Beranda Apps Google Kembangkan Fitur Diagnosa Penyakit Yang Lebih Akurat

Google Kembangkan Fitur Diagnosa Penyakit Yang Lebih Akurat

-

Symptoms-Search

Jakarta, Selular.ID – Informasi yang beredar di dunia maya memungkinkan kita untuk melakukan self-diagnosis. Kita mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebagai tindakan antisipasi terhadap gejala-gejala penyakit yang muncul.

Misalnya saja jika ada bagian tubuh yang tiba-tiba gatal atau bengkak, hal pertama yang dilakukan adalah menuliskan keluhan tersebut di laman Google. Akan tetapi, informasi yang muncul itu terlalu banyak dan tidak dapat dipercaya sepenuhnya. Kita perlu sumber yang kompeten dan komprehensif dalam memberikan solusi terhadap gejala yang kita alami.

Google mengatakan bahwa sekitar satu persen dari pencarian yang dilakukan di platformnya adalah yang berhubungan dengan gejala penyakit. Dengan latar belakang tersebut, Google pun turun tangan untuk mengorganisir informasi dari gejala-gejala suatu penyakit dan solusinya.

Google menggunakan informasi yang ada di database-nya untuk membuat daftar penyakit dan membandingkannya dengan informasi yang ada pada dokter. Selain itu pula, Google pun mendapat bantuan dari para tenaga ahli yang berasal dari Harvard Medical School dan Mayo Clinic. Fitur yang diberikan oleh Google itu bisa digunakan oleh pengguna iOS atau Android.

Kita bisa menuliskan deskripsi suatu penyakit seperti “nyeri lutut pada anak kecil” yang akan merujuk ke daftar informasi yang berhubungan dengan kondisi tersebut. Sementara itu, jika kita menuliskan gejala penyakit seperti “sakit kepala” akan muncul deskripsi yang umum, pilihan terhadap penanganannya, dan saran-saran apakah kita perlu pergi ke dokter atau tidak.

Untuk ke depannya, Google berencana untuk memperluas fitur ini ke seluruh dunia dan terintegrasi dengan bahasa-bahasa dari negara lain karena pada saat ini kita hanya bisa menggunakan bahasa Inggris ketika memaparkan keluhan.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband

Jakarta, Selular.ID – Pasar wearable device kian menggeliat di tanah air. Sejak tahun lalu...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp3-4...

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan harga Rp3-4 juta memang paling menarik untuk kita miliki,...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6...

Jakarta, Selular.ID – Sepanjang 2020, cukup banyak vendor yang merilis smartphone kelas menengah, misalnya...

Selular Editor’s Choice 2020: Most Valuable Smartphone

Jakarta, Selular.ID - Pangsa pasar segmen kelas menengah di Indonesia masih cukup menarik bagi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Notebook

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan memiliki notebook terbaik tahun 2020 merupakan hal yang sangat wajib...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait