Friday, October 18, 2019
Home News Enterprise Gandeng Anak Perusahaan Foxconn, Nokia Siapkan Ponsel dan Tablet Android

Gandeng Anak Perusahaan Foxconn, Nokia Siapkan Ponsel dan Tablet Android

-

19nokia-hmd-foxconnJakarta, Selular.ID – Nokia resmi mengumumkan rencana kembalinya merek Nokia di pasar-pasar ponsel dan tablet global. Berdasarkan sebuah kesepakatan strategis yang meliputi hak merek dan lisensi kekayaan intelektual, Nokia Technologies akan memberikan lisensi global eksklusif kepada HMD global Oy (HMD), untuk menciptakan ponsel dan tablet selular merek Nokia selama sepuluh tahun ke depan.

HMD didirikan sebagai ‘rumah’ yang mandiri dan fokus pada serangkaian ponsel-ponsel fitur, smartphone dan tablet merek Nokia. Untuk melengkapi portfolio dari hak-hak merek Nokia, HMD setuju tanpa syarat untuk mengakuisisi hak-hak tersebut dari Microsoft, untuk dapat menggunakan merek Nokia pada ponsel fitur, dan beberapa hak desain terkait.

HMD berniat menanamkan investasi senilai lebih dari USD500 juta selama tiga tahun mendatang untuk mendukung pemasaran global dari ponsel-ponsel dan tablet-tablet bermerek Nokia, yang didanai melalui para investornya serta laba dari akuisisi bisnis ponsel fitur-nya.

Ponsel fitur merek Nokia tetap merupakan salah satu pilihan telepon bergerak yang paling populer di berbagai pasar di seluruh dunia saat ini, dan HMD akan terus memasarkan mereka sebagai bagian dari portfolio terpadu bersama dengan beragam ponsel dan tablet baru yang merupakan produk Android.

Sisa dari aset-aset bisnis ponsel fitur Microsoft, termasuk manufaktur, penjualan dan distribusi, akan diakuisisi oleh FIH Mobile Limited (FIH), sebuah anak perusahaan dari Hon Pai Precision Industries (merek dagang Foxconn Technology Group).

HMD dan Nokia Technologies telah menandatangani sebuah kesepakatan dengan FIH untuk membentuk sebuah kerangka kerja kolaborasi untuk mendukung pembangunan bisnis global ponsel dan tablet merek Nokia.

Kesepakatan ini akan memberikan HMD kontrol operasional penuh atas penjualan, pemasaran dan distribusi dari ponsel dan tablet merek Nokia, serta akses eksklusif ke jaringan pemasaran dan distribusi unggulan global yang akan diakuisisi oleh FIH dari Microsoft, akses ke manufaktur perangkat, rantai suplai dan kemampuan teknis terkemuka di dunia dari FIH, serta akses ke berbagai teknologi dan komponen selular yang jumlahnya terus meningkat.

Nokia akan memberikan HMD hak merek serta lisensi-lisensi paten penting dari standar selular sebagai pembayaran royalti, tetapi perusahaan tidak akan melakukan investasi keuangan atau memiliki ekuitas di HMD.

Nokia Technologies akan duduk di Dewan Direksi HMD serta menentukan persyaratan-persyaratan wajib mengenai merek serta kinerja terkait provisi untuk memastikan bahwa seluruh produk merek Nokia sesuai harapan konsumen, termasuk kualitas, desain dan inovasi terkait konsumen.

Latest