Thursday, October 22, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review OnePlus X: 4G Ready, Tapi Hanya Bisa Dipakai di 3G

Review OnePlus X: 4G Ready, Tapi Hanya Bisa Dipakai di 3G

-

OnePlus-xJakarta, Selular.ID – Tidak begitu sukses pada OnePlus 2 di Indonesia, membuat pabrikan asal tirai bambu ini segera berbenah dengan membuktikan keseriusan mereka dalam menghadirkan OnePlus X ke pasar Indonesia. Bagaimana fitur dan kemampuannya?

[quote_box_center]

Keunggulan:
– Desain elegan
– Interface Ringan
– Kinerja Mumpuni

Kelemahan:
– Fitur multimedia standart
– Jaringan 3G

[/quote_box_center]

 

Elegan

Pada seri X, OnePlus membuat bentukan smarttphone dengan konsep “powerfully beautiful”. Dengan desain ini, harus diakui bahwa tampilan OnePlus X terbilang menawan. Apalagi Jika diperhatikan sekilas, rancang bangun ponsel sepintas menyerupai iPhone. Balutan warna hitam yang menyelimuti sekujur bodinya, plus back panel belakang material Onyx, menambah kesan elegan terhadap tampilan OnePlus X.

Ketika dieksplor lebih jauh, smartphone ini juga memiliki bodi tipis dan cukup ringan serta nyaman untuk digenggam. Yang perlu diperhatikan, walau memiliki rangka bodi yang proporsional, kita tetap harus hati-hati saat menggenggamnya. pasalnya material kaya di bagian belakang, membuat ponsel jadi sedikit licin saat digenggam. Untuk mengurangi resiko tersebut, dalam paket pembelian disertakan hard case agar sebagai pelindung tambahan.

OnePlus X memiliki penempatan tombol pada ponsel juga terbilang pas, sehingga dapat di akses dengan mudah oleh jari. Terlebih bila menggunakan tangan kiri, jari telunjuk untuk akses tombol power. Jari tengah untuk mengatur volume. Sedangkan ibu jari untuk menaikturunkan tombol Silent Mode.

OnePlus X hadir memiliki desain unibodi, pengguna dapat menambah memori melalui slot MicroSD yang bersatu dengan slot SIM Card. Lalu Adapula lampu indikator di bagian kanan atas layar. Lampu ini dapat diubah sesuai keinginan, Ada delapan pilihan warna yang bisa dipilih. Sementara di bawah layar terdapat tombol kapasitif Back, Home dan Recent. Sayangnya tanda tombol tersebut tidak begitu ketara sehingga sulit dikenali.

OnePlus X juga dibekali dengan frame unik yang terletak di sampingnya. Pada bagian sisinya tertanam berbagai tombol dan port pendukung standar yang bisa dijumpai pada prerangkat smartphone masa kini. Di bagian belakangnya terdapat kamera dan flash LED.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Display”]

 

OS Oxygen

Untuk layarnya smartphone ini sudah dibekali dengan layar beresolusi 1080p Active Matrix OLED dengan kepadatan layar 441 ppi (pixel per inch). Saat digunakan layarnnya terbilang sangat responsif. Memiliki ukuran seluas 5 inci, Oneplus juga melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3.

interfaceUntuk  tampilannya OnePlus X menggunakan OS Oxygen, yang merupakan ROM Android buatan OnePlus. Inerface berbasis sistem operasi Android 5.1.1 ini sangat mirip dengan ROM bawaan Android, sehingga pengoperasiannya cukup gampang.

Tampilanya dinilai sangat simpel dan terihat fresh. Hadir dengan penambahan fitur seperti permission system dan dark mode yang akan mengubah tampilan OS kita agar nyaman digunakan di ruang gelap. Ada sedikit modifikasi yang dilakukan OnePlus. Biasanya ketika men-swipe ke kanan dari layar Home, kita akan menemukan Google Now. Nah, di OnePlus X yang muncul adalah informasi cuaca, berikut daftar aplikasi dan kontak yang sering kita gunakan. Pengguna tetap bisa melakukan modifikasi pada bagian ini. Kita dapat menambahkan widget yang tersedia dan menempatkannya sesuai keinginan.

FiturTidak seperti vendor ponsel lain, pihak OnePlus tidak memberi banyak aplikasi pada paket penjualannya. Saat diaktifkan, selain aplikasi milik Google, mereka hanya menambahkan Swiftkey Keyboard dan OnePlus Radio.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Hardware”]

 

Hardware

Beralih ke sektor dapur pacu OnePlus X ditenagai chipset Snapdragon 801 quad core 2,3 Ghz dan RAM 3 GB. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan internal yang dimilikinya ada memori internal 16 GB. OnePlus X juga sudah mendukung kartu dual SIM, atau satu SIM dengan satu microSD untuk penyimpanan tambahan sehingga kapasitas memori bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.

antutuDidalamnya sudah tertanam baterai tipe Li-Po dengan kapasitas 2.525 mAh. Meski memiliki kapasitas baterai hanya 2525 mAh, ponsel ini dapat bertahan seharian untuk pengunaan normal, baik untuk streaming, mendengar musik dan menonton video dari ponsel.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan berpindah-pindah. Transisinya masih tetap gegas dan tidak menemukan kendala bearti. Pada pengujian kemampuan ponsel ini dengan beragam game 3D dan tak menemukan kendala berarti.

Namun suhu ponsel jadi meningkat saat menjalankan game yang menuntut grafis tinggi semacam Asphalt dalam waktu yang lama. Tugas-tugas ringan seperti berpindah antara daftar aplikasi atau memindahkan ikon di layar Home terasa lancar dan gegas.

Saat ditest menggunakan aplikasi antutu beckmarking ponsel ini mampu mendapatkan skor hingga 52 ribuan dengan skor ini maka ponsel ini bisa dibilang memiliki performa yang cukup bagus, dan bisa disejajarkan produk flagship yang premium.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Kamera”]

 

Kamera

Untuk mendukung kegiatan foto, OnePlus X memiliki kamera depan 8 Megapiksel (MP) dan kamera depan 13 MP dengan apperture f/2.2. Dengan bukaan lensa yang cukup besar, maka aktifitas fotografi pengguna makin terakomodasi.

KameraOnePlus juga menambahkan beberapa fitur standart didalamnya supaya hasil lebih cemerlang, seperti slow-motion, time lapse, dan panorama. Pada pengambilan  gambar pada kondisi gelap kita harus meningkatkan ISO, namun begitu pada kondisi ini akan ditemukan noise pada gambar. Kendati demikian, pengguna masih dapat menghasilkan gambar-gambar yang indah lewat kamera ini. Secara garis besar kamera dapat menghasilkan foto dengan kualitas warna yang tajam.

Untuk hasil kamera dengan pencahayaan yang tepat, pengguna bisa mendapatkan foto yang memukau. Namun khusus di tempat yang kurang pencahayaan, pengguna perlu sedikit mengutak-atik pengaturannya.

Lain lagi dengan perekeman video mengalami sedikit delay, yang membuatnya sulit untuk mulai merekam. Bahkan saat merekam sesuatu yang bergerak cepat dengan kualitas 720p. Masih ada hasil yang buram dan frame yang tidak terekam.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Konektivitas”]

 

Konektivitas

Sudah dibekali dengan dua slot SIM Card, ponsel ini sudah mendukung jaringan 4G/LTE, namun begitu karena terkendala soal TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), OnePlus X yang dipasarkan di Indonesia hanya mampu terkoneksi pada jaringan 3G saja. Selebihnya pengguna masih dapat menggunakan beberapa koneksi untuk melakukan transfer data seperti bluetooth, Wi-Fi, GPS with A-GPS, GLONASS, BDS serta microUSB v2.0.

internetMengingat harganya harga yang relatif murah, tidak mengejutkan jika smartphone ini hadir tanpa dilengkapi semua fitur. Dua hal yang paling disayangkan adalah tak adanya NFC dan sensor sidik jari.

Latest