Thursday, July 18, 2019
Home News 5 Langkah Bagi UKM Atasi Permasalahan Keamanan Data

5 Langkah Bagi UKM Atasi Permasalahan Keamanan Data

-

cyber securityJakarta, Selular.ID – Kaspersky lagi-lagi mengeluarkan data terbaru yang menunjukkan bahwa segmen bisnis menjadi target yang semakin menarik bagi para pengembang cipher-malware.

Menurut laporan Kaspersky Lab berbasis data Kaspersky Security Network (KSN), jumlah serangan terhadap sektor korporasi pada periode 2015-2016, dibandingkan dengan 2014-2015 tumbuh enam kali lipat (dari 27.000 ke 158.000). Fakta ini menunjukkan bahwa ransomware mencoba untuk mengenkripsi data setiap satu dari sepuluh pengguna B2B.

Penjahat siber yang menggunakan ransomware mulai sering menyerang bisnis, terutama perusahaan kecil dan menengah (UKM). Tren ini dikonfirmasi oleh laporan IT Security Risks 2016 dari Kaspersky Lab dan B2B International, di mana 42% responden dari usaha kecil dan menengah (UKM) setuju bahwa crypto-malware adalah salah satu ancaman paling serius yang mereka hadapi tahun lalu.

Untuk perusahaan kecil, tidak tersedianya data – bahkan dalam periode singkat sekalipun – dapat menyebabkan kerugian yang signifikan atau bahkan membawa seluruh operasi mereka berhenti total. Jika sebuah perusahaan belum mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjamin keamanan data-data yang penting, maka membeli kunci dekripsi dari penjahat siber merupakan satu-satunya cara untuk memulihkan data. Namun, hal ini tidak menjamin pemulihan data secara lengkap. Cara terbaik untuk melindungi perusahaan dari malware adalah untuk mencegah serangan di sejak dari awal.

Para ahli Kaspersky Lab merekomendasikan kepada perusahaan-perusahaan kecil dan menengah (UKM) untuk mengikuti beberapa aturan keselamatan sederhana berikut ini:

  • Membuat cadangan salinan dari semua file penting secara reguler. Perusahaan harus memiliki dua backup: satu di cloud (misalnya Dropbox, Google Drive, dll), dan satu lagi di server tambahan atau pada removable medium jika volume data tidak terlalu besar.
  • Gunakan penyedia layanan terkenal dan terpercaya yang berinvestasi untuk keamanan. Biasanya Anda dapat menemukan rekomendasi keamanan pada website perusahaan, mereka juga menerbitkan audit mengenai keamanan pada infrastruktur cloud dari pihak ketiga. Jangan berasumsi bahwa penyedia cloud sama sekali tidak memiliki masalah keamanan, ketersediaan atau kebocoran data. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan, apa yang akan Anda lakukan jika penyedia keamanan menghilangkan data Anda. Harus ada backup data dan proses pengembalian data yang transparan bersamaan dengan perlindungan data dan kontrol akses.
  • Hindari penggunaan layanan keamanan dan software anti-malware gratis: biasanya usaha kecil mengharapkan fitur keamanan dasar dalam solusi gratis yang ditawarkan sudah mencukupi. Solusi keamanan gratis memang memberikan perlindungan dasar, tetapi seringnya mereka gagal untuk memberikan dukungan keamanan yang berlapis. Sebaliknya, lihatlah solusi khusus: mereka sesungguhnya tidak membutuhkan dana yang besar, tetapi mampu memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi.
  • Secara teratur memperbarui OS, browser, anti-virus, dan aplikasi lainnya. Penjahat menggunakan kerentanan dalam perangkat lunak yang paling populer untuk menginfeksi pengguna perangkat.
  • Mencegah situasi genting terhadap TI – mengundang ahli untuk mengkonfigurasi solusi keamanan perusahaan Anda. Usaha kecil biasanya tidak memiliki departemen TI atau administrator yang berdedikasi penuh waktu, perusahaan hanya bergantung pada pegawai yang paling memahami masalah TI untuk mengurusi masalah komputer, di samping tugas rutinnya. Jangan menunggu sampai terjadi insiden, gunakan dukungan TI dari penyedia layanan TI untuk meninjau perangkat lunak dan konfigurasi keamanan sejak dari awal.

“Crypto-malware menjadi ancaman yang semakin serius, tidak hanya perusahaan menderita kerugian uang untuk tebusan tapi bisnis bisa lumpuh selama proses pemulihan file. Vektor serangan cukup luas termasuk website, e-mail, eksploitasi software, perangkat USB, dan lain-lain,” ungkap Konstantin Voronkov, Head of Endpoint Product Management Kaspersky Lab.

Untuk menghindari infeksi, lanjut Konstantin, personil TI harus menjelaskan dari mana serangan berasal dan seharusnya pegawai tersebut tidak membuka lampiran e-mail, mengunjungi web dari sumber tak terpercaya atau menghubungkan perangkat USB ke komputer yang tidak memiliki perlindungan. Solusi anti-malware menjadi tolok ukur penting untuk menghindari insiden keamanan yang sering terjadi.

Nah, jika ada file-file perusahaan yang di ciphered, maka tidak ada salahnya dan patut dicoba, jika memungkinkan, untuk memulihkan file-file tersebut dengan menggunakan fasilitas gratis atau kunci decryptor dari noransom.kaspersky.com.

Latest