Tuesday, June 2, 2020
Home Apps Google App Bantu Netizen Jalani Aktivitas saat Ramadhan

Google App Bantu Netizen Jalani Aktivitas saat Ramadhan

-

google-app-smartphone

Jakarta, Selular.ID – Data Google Trends sejak minggu ini menunjukkan aktifnya netizen Indonesia dalam menelusuri informasi di Internet terkait rutinitas yang mengisi minggu pertama dan kedua puasa, seperti penelusuran “menu sahur praktis”, “tips wisata saat puasa”, hingga “playlist video untuk ngabuburit”.

Google Trends seperti ini memang kerap terjadi selama bulan Ramadhan, di mana netizen Indonesia mengandalkan teknologi untuk menjalani aktivitas keseharian. Melihat tren tersebut, Google kemudianmerilis perkembangan teknologi terkini yang bisa dimanfaatkan netizen Indonesia selama menjalani bulan Ramadhan, seperti mencari resep, menemukan masjid terdekat dengan Google App, menemukan video untuk ditonton saat ngabuburit di YouTube, hingga merencanakan perjalanan mudik dengan bantuan Google Maps.

Berikut cara Google App membantu para penikmat internet selama Ramadhan:

1. Gunakan fitur penelusuran suara
Teknologi penelusuran suara (voice search) di Google App sudah dikembangkan untuk mengerti aksen dan bahasa tidak baku. Saat Anda harus melakukan banyak hal sekaligus━misalnya ketika sedang memasak menu berbuka, sambil mencari resep dengan smartphone, Anda bisa bertanya pada Google dengan bantuan suara. Coba katakan: “Ok Google, resep es buah”

Fitur voice search bekerja baik bila dalam setelan Bahasa Indonesia. Dalam aplikasi Google App, pergi ke “Setelan​” kemudian masuk ke “Bahasa penelusuran​” dan ubah menjadi Bahasa Indonesia​. Lalu lengkapi langkah selanjutnya dengan masuk ke pilihan “Suara​” dan pilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dan simpan pengaturan. Jangan lupa aktifkan Deteksi “Ok Google​” pada pilihan “Suara​” untuk memaksimalkan fitur voice search di smartphone.

2. Layaknya asisten, Google App bisa membantu dalam melakukan hal-hal kecil​.
Anda bisa mengandalkan Google App untuk menemukan masjid terdekat, mencari resep, bahkan membuka aplikasi. Berikut beberapa yang bisa Anda coba sekarang:
a. “Masjid dekat sini”
b. “Berapa kalori kurma?”
c. “Buka aplikasi GO-JEK”

3. Temukan rute terbaik, berikut opsi transportasi dan biayanya.
​Integrasinya dengan Google Maps membuat Anda bisa merencanakan perjalanan tanpa harus membuka beberapa aplikasi. Saat Anda berkata: “Tunjukkan saya arah ke (destinasi populer tujuan Anda)”, Google App akan membawa Anda ke hasil pencarian rute tercepat, transportasi yang bisa Anda pilih (mobil pribadi, transportasi umum, maupun berjalan kaki).

4. Aktivasikan fitur Now Cards. ​
Now Cards (atau Kartu Now, jika setting Anda dalam Bahasa Indonesia) akan benar-benar mengubah smartphone menjadi asisten personal. Google App akan memberikan “now-tifications” berbentuk kartu yang akan muncul di dalam aplikasi sesuai preferensi Anda. Misalnya Anda ingin mendapat kartu now mengenai janji berbuka puasa dengan kerabat, maka pastikan kalendar Anda terintegrasi.

Kartu Now juga akan memberi rekomendasi kapan Anda harus berangkat menuju tempat tersebut, lengkap dengan keterangan kalau ada kemacetan di rute yang akan Anda lalui (berkat integrasinya dengan Google Maps). Dalam aplikasi Google App, pergi ke “Setelan​” kemudian pilih Now Cards (atau Kartu Now​). Aktifkan dengan mengetuk pilihan “Tampilkan Semua Kartu​” kemudian Anda akan dialihkan menuju pengaturan Kartu Now​. Pilih “Siapkan​” kemudian masukkan akun G-mail Kemudian pilih “Ya, Saya Ikut Serta​”. Dan Kartu Now​sudah siap untuk digunakan.

TERBARU

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Ponsel 5G ZTE Axon 11 SE Diumumkan

Jakarta, Selular.ID - Sesuai jadwal, ZTE mengumumkan ponsel 5G terbaru di negara asalnya Cina....

Vivo Umumkan 3 Smartphone 5G

Jakarta, Selular.ID - Vivo mengumumkan seri X50, keluarga smartphone flagship terbaru, yakni X50, X50...

Latest