-masing terdapat di sisi bagian atas dan bawah.

[nextpage title=”Display & Antarmuka”]

Display & Antarmuka
Jujur, meski tak begitu luas, smartphone dengan layar berdiagonal 4.5 inci masih tergolong nyaman digunakan, baik untuk texting ataupun melihat konten yang disajikan. Demikian pula dengan Axioo M4S, berbekal layar 4.5 inci secara umum smartphone sudah memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Dengan resolusi 480 x 800 piksel, Axioo M4S menyajikan kepadatan piksel 240 dpi, konten pun tersaji dengan relatif tajam. Sementara berbekal teknologi layar IPS LCD Capacitive, selain responsivitas layar yang tergolong baik, pengguna masih bisa melihat konten dari berbagai sudut pandang. KEtika dilakukan pengujian multitouch, smartphone terbukti bisa diakses dengan dua titip poin sekaligus.

[nextpage title=”Kamera”]

Kamera
Sektor fotografi merupakan salah satu faktor pendukung penting pada sebuah smartphone. Tidak hanya untuk smartphone kelas atas saja, fitur ini juga wajib disuguhkan di smartphone yang dari segi banderol tergolong sangat terjangkau sekalipun. Maka tak heran, melihat pentingnya fitur kamera, Axioo pun menjejali smartphone terjangkaunya ini dengan alat bidik momen, baik yang terletak di bagian belakang dan bagian depan.

screen-shot-camera1Untuk bagian belakang, Axioo M4S menawarkan fitur kamera berkekuatan 8 MP autofocus berteknologi BSI+. Ketika dijajal, kamera pada smartphone ini bisa dibilang cukup bisa diandalkan. Artinya, ketika digunakan hasil bidik kamera masih tersaji apik, baik dari sisi kecerahan warna dan ketajamannya. Tidak hanya itu, dilengkapi dengan lampu flash, pengguna pun masih bisa menjepret objek menggunakan kamera belakang di area yang minim pancaran sinar lampu.

Selain bisa menggunakan kamera belakang untuk menjepret objek, bagi yang suka selfie, mereka bisa memanfaatkan kamera depan yang memiliki resolusi 5MP di bagian depan. Meski hasil bidiknya tidak sebaik kamera belakang, namun kamera depan smartphone ini tergolong sudah bisa menjawab kebutuhan pengguna yang suka berfoto selfie.

[nextpage title=”Performa”]

Performa
Yang namanya smartphone memang tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi dasar, seperti melakukan panggilan telepon dan SMS-an saja. Sudah mafhum, bila pengguna smartphone akan menggunakan perangkatnya untuk berbagai kegiatan lainnya, seperti browsing, chatting, bermedia sosial, atau bahkan main game. Untuk menjawab seabrek kebutuhan pengguna ketika menggunakan smartphone, spesifikasi yang bisa diandalkan pun harus tersemat di dalam sebuah smartphone.

Untuk Axioo M4S, meski dibanderol dengan harga terjangkau, smartphone ini sudah menawarkan spesifikasi di antaranya prosesor quad-core 1.3GHz MT6580M yang ditandem dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB yang bisa masih bisa diperluas via kartu microSD up to 32GB.

Secara umum, dari spesifikasi yang ditawarkan smartphone sudah menjawab kebutuhan pengguna, baik untuk browsing, bermedia sosial, hingga main game sedang. Kinerja smartphone juga tergolong baik, di mana berdasarkan benchmark yang kami lakukan, berhasil meraih poin 23932. Dari sisi penyuplai daya, Axioo M4S dilengkapi dengan 2000 mAh.

benchmark

[nextpage title=”Konektivitas”]

Konektivitas
Selain berbagai unsur lain sebagaimana sudah diulas di atas, Axioo M4S juga menyajikan fitur konektivitas relatif komplit. Untuk mengakses internet, pengguna bisa memanfaatkan teknologi jaringan 3G. Bagi yang suka berhemat paket data selular yang dimilikinya, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi untuk mengakses internet via Wi-Fi hotspot tentunya.

Kecuali dua fitur tadi, pengguna juga bisa memanfaatkan Bluetooth v4.2 untuk bertukar data dengan pengguna smartphone lainnya. Fitur konektivitas lain, seperti Wi-FI Direct, DLNA, wi-fi hotspot, dan konektor micro-USB juga tersedia untuk bisa dimanfaatkan pengguna.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru