SHARE

Tiket.Codes-tiket

Jakarta, Selular.ID – Peluang bisnis travel online di Indonesia masih tergolong sangat menjanjikan, terutama dengan makin mudahnya akses internet dan banyaknya masyarakat yang tak lagi takut bertransaksi lewat internet. Sebagai salah satu online travel agent lokal, Tiket.com menantang para web developer untuk menciptakan peluang baru di tengah merebaknya bisnis online, dengan berbagi pengetahuan tentang apa itu API (Application Programming Interface) dan bagaimana memanfaatkan API sehingga menjadi ladang bisnis baru bagi para pelaku teknologi di Indonesia.

Natali Ardianto, Chief Technology Officer Tiket.com, mengatakan acara bertajuk Tiket.Codes ini bertujuan untuk membuka wawasan para developer dan sharing session bagaimana mengembangkan produk bisnis menggunakan API Tiket.com.

“Di Indonesia belum banyak developer yang memanfaatkan API dari Tiket.com untuk membuat sebuah inovasi bisnis. Dari sini kami berharap akan tumbuh entrepreneur-entrepreneur baru yang bisa menghadirkan terobosan inovasi di Indonesia bersama Tiket.com,” tambah Natali.

Tiket.Codes sendiri berkonsep mini talkshow yang menghadirkan pembicara-pembicara yang telah memilki pengalaman langsung mengenai pengembangan bisnis melalui afiliasi API. Natali menjelaskan bagaimana sistem API dapat ikut membantu dalam pengembangan bisnis.

Ada dua layanan contoh sukses dari penggunaan API dari Tiket.com ini. Seperti Bang Joni, sebuah layanan asisten virtual yang berbasis chatbot Telegram yang telah sukses menggunakan API Tiket.com dalam pembelian tiket pesawat. Selanjutnya Indonesia Flight, sebuah layanan aplikasi pemesanan tiket pesawat yang juga menggunakan system partner afiliasi melalui API Tiket.com dan sudah menghasilkan omzet ratusan milyar.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini sekaligus untuk membangun hubungan baik antar sesama web developer independen ataupun pelaku industri IT startup, sehingga pada akhirnya dapat bersinergi dalam membangun Indonesia yang lebih baik melalui inovasi-inovasi baru melalui internet.

Tidak berhenti di sini, Tiket.Codes akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilakukan oleh Tiket.com. Tidak hanya di Jakarta, startup ini juga akan menggelar acara serupa di beberapa kota di Indonesia.

“Kami juga ingin merangkul calon-calon developer luar kota untuk bisa mengenal API lebih dalam dan bisa memanfaatkan API yang ada di Tiket.com. Acara ini juga merupakan wujud dari Tiket.com untuk mendukung program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menginisiasi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital pada tahun 2020 yang diharapkan dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui bisnis digital kreatif,” tutup Natali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here